Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong

Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong Pencurian saat liburan selalu menjadi suatu yang menakutkan untuk pemudik. Tetapi trik terbaik mana untuk menjadikan rumah teman tetap terjaga? Paling gampang anda sudah memakai alarm system (kalau tidak, bergegaslah), atau mungkin anda mempunyai hewan penjaga mempatroli rumah anda juga. Statistik membuktikan bahwa banyak pencuri masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. So buat pintu tersebut harusnya terkunci dan kokoh. Di bawah ini merupakan salah satu tips yang dapat digunakanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Kuat?
 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Tentukan pintu yang kuat. Kalau pintu depan dan belakang kamu tidak aman, teman wajib memperkuat jika ditinggal libur panjang. Bagaimana Caranya teman ngerti bahwa pintu teman tidak keras? Bisa dengan mengetuknya saja. Pintu tidak aman hanyalah lapisan kayu tidak tebal dengan ditutup kardus di bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar memeng terlihat kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca berserat
Papan asli
Bagian dalam kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: cek terlebih dahulu pintu besi ditopang bagian dalamnya, dan mempunyai sesuatu yang disebut sebagai lock block mudahnya (beton bata keras). Jika tak, pencuri dapat membelokkan dengan gampang kusen pintu memakai alat pencurian.

Jika mengganti pintu memakai kerangka baru, pertimbangkan untuk menggunakan pintu kaca berserat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini mencegah untuk menahan benturan dari orang-orang yang masuk di saat liburan.

Perkuat semua pintu luar yang berjendela dengan pintu tanpa view. Untuk keamanan maksimal, semua pintu kudu tidak berkaca, dan kamu tidak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi pencuri bisa masuk melalui jendela kemudian membuka pintu dari dalam.

Kalau kamu mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, tutupi kacanya dengan besi pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang ngga dapat dibongkar yang dipasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Pada sebagian besar perampokan, pencuri memasuki rumah korban memakai pintu yang tak terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi sia-sia kalau kamu tidak menguncinya. Kunci semua pintu bagian luar kapanpun teman pergi keluar – walau anda cuma pergi beberapa menit.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu mempunyai kunci deadbolt ditambah memakai kunci yang terpasang pada gagang pintu. Kunci deadbolt kudu memiliki kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi padat tanpa adanya sekrup yang dapat dilihat dari luar), kalau perlu dengan kunci gerendel paling tak sepanjang 2,5cm. Kuncinya wajib terpasang dengan kuat. Kebanyakan rumah memiliki kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu perlu direnovasi
 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Terapkan deadlock.

Menambah kunci tambahan akan menambah keamanan ekstra ketika kamu ada di rumah. Deadlock, terkadang disebut juga dengan ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang ngga mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan terang pada pintu kalau dilihat dari luar, namun kunci ini tak bisa dibuka tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini ngga akan menolongmu secara langsung ketika teman tak berada di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan pencuri pun akan maju mundur untuk menjajal mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah terkeren mengamankan pintu geser adalah dengan menginstal kunci pintu yang memiliki kunci pada bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat membuat atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya supaya tak pindah posisi. Paling ngga, letakkan sebuah tongkat (kayu silinder tebal, misalnya) pada bagian bawah pintu supaya tak bisa terbuka. Langkah apapun yang kamu gunakan, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan pada langkah sebelumnya.

Memperkokoh Pintu Masuk Kamu

Pasang pengaman silinder di samping kunci silinder (bagian tempat anda memasukkan kunci kamu) Orang tidak bertanggungjawab seringkali dapat merusak atau menyopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dsb. Lindungi kuncinya dengan besi pengaman kunci atau ring pelindung di kedua sisi pada pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup supaya tidak bisa dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan menghindari penggunaan pipa guna melepas silindernya. Banyak kunci telah menjadi aman dengan tips ini, tetapi kalau punya teman belum ada, kamu dapat membelinya.
 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong

Perkuat srike plate yang sudah keropos. Strike plate adalah plate besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar kudu mempunyai pengaman besi strike plate yang keras yang dilengkapi dengan 4 baut yang mempunyai panjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dibangun dengan palang besi dengan mutu rendah atau palang besi yang dipasang menggunakan baut pendek.
 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Perkuat engsel yang tidak terlindungi. Engsel perlu ada pada bagian dalam pintu. Kalau punya teman tak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tidak dapat dicopot. Kamu dapat melakukannya dengan langkah melepas paling tak 2 baut di tengah engsel (pada setiap bagian) dan menggantinya dengan pin engsel yang tak bisa dicopot (kamu dapat mendapatkannya di toko perkakas) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang ngga terlihat juga kudu diperkuat di kusen pintu memakai batu 7 cm.
 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu anda kokoh dan bermutu tinggi, terpasang kunci yang kuat, seorang pencuri masih dapat merangsek masuk rumah dengan menghancurkan atau mencongkel kusen pintu. Seringnya kusen pintu cuma ditempel di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kuat bisa dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu di dinding dengan memasang beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya harus mengenai dinding.
Jangan lupakan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat gampang untuk dibuka, jadi pakailah cara yang mirip pada pintu diantara garasi anda dan rumah kamu seperti pintu depan teman. Kunci juga pintu anda saat dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi anda

Pintu dan furniture lainnya memerlukan perawatan kapanpun, dan pintu yang tak dijaga dengan benar akan membuat pencuri lebih mudah membobol rumah kamu. Terutama, cek bahwa jalur pada pintu geser masih baik dan pintunya tetap dalam rel.
Jangan sampai kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat yang tidak aman. Selihai apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan bertemu kunci anda. Simpan kunci anda tersendiri. Jika teman perlu meninggalkan kuncinya di luar, taruh pada kotak kunci bermutu yang dipasang dengan tepat dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah kamu layaknya kerajaan. Pemadam kebakaran menggunakan alat manual untuk masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam urusan mereka, tetapi mereka wajib mempunyai jalur lain seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa ditolong sebab rumah terlalu sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci teman pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci terkokoh akan menjadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya anda mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri teman, keluarga kamu, dan harta benda anda, tetapi jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, kamu masih dapat jadi korban pada suatu saat, dan anda mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat teman ngga dapat bersenang senang.

Membuka gembok itu gampang jika teman tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Tetapi, paling tidak kita telah mencoba untuk menutup kemungkinan untuk pencuri menggondol barang kita dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong, semoga berfaedah. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel