Desain Rumah Tradisional Jawa Modern Minimalis



Desain Rumah Tradisional Jawa Modern Minimalis - Desain Rumah Minimalis selalu dijadikan trend. Gaya membangun hunian dengan tipe desain yang minimalis modern sudah ramai dibicarakan di internet. Dapat diartikan kuno kalau dibilang baru ngerti sekarang, karena tren hunian akan selalu berkembang terus menerus. Model dan kreativitas dalam membuat desain rumah telah meningkat pesat, terutama untuk menghadapi perubahan masa seperti misalnya harga tanah yang kian mahal dan sulit diambil. Gaya inilah yang kemudian juga meluas ke wilayah pribumi dengan tema bangunan minimalis, tetapi nyaman dipandang dan juga menarik banyak orang. Ditambah pemborong juga selalu melirik desain itu.
Menjadi PR yang besar supaya desain rumah minimalis modern pada lokasi yang sempit ini memiliki ruangan sesuai kebutuhan. Seperti keperluan akan tempat untuk melakukan kegiatan privasi. Sebuah keluarga yang mempunyai 2 anak remaja yang mulai dewasa maka telah akan memerlukan 2 kamar tidur sendiri. Terlebih jika memiliki banyak anak dan memiliki jenis kelamin yang tidak sama maka telah dipastikan kamarnya harus dibedakan.

 






Ingin Punya Anda Bangun Tiap Pagi?
Bisa!!!
Promo Gratis Ongkir!!!


Akibatnya, kalau ada kamar tidur maka denah rumah yang memiliki banyak tempat tidurlah yang kamu perlukan bukan? Walaupun nantinya ruangan yang lain akan semakin terasa kecil.
  Desain Rumah Tradisional Jawa Modern Minimalis
Untuk pasangan baru dua ruangan tidur di rumah tentunya aman aman saja. Sebab anak masih dapat ditaruh atau ditempatkan dalam satu kamar. Tetapi akan mulai harus dipikirkan ketika anak sudah mulai dewasa dan memerlukan ruangan pribadi sendiri. Terlebih jika situasi tidak tercover misalnya datangnya tamu dan bertujuan menginap maka mempunyai tiga buah ruangan untuk tidur menjadi pilihan yang ideal untuk rumah ketika ini.

Membangun 3 kamar tidur bukan berarti kamu kudu memperkecil tempat tamu atau dapur yang sangat sempit. Anda cuma memerlukan desain yang baik supaya ruangan dapat ditata dengan apik. Berikut ini merupakan beberapa contoh modelnya.

1. Denah rumah minimalis type 36.
  Desain Rumah Tradisional Jawa Modern Minimalis
2. Denah rumah 3 kamar ukuran 7×9.
  Desain Rumah Tradisional Jawa Modern Minimalis
3. Kamar tidur utama dan 2 kamar tidur anak,
  Desain Rumah Tradisional Jawa Modern Minimalis
4. Denah rumah minimalis bergaya zen,
  Desain Rumah Tradisional Jawa Modern Minimalis
5. Light and fun, denah rumah minimalis ini mengusung warna yang lembut.
  Desain Rumah Tradisional Jawa Modern Minimalis
6. Denah rumah kecil 1 lantai dengan 3 kamar tidur, bisa diakali dengan menggabungkan ruang keluarga, ruang makan, dan dapur pada satu ruang besar.
  Desain Rumah Tradisional Jawa Modern Minimalis
7. Denah rumah minimalis dengan perpaduan warna putih dan lime / biru dengan orange,
  Desain Rumah Tradisional Jawa Modern Minimalis
8. Denah rumah minimalis dengan eksterior bata merah,
  Desain Rumah Tradisional Jawa Modern Minimalis
9. Rumah mungil dengan 3 kamar tidur
  Desain Rumah Tradisional Jawa Modern Minimalis
10. Desain rumah keluarga dengan 2 anak.
  Desain Rumah Tradisional Jawa Modern Minimalis
11.  Denah rumah lantai pertama, dapat kamu pakai kalau kamu kepengin mendesain rumah bersusun di masa depan.

12. Denah rumah dengan desain kamar kembar.
  Desain Rumah Tradisional Jawa Modern Minimalis
13. Rumah 3 kamar dengan garasi.
  Desain Rumah Tradisional Jawa Modern Minimalis
14. Rooftop di atas rumah.
  Desain Rumah Tradisional Jawa Modern Minimalis
15. Denah rumah modern minimalis menggunakan lapisan lantai marmer glossy dan pintu transparan di setiap ruang.
  Desain Rumah Tradisional Jawa Modern Minimalis
16. Teras kecil di setiap kamar pasti diimpikan banyak orang.
  Desain Rumah Tradisional Jawa Modern Minimalis
17. Denah rumah minimalis dengan 2 teras.
  Desain Rumah Tradisional Jawa Modern Minimalis
Ingatlah Ini Ketika Mendesain Denah Rumah

Mungkin kamu belum membuat pilihan yang sesuai untuk rumah minimalis tadi. Sebaiknya ingatlah hal di bawah ini. Karena pengambilan keputusan yang kamu pilih akan menentukan karakter yang menjadi cerminan diri anda.

1. Gaya rumah
Pemilihan gaya rumah menjadi patokan, karena semua pembangunan dimulai dari ide anda. Tukang cuma melaksanakan imajinasi yang kamu inginkan sesuai dengan arahan saja. Tetapi bisa jadi pekerja akan pusing ketika kamu tidak jelas dalam menentukannya. Kalau anda menginginkan rumah dengan gaya mediteranian misalnya, maka pilihlah desain yang pas untuk rumah mediteranian. Sebaliknya jika anda berkeinginan untuk membuat desain rumah minimalis modern maka pakailah desain yang pas dan selaras dengan gaya rumah kamu.

2. Banyaknya kamar tidur
Kamar tidur adalah hal penting  yang harus dipikirkan. Karena ruang tidur ini adalah inti dari suatu rumah. Tentukan berapa banyak yang kamu butuhkan, hitunglah untuk keluarga juga untuk tamu misalnya. Tidak jarang jika kerabat diharuskan datang dan menginap di rumah anda. Memang tidak setiap hari, tetapi mempersiapkan tempat untuk kerabat ketika menginap adalah hal yang penting.

3. Satu tingkat atau dua tingkat?
Lebih pusing membangun satu tingkat atau dua tingkat. Kalau membangun rumah dua tingkat mungkin kamu bisa berkreasi sendiri untuk penataan ruang. Namun, jika yang dibangun adalah rumah satu tingkat ada baiknya melibatkan ahli dalam penataan ruang agar tertata dengan tetap sesuai dengan kebutuhan. Jika membangun 2 tingkat maka kamu dapat memiliki lebih banyak ruang untuk ruang tidur misalnya.

4. Memiliki kamar tidur utama
Rumah yang mempunyai kamar tidur utama mempunyai nilai tambah tersendiri. Sepertinya kamar itu akan menjadi kamar yang sangat mewah. Jadi mungkin anda bisa memasukkan nilai rumah anda dengan desain floor plan rumah minimalis yang mempunyai kamar tidur utama.

5. Ruangan bonus
Selain tempat tidur utama, untuk menambah poin tambah yaitu ruangan istimewa. Misalnya ruangan untuk mencuci atau hanya untuk bersantai bareng keluarga. Ruangan ini harus dijaga betul kalau ingin membuatnya apakah memang kamu memerlukannya atau cuma untuk hal yang akhirnya tidak kamu sukai. Atau anda membuat kamar untuk menikmati hidup, namun malah rela menghilangkan kamar yang primer.

6. Banyaknya kamar mandi
Kamar mandi adalah gambaran dari sebuah rumah. Menurut hitungan jawa, kemegahan dan kepribadian pemilik rumah digambarkan dari mbale dan kamar mandinya. Maka ngga aneh jika orang jawa membangun ruang tamu yang terlihat lapang. Sedangkan untuk jamban sendiri kamu bisa berinovasi dengan banyaknya jumlah kamar mandi. Contohnya 2 ruang. Mempunyai 2 kamar mandi maka untuk ketika kepepet anda ngga kudu mengantre di kamar mandi terlalu lama. Lokasi yang strategis juga faktor pendorong misalnya di samping kamar tidur.

7. Fungsionalitas
Situasional ketika membangun ruangan disesuaikan dengan kebutuhan. Jumlah ruangan extra dan ruangan yang kudu ada juga harus dipertimbangkan. Adalah penting saat anda menginginkan memiliki ruangan yaitu menyisipkan ruangan itu haruslah harmoni supaya bisa jadi sesuai manfaat ruangan itu dibangun. Contoh simpelnya seperti meletakkan meja makan dengan dapur. Jika meja makan ditempatkan terlalu jauh dengan dapur tentu terkesan tidak fungsional. Begitu juga kalau kamar mandi cuma satu diletakkan di kamar tidur. Padahal banyak penghuni lain yang akan mandi di situ juga.

Ciri Khas Rumah Minimalis Sederhana dan Rumah Minimalis Modern

Kalaupun hampir sama, ternyata ide membuat rumah minimalis sederhana tidaklah sama dengan tema rumah minimalis modern.

Ciri khas Rumah Minimalis Modern
1. Bentuk dan Fungsi yang Mengusung Filosofi kenyamanan
Rumah minimalis mempunyai plan tata ruang yang simple, easy to arrange, dan fungsional dengan keperluan kita.
Ciri khas denah rumah yang bertemakan minimalis yaitu:

View yang dirancang sederhana mungkin
Memakai Denah dengan lantai terbuka
Interior dinding yang tertata rapi
Area penyimpanan minimalis tertata dengan pas
Mengutamakan pada view yang cantik
Pencahayaan yang menyempurnakan

Untuk membangun rumah minimalis, desain dibuat dari dalam jadi bentuk luar menyesuaikan bagian dalam, lantas dibentuk bagian luar.

2. View Cladding dan Finishing Dinding yang sederhana
Cladding dapat dibilang karakter paling melekat untuk bangunan yang bertemakan minimalis. Tampilan yang terkesan bisa menjadikan rumah terasa lebih asyik saat dipandang.

Menambah kesan alami dan pewarnaan yang pas membuat Cladding dapat menjadi pilihan saat mendesain rumah minimalis modern.

Banyak sekali bahan untuk menciptakan cladding. Pertimbangan utamanya tentu pasti yaitu hunian yang dibangun dengan pertimbangan keindahan bangunan yang dipasang cladding.

Nama lain cladding ini yaitu 'siding’. Penggunaan kata siding ini populer untuk wilayah Amerika Selatan, kalau cladding lebih dikenal di wilayah Eropa dan Australia. Dan masih ada beberapa daerah yang menyebutnya dengan nama lain lagi yaitu weatherboard.

3. Ruang yang Bersih, Terbuka, dan Dipenuhi Cahaya
Mengutamakan tema cahaya natural yang dapat menerangi ruangan. Cahaya matahari merupakan sumber energi alam maha dahsyat dan paling baik untuk manusia. Saat diatur dengan baik maka tergambar suasana cantik yang bisa kamu buat. Diawali dari harmoni warna lembut pada dinding, kamar yang indah, hal kecil kecil yang tampak modern dan mempunyai estetika dan mungkin anda dapat membuat nuansa baru menggunakan warna.

Cahaya matahari yang menerangi bagian dalam akan membawa suasana nyaman yang sangat baik untuk tubuh. Dapat membuat kita lebih ceria saat terpapar cahaya mentari dibandingkan melihat layar smartphone bukan?


4. Detailing Simpel walaupun tanpa menggunakan Dekorasi
Rumah minimalis modern mempertimbangkan hal terkecil yang cantik dibandingkan bentuk furniturenya. Misalnya lemari kabinet tanpa memakai gagang pintu, atau perabotan yang lain akan menciptakan kesan yang lebih "langsam" dirasakan. Kemudian ketika berpikir "ini apa?" barulah Ketemu jawabannya.
Baca :
17 Desain Rumah Minimalis Modern Lengkap dengan Ukuran detailnya
Contohnya lemari dengan bahan kayu akan membuat nuansa natural dan hangat. Atau misalkan untuk tampilan jendela juga dapat memberikan kesan yang fresh.
Sedangkan tampilan luar, kita dapat menentukan facade baca = fasad dengan tampilan jendela yang minimalis ini menciptakan nuansa eksterior rumah yang elegan.

5. Menentukan bahan sesuai dengan selera dan menggambarkan model rumah minimalis modern
Kamu dapat berkreasi menciptakan kursi dari beton yang dibentuk mirip papan kayu. Atau menggabungkan bahan yang kamu senangi untuk mendeskripsikan karya anda. Buatlah ciri khas dari bangunan dengan material yang tersedia di sekitar kita namun mempunyai kesan yang menarik dan enak dilihat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel