Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri

Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri Pencurian saat libur panjang selalu jadi suatu yang menakutkan untuk pemilik rumah. Namun cara paling gampang seperti apa untuk membuat rumah teman tetap terlindungi? Kemungkinan besar teman telah memakai alarm system (jika tidak, kamu dapat memikirkannya lagi), dan mungkin teman mempunyai anjing penjaga mempatroli rumah teman juga. Survei membuktikan kalau banyak perampok masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. Jadi buat pintu tersebut harusnya terkunci dan kokoh. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa digunakanApakah Anda Mempunyai Pintu yang Anti Maling?
  Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Tentukan pintu yang tepat. Kalau pintu depan dan belakang kamu lemah, anda perlu merenovasinya secepatnya. Seperti apa Trik untuk kamu ngerti bahwa pintu kamu tidak kokoh? Cukup diketuk saja. Pintu mudah dibobol hanyalah lapisan kayu tidak tebal dengan kardus di bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar harus kuat dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Bagian dalam kayu kokoh
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: pastikan pintu besi diperkuat bagian as-nya, dan memiliki sesuatu yang disebut sebagai lock block mudahnya (batu bata kokoh). Jika tak, pencuri bisa membengkokkan kusen pintu menggunakan alat pencurian.

Kalau memasang pintu memakai kerangka baru, tentukan untuk menggunakan pintu kaca berserat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk meredam pukulan palu dari pencuri rumah kosong yang masuk kalau suasana sepi.

Ganti semua pintu luar yang memiliki kaca dengan pintu tanpa jendela. Untuk keamanan maksimal, seluruh pintu kudu tak berjendela, dan teman tak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu sehingga orang jahat dapat masuk melalui jendela dan membuka pintu dengan mudah.

Kalau teman memiliki pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdampingan, backingi kacanya dengan jeruji pengaman di bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang ngga bisa dibongkar yang terpasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Sering ditemukan sebagian besar pencurian saat liburan, pencuri membongkar rumah korban memakai pintu yang tak terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi tidak berguna kalau anda tak memakainya. Kunci semua pintu pada bagian luar kapanpun anda pergi hangout – walau anda hanya pergi beberapa saat saja.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar harus memiliki kunci deadbolt didukung dengan kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt perlu mempunyai kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi padat tanpa adanya sekrup yang dapat dilihat dari luar), ditambah dengan kunci gerendel paling tidak sepanjang 2,5cm. Kuncinya wajib dipasang dengan benar. Biasanya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut wajib diganti
  Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Instal deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memperkuat keamanan ekstra ketika teman ada di rumah. Deadlock, seringnya dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk keluar’ yaitu deadbolt yang tidak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan terang pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga dapat didobrak tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tidak akan menolongmu secara instan ketika anda tak di rumah, kunci ini sangat mudah dilihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk mencoba membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan lupakan pintu geser.
Langkah terkeren mengamankan pintu geser yaitu dengan memasang kunci pintu yang memiliki kunci pada bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat berkreasi atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya supaya tak bergeser. Paling tak, letakkan sebuah tongkat (kayu penyangga, misalnya) di bagian bawah pintu supaya tak dapat dibuka paksa. Cara apapun yang anda pakai, cobalah untuk menguatkan kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan di langkah di atas.

Memperketat Jalan Masuk Kamu

Aplikasikan pengaman dari silinder di samping kunci silinder (sisi dimana teman memasukkan kunci kamu) Pencuri terkadang dapat merusak atau mempreteli kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dibongkar memakai linggis dan sebagainya. Lindungi kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau silinder pelindung pada kedua sisi pada pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup agar ngga bisa dilepas. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan mencegah penggunaan pipa untuk mencopot silindernya. Banyak kunci telah terpasang dengan tips ini, tetapi kalau punya teman belum ada, teman dapat membelinya.
  Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri

Perkuat srike plate yang sudah rapuh. Strike plate merupakan batang besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar bagusnya mempunyai pengaman besi strike plate yang kuat yang terpasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Banyak rumah dilengkapi dengan strike plate berkualitas rendah atau palang besi yang dipasang memakai baut pendek.
  Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Lindungi engsel yang tidak terlindungi. Engsel kudu ada di bagian dalam pintu. Jika punya kamu ngga di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang ngga dapat dicopot. Anda dapat melakukannya dengan cara mencopot paling tidak 2 baut di tengah engsel (pada setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang tak bisa dicopot (anda dapat membelinya di toko bangunan) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tak terlihat juga harus diperkuat di kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
  Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu teman kuat dan berkualitas tinggi, terpampang kunci yang kuat, seorang pencuri masih dapat membobol rumah dengan menghancurkan atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kokoh dapat dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya kudu tertancap di dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat gampang untuk dibobol, jadi perlakukan langkah yang sama pada jalan masuk diantara garasi teman dan rumah kamu layaknya pintu depan kamu. Kunci juga pintu kamu ketika dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah di mobil anda atau di garasi anda

Pintu dan jendela lainnya butuh perawatan kapanpun, dan pintu yang ngga dirawat dengan baik akan menciptakan peluang lebih gampang memasuki rumah anda. Terutama, cek bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi baik dan pintunya menempati rel.
Jangan sampai kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat seperti itu. Serapat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci kamu. Letakkan kunci anda dalam pengawasan. Kalau anda kudu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di tempat kunci berkualitas yang diposisikan dengan benar dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah kamu seperti benteng. Pemadam kebakaran menggunakan alat manual untuk masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Mereka memang jago dalam urusan mereka, namun mereka harus mempunyai jalur lain layaknya jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak dapat ditolong sebab rumah sangat sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci kamu pada tetanggamu, atau diskusikan untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci terkokoh akan jadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri teman, keluarga teman, dan harta benda anda, tetapi jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, anda masih bisa menjadi korban pada suatu saat, dan teman mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat teman tidak dapat menikmati hidup anda.

Membuka gembok itu gampang jika kamu tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Tetapi, setidaknya kamu telah berusaha untuk menghalangi kemungkinan untuk pencuri menggondol barang dengan gampang.

Terima kasih telah membaca Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri, semoga berguna. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel