Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong

Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong Perampokan selalu jadi momok yang mengkhawatirkan bagi pemudik. Namun trik terbaik mana untuk membuat rumah teman tetap safe? Kemungkinan besar teman sudah memakai alarm system (kalau ngga, segera lakukan), dan mungkin kamu mempunyai anjing penjaga menjaga rumah anda juga. Survei membuktikan kalau banyak perampok masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. Jadi buat pintu itu tetap terkunci dan kokoh. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dilakukanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Anti Maling?
 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Tentukan pintu yang pas. Kalau pintu depan dan belakang anda tidak kokoh, kamu harus memperkuat secepatnya. Bagaimana Caranya anda tahu kalau pintu anda rentan? Bisa dengan mengetuknya saja. Pintu rentan maling cuma lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar memeng terlihat solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Bagian dalam kayu solid
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: pastikan pintu besi didukung bagian as-nya, dan mempunyai sesuatu yang dikenal dengan lock block mudahnya (beton bata keras). Jika tidak, pencuri bisa membengkokkan kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Kalau mengganti pintu dan kerangka baru, hitung juga untuk memakai pintu kaca yang mempunyai serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini mencegah untuk menolak pukulan palu dari pencuri rumah kosong yang masuk di saat liburan.

Ganti semua pintu yang letaknya di luar yang memiliki kaca dengan pintu tanpa jendela. Untuk tambahan keamanan maksimal, semua pintu kudu ngga berkaca, dan anda tak ada jendela yang berdampingan dengan pintu jadi orang jahat dapat masuk melalui jendela kemudian membuka pintu dari dalam.

Kalau anda mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, tutupi kacanya dengan jeruji pengaman di bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tak bisa dihancurkan yang terpasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Pada sebagian besar pencurian saat liburan, orang tidak bertanggungjawab membongkar rumah korban memakai pintu yang ngga dikunci dengan benar. Gembok yang paling keras di dunia pun akan menjadi tidak berguna jika kamu ngga menggunakannya. Kunci seluruh pintu pada bagian luar setiap waktu kamu pergi keluar – walau teman cuma pergi beberapa menit.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar perlu mempunyai kunci deadbolt didukung dengan kunci yang ada pada gagang pintu. Kunci deadbolt kudu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras tanpa adanya sekrup yang dapat dilihat dari luar), jangan lupa memakai kunci gerendel paling ngga sepanjang 2,5cm. Kuncinya wajib dipasang dengan kuat. Kebanyakan rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang memiliki panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu kudu direnovasi
 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Terapkan deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan menambah keamanan tambahan saat kamu ada di rumah. Deadlock, terkadang dikenal juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan jelas pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini tidak dapat didobrak tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tidak akan menolongmu secara instan saat kamu ngga berada di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk mencoba mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan lupakan pintu geser.
Langkah terbaik memperkuat pintu geser adalah dengan menginstal kunci pintu yang memiliki kunci di bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat berkreasi atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya supaya tak pindah posisi. Paling tidak, taruh sebuah tongkat (kayu penyangga, misalnya) pada bagian bawah pintu supaya ngga dapat terbuka. Cara apapun yang teman pakai, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang ditulis pada langkah sebelumnya.

Memperkuat Pintu Masuk Kamu

Terapkan pengaman silinder yang ada di samping kunci silinder (bagian tempat anda memasukkan kunci kamu) Orang tidak bertanggungjawab seringkali bisa menghancurkan atau menyopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dicongkel memakai linggis dsb. Jaga kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau silinder pelindung pada kedua sisi pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup supaya tak dapat dilepas. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari pemakaian pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci sudah terpasang dengan tips ini, namun kalau punya anda belum ada, teman dapat membelinya.
 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong

Perkuat srike plate yang sudah rapuh. Strike plate adalah plate besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar kudu mempunyai pengaman besi strike plate yang keras yang dipasang dengan 4 baut yang memiliki panjang 7,6 cm. Banyak rumah dibangun dengan palang besi berkualitas rendah atau palang besi yang dipasang menggunakan baut pendek.
 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Amankan engsel yang tak aman. Engsel wajib berada di bagian dalam pintu. Kalau punya anda tak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang ngga dapat dicopot. Kamu dapat mengerjakannya dengan langkah mencopot paling tidak 2 baut di tengah engsel (pada setiap bagian) dan menggantinya dengan pin engsel yang tidak dapat dilepas (teman dapat membelinya di toko perkakas) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang ngga nampak juga wajib diperkuat pada kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu anda kuat dan berkualitas tinggi, dilengkapi kunci yang kuat, seorang pencuri masih dapat merangsek masuk rumah dengan merusak atau membobol kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya ditempel di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan mudah memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu di dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya harus mengenai dinding.
Jangan lupakan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dibobol, jadi perlakukan langkah yang mirip pada pintu diantara garasi anda dan rumah anda seperti pintu bagian luar kamu. Kunci juga pintu kamu saat dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi kamu

Pintu dan jendela lainnya butuh perawatan dari waktu ke waktu, dan pintu yang ngga dirawat dengan baik akan membuat pencuri lebih gampang membobol rumah kamu. Khususnya, cek bahwa jalur pada pintu geser masih baik dan pintunya menempati jalur.
Jangan sampai kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Serapat apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan bertemu kunci kamu. Letakkan kunci teman tersendiri. Jika anda perlu meninggalkan kuncinya di luar, taruh pada tempat kunci berkualitas yang dipasang dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan menjadikan rumah anda seperti kastil. Pemadam kebakaran memakai alat manual untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam bidang mereka, namun mereka wajib mempunyai jalur lain layaknya jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa diselamatkan karena rumah sangat sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci kamu pada kerabat, atau diskusikan untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci terkuat akan menjadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri teman, keluarga kamu, dan harta benda teman, namun jangan membuat rumah teman seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, kamu masih bisa jadi korban pada suatu saat, dan anda mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat anda tidak dapat bersenang senang.

Membuka gembok itu gampang kalau kamu tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Tetapi, setidaknya kamu telah berusaha untuk menutup kemungkinan untuk pencuri menggondol barang dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong, semoga bermanfaat. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel