Bingung Pilih Kolam Renang Dalam Apa Luar Rumah Pertimbangkan Hal ini

Kolam Renang bisa dibilang kebutuhan sekunder. Tetapi sebenarnya sangat baik untuk menjaga agar rumah kita tetap sejuk. Dengan adanya kolam renang maka rumah kita akan naik peringkat. Yang tadinya terlihat biasa saja atau sama dengan umumnya rumah maka akan naik peringkat menjadi prestise. Tetapi ada banyak pertimbangan untuk pembuatan kolam renang. Baiknya ada di dalam ataukah di luar rumah ya? Tetapi sebelum itu lihat lihat dulu galerinya biar lebih enak.
pinterest
properti inside

butterflypool.com


Tips Membuat Kolam Renang

Membuat kolam renang bisa disesuaikan dengan bentuk ruangan. Mungkin kamu memiliki ruang panjang tapi sempit. Atau memiliki ruang yang tidak terlalu lebar. Atau diletakkan di basement yang langsung terhubung dengan ruang belakang. Kamu bisa mempertimbangkan baik baik untuk membangun kolam renang.

Tentukan luas kolam renang

Ukuran kolam renang baiknya ditentukan dengan ukuran 2:1. Atau kamu tentukan ukuran kolam renang dengan ukuran 3 x 7 meter. Atau kalau mau lebih besar sedikit bisa menggunakan ukuran 4 x 8 meter. Jangan lupa sisakan sekitar 1 meter di pojokan untuk naik turun ke kolam renang.

Tentukan kedalaman kolam renang

Kedalaman kolam renang beragam tergantung kebutuhan. Mulai dari 0.5-1 meter atau 1.2-2 meter untuk orang dewasa. Jika kepengin membuat kombinasi kedalaman kolam renang. Kamu bisa membuat tanjakan atau batasan di kolam renangnya. 

Membuat Sirkulasi air yang baik

Sistem sirkulasi air untuk kolam renang ada yang disebut skimmer dan overflow. Sistem skimmer ini biasanya digunakan untuk kolam renang indoor atau kolam renang yang kecil dan minimalis. 
Skimmer biasanya cukup dengan meninggikan dinding kolam renang. Skimmer box diletakkan di pojok kolam renang agar air tetap bersih. 
Overflow biasanya digunakan untuk menampung air yang keluar dari kolam renang. Setelah air masuk ke parit parit kolam renang maka langsung melewati penyaringan air sebelum masuk kembali ke kolam renang.

Sesuaikan dengan tinggi kolam renang dengan lantai

Mungkin kamu pernah melihat kolam renang infinity pool atau kolam renang yang tanpa batas. Namun jangan pernah mengaplikasikan di kolam renang rumahan. Sebaiknya tetap lebih tinggi dinding dari pada air.

Pilih pelapis internal kolam renang yang baik

Umumnya kolam renang pada bagian dalam dilapisi dengan keramik. Keramik ini juga memiliki tingkatan kualitas. Sebaiknya pilih kualitas super untuk keramiknya. Biar tidak perlu digaris seperti granit. Walaupun tidak terlihat si garis pada kolam renang karena terkena bias air. Tetapi yang lebih mengkhawatirkan yaitu kebocoran kolam renang. 

Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membangun kolam renang dalam atau luar

Sebelum membangun kolam renang. Sebaiknya kamu juga mempertimbangkan hal berikut ini. 

Cek kualitas air

Kualitas air adalah pertimbangan paling wahid untuk kolam renang. Karena berenang itu di air bukan yang lain. Jika kualitas air tidak bagus maka sebaiknya anda pertimbangkan lagi ketika membangun kolam renang. Walaupun kamu bisa mengakalinya dengan membeli saringan air. Namun kalau digunakan untuk mengisi satu kolam renang yang memiliki ukuran terlalu besar ya akan memakan biaya yang cukup besar juga nantinya.

Kondisi anggota keluarga 

Semua jenis air dan kolam akan menjadi ancaman tersendiri jika kamu mempunyai anak kecil. Jangan pernah meninggalkan mata ketika kamu memiliki anak kecil. Jika kamu sering mengancam atau menakut nakuti anak kecil agar jangan mendekat ke kolam renang sendirian juga akan memiliki dampak psikologis yang kurang baik. Walaupun anak kecil bisa jago berenang sendirian. Namun, jika berenang sendirian tanpa pengawasan cukup menghawatirkan. Walaupun kedalaman 0.5 meter saja kalau wajah tertelungkup ke air maka bisa jadi sesuatu yang kurang menyenangkan.

Cek lingkungan

Kalau kamu memiliki lingkungan perkotaan yang sempit atau untuk membangun fasilitas kolam renang. Jangan memaksakan diri. Atau terdapat fasilitas kolam renang yang bisa diakses bersama sama misalnya dekat dengan kolam renang baik umum maupun kolam yang bisa diakses dengan mudah.

Pertimbangan masa depan

Kolam renang memiliki nilai estetika yang tinggi. Namun, jika tidak terawat dengan baik maka bukannya meningkatkan estetika malah mirip seperti kolam ikan. Selain itu kolam renang juga bisa meningkatkan harga jual anda. Hal ini berlaku jika kamu menemukan pembeli yang tepat. Namun, jika kamu ternyata menemukan orang yang tidak membutuhkan kolam renang karena biaya perawatan yang tinggi maka harganya akan turun.

Siapkan biaya perawatan

Kolam renang itu tidak semurah kolam renang. Kolam renang itu membutuhkan klorin, manfaat dari klorin ini adalah menjaga kolam renang tetap bersih, anti kuman dan anti lumut. Terlebih jika kamu tidak punya waktu untuk membersihkan kolam renang maka kamu membutuhkan jasa pembersih kolam renang. 
Terima kasih sudah membaca postingan tentang kolam renang. Semoga bisa bermanfaat. Tolong dibantu dengan share pada link media sosial anda ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel