Cara Desain Rumah Minimalis Modern


Cara Desain Rumah Minimalis Modern - Desain Rumah Minimalis selalu menjadi pembahasan. Trend membuat bangunan rumah dengan tipe hunian yang minimalis modern sudah memenuhi dunia maya. Dapat diartikan kuno jika dikatakan baru kenal sekarang, sebab gaya rumah akan senantiasa berkembang sesuai dengan keadaan. Ide dan kreativitas ketika membuat desain rumah telah berkembang pesat, terlebih untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman seperti misalnya lahan yang kian tinggi dan sulit dijangkau. Gaya inilah yang akhirnya juga mewabah ke daerah pribumi menggunakan konsep bangunan minimalis, namun enak dilihat dan juga menggiurkan banyak orang. Ditambah pengusaha juga selalu melirik model itu.



Menjadi PR yang luar biasa agar desain rumah pada lokasi yang sempit ini memiliki ruangan yang tepat. Sebagai contoh keperluan akan ruangan untuk tidur. Sebuah keluarga yang mempunyai 2 anak remaja yang mulai menginjak dewasa maka sudah akan membutuhkan 2 ruangan tidur sendiri. Terlebih kalau memiliki jumlah anak dan memiliki jenis kelamin yang berbeda maka telah seharusnya kamarnya perlu dibedakan.











Ingin Punya Anda Bangun Tiap Pagi?
Bisa!!!
Promo Gratis Ongkir!!!




Akibatnya, kalau ada kamar tidur maka desain rumah yang memiliki banyak ruangan tidurlah yang kamu perlukan bukan? Walaupun nantinya kamar yang lain akan terasa terasa kecil.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
Untuk pasangan baru 2 ruangan tidur di rumah tentunya aman aman saja. Karena anak masih bisa diatur atau diselipkan dalam satu kamar. Tetapi akan mulai harus dipikirkan ketika anak telah beranjak dewasa dan memerlukan kamar pribadi sendiri. Ditambah keadaan tak terduga seperti datangnya keluarga dan bertujuan menginap maka memiliki 3 ruang untuk tidur menjadi opsi yang aman untuk hunian.

Membangun tiga kamar tidur tidaklah berarti anda kudu mempersempit ruang tamu atau dapur yang terlalu kecil. Kamu cuma memerlukan desain yang baik agar ruangan bisa diatur dengan apik. Berikut ini merupakan beberapa contoh modelnya.

1. Denah rumah minimalis type 36.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
2. Denah rumah 3 kamar ukuran 7×9.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
3. Kamar tidur utama dan 2 kamar tidur anak,
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
4. Denah rumah minimalis bergaya zen,
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
5. Light and fun, denah rumah minimalis ini mengusung warna yang lembut.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
6. Denah rumah kecil 1 lantai dengan 3 kamar tidur, dapat diakali dengan menggabungkan ruang keluarga, ruang makan, dan dapur pada satu ruang besar.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
7. Denah rumah minimalis dengan perpaduan warna putih dan lime / biru dengan orange,
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
8. Denah rumah minimalis dengan eksterior bata merah,
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
9. Rumah mungil dengan 3 kamar tidur
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
10. Desain rumah keluarga dengan 2 anak.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
11.  Denah rumah lantai pertama, dapat kamu gunakan bila kamu kepengin membangun rumah bertingkat nantinya.

12. Denah rumah dengan desain kamar serupa.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
13. Rumah 3 kamar dengan garasi.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
14. Rooftop di atas rumah.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
15. Denah rumah modern minimalis menggunakan lapisan lantai marmer glossy dan pintu transparan di setiap ruang.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
16. Teras kecil di setiap kamar pasti diimpikan banyak orang.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
17. Denah rumah minimalis dengan 2 teras.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
Perhatikan Ini Saat Merancang Denah Rumah Minimalis Modern

Kalau anda belum menentukan pilihan yang tepat untuk model rumah minimalis tadi. Sebaiknya ingatlah hal di bawah ini. Karena penentuan keputusan yang anda buat akan menggambarkan kepribadian yang menjadi cerminan diri kamu.

1. Model rumah
Menentukan gaya rumah menjadi acuan, karena semua pembuatan rumah dimulai dari perencanaan kamu. Pekerja hanyalah melaksanakan apa yang kamu ciptakan mengikuti dengan petunjuk saja. Namun dapat jadi pekerja akan tidak memahami ketika kamu tidak jelas dalam menentukannya. Kalau anda menginginkan rumah dengan gaya mediteranian misalnya, maka pilihlah desain yang pas untuk rumah mediteranian. Sebaliknya jika kamu menginginkan desain rumah minimalis modern maka gunakanlah desain yang tepat dan selaras dengan gaya rumah kamu.

2. Jumlah kamar tidur
Kamar untuk istirahat adalah hal penting  yang harus diperhatikan. Sebab tempat privasi ini adalah inti dari sebuah hunian. Tentukan banyaknya tempat yang kamu perlukan, selain untuk keluarga juga untuk saudara yang berkunjung contohnya. Terkadang kalau kerabat diharuskan berkunjung dan bermalam di rumah kita. Walaupun tidak setiap hari, namun menyediakan tempat untuk saudara ketika bermalam merupakan hal yang menjadi keharusan.

3. Satu tingkat atau dua tingkat?
Lebih pusing membangun satu tingkat atau dua tingkat. Kalau membangun rumah dua tingkat mungkin kamu bisa berkreasi sendiri untuk penataan ruang. Namun, kalau yang dibangun adalah rumah satu tingkat ada baiknya melibatkan ahli dalam penataan ruang agar tertata dengan tetap sesuai dengan kebutuhan. Jika membangun 2 tingkat maka kamu dapat memiliki lebih banyak ruang untuk ruang tidur misalnya.

4. Adanya kamar tidur utama
Hunian yang memiliki kamar tidur utama mempunyai poin tambah tersendiri. Seolah olah kamar utama akan menjadi kamar yang istimewa. Jadi kemungkinan kamu dapat meningkatkan poin tambahan rumah anda dengan desain floor plan rumah minimalis yang memiliki kamar tidur utama.

5. Ruangan bonus
Selain ruang tidur utama, untuk menambah poin tambah yaitu ruangan tambahan. Seperti kamar untuk mencuci atau sekedar bersantai bareng keluarga. Ruangan ini kudu dijaga betul jika ingin membuatnya apakah memang kamu memerlukannya atau hanya untuk sesuatu yang akhirnya tidak anda sukai. Atau kamu membuat ruangan untuk bersantai, namun malah rela menghilangkan ruangan pokok.

6. Banyaknya kamar mandi
Kamar mandi merupakan cerminan dari suatu rumah. Menurut adat jawa, kemegahan dan pribadi seseorang digambarkan dari mbale dan kamar mandinya. Maka tak aneh jika orang jawa membuat ruang tamu yang sangat luas. Sedangkan untuk kamar mandi sendiri anda bisa berkreasi dengan banyaknya jumlah kamar mandi. Misalnya 2 ruang. Dengan adanya 2 kamar mandi maka untuk ketika terdesak kamu ngga kudu nunggu di kamar mandi terlalu lama. Letak yang tepat juga menjadi kuncinya contohnya di dekat kamar utama.

7. Fungsionalitas
Kondisi ketika mendesain ruangan menyesuaikan dengan kebutuhan. Jumlah lokasi tambahan dan ruangan yang harus ada juga harus dipertimbangkan. Menjadi penting ketika anda menginginkan mempunyai ruangan yaitu menyisipkan ruangan itu kudu selaras supaya menjadi sesuai manfaat ruangan itu dibangun. Gambarannya seperti meletakkan meja makan dengan dapur. Kalau meja makan diletakkan berjauhan dengan dapur tentu terkesan kurang chic. Begitu juga kalau kamar mandi cuma satu berdekatan dengan kamar tidur. Padahal banyak penghuni lain yang akan menyerbu di kamar mandi tersebut.

Ciri Khas Rumah Minimalis Sederhana dan Rumah Minimalis Modern

Kalaupun mirip, ternyata ide membuat rumah minimalis sederhana tidaklah sama dengan tema rumah minimalis modern.

Karakteristik Rumah Minimalis Modern
1. Bentuk dan Fungsi yang Mengusung Kesederhanaan
Rumah minimalis mempunyai ide tata ruang yang simple, easy to arrange, dan fungsional dengan kebutuhan kita.
Ciri khas denah rumah yang membawa tema minimalis adalah sebagai berikut:

View yang dibikin sederhana mungkin
Denah dengan lantai terbuka
Interior dinding yang terorganisir
Ruang penyimpanan simpel tertata dengan harmoni
Mengutamakan pada view yang cantik
Pencahayaan yang menyempurnakan

Untuk membangun rumah minimalis, desain disesuaikan dari dalam jadi tampilan luar menyesuaikan bagian dalam, lantas dibuat bentuk luarnya.

2. Tampilan Cladding dan Finishing Dinding yang simple
Cladding bisa dibilang ciri khas paling melekat untuk bangunan yang bertemakan minimalis. Gaya yang terkesan dapat membuat hunian kerasa lebih asyik saat dilihat.

Menambah suasana alami dan pewarnaan yang pas menjadikan Cladding bisa selalu menjadi pilihan saat mendesain hunian minimalis modern.

Berbagai macam material untuk menciptakan cladding. Pertimbangan utamanya sudah pasti yaitu hunian yang dibangun dengan pertimbangan keindahan bangunan yang dipasang cladding.

Di salah satu belahan dunia cladding ini adalah 'siding’. Penggunaan kata siding ini populer untuk wilayah Amerika Selatan, kalau cladding lebih dikenal di bagian Eropa dan Australia. Untuk beberapa daerah yang mengenalnya dengan nama lain lagi yaitu weatherboard.

3. Kamar yang Terkesan Lapang, Terbuka, dan Pencahayaan yang tertata
Berfokus pada konsep cahaya yang menyehatkan yang bisa masuk ke kamar. Cahaya matahari adalah sumber cahaya alam terbesar dan paling cocok untuk kehidupan manusia. Saat diatur dengan baik maka banyak sekali suasana indah yang dapat kita ciptakan. Diawali dari harmoni warna lembut di dinding, ruang yang indah, detail yang modern dan artistik dan mungkin anda bisa menciptakan nuansa elegan menggunakan warna.

Sinar matahari yang masuk ke dalam akan menciptakan suasana hangat yang sangat baik untuk tubuh. Bisa menjadikan kamu lebih ceria ketika terpapar cahaya matahari dibandingkan melihat layar komputer kan?



4. Memperhatikan detail Simpel walaupun tanpa memakai Dekorasi
Rumah minimalis modern mempertimbangkan detailing yang chic dibandingkan bentuk furniturenya. Misalnya kabinet tanpa gagang pintu, atau alat rumah tangga yang lain akan menciptakan kesan yang tidak merusak pemandangan. Barulah saat berpikir "ini apa?" barulah Ketemu jawabannya.
Baca :
17 Desain Rumah Minimalis Modern Lengkap dengan Ukuran detailnya
Contohnya lemari dengan tekstur kayu akan menciptakan kesan natural dan menyenangkan. Atau misalkan untuk tampilan jendela juga dapat memberikan kesan yang fresh.
Untuk tampilan luar, anda bisa memilih facade baca = fasad dengan pemandangan jendela yang minimalis ini membuat nuansa eksterior rumah yang elegan.

5. Memilih material sesuai dengan selera dan mencerminkan model rumah minimalis modern
Anda dapat menelurkan banyak ide membuat kursi dari beton yang dibuat mirip papan kayu. Atau mengkombinasikan material yang kamu sukai untuk mendeskripsikan karya anda. Ciptakan ciri khas dari bangunan dengan bahan yang tersedia di sekitar kita namun mempunyai kesan yang rapi dan enak dilihat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel