Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern


Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern - Desain Rumah Minimalis sering dijadikan incaran banyak orang. Gaya membangun hunian menggunakan tipe desain yang minimalis modern sudah banyak beredar di dunia maya. Bisa diartikan ketinggalan zaman kalau dibilang baru kenal sekarang, sebab model hunian akan selalu berkembang sesuai dengan permintaan. Model dan kreativitas ketika mendesain rumah sudah berkembang pesat, terlebih untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman seperti misalnya lahan yang semakin mahal dan sulit dijangkau. Tren inilah yang kemudian juga meluas ke wilayah pedesaan menggunakan tema bangunan minimalis, tetapi nyaman dipandang tentu tetap menyedot pandangan orang yang melihatnya. Terlebih pengusaha juga selalu melirik desain itu.



Menjadi Pekerjaan rumah yang luar biasa agar desain rumah minimalis modern pada lokasi yang sempit ini memiliki ruangan yang mencukupi. Misalnya keperluan akan tempat untuk tidur. Sebuah keluarga yang memiliki 2 anak remaja yang mulai menginjak dewasa maka sudah akan membutuhkan 2 kamar tidur sendiri. Terlebih kalau mempunyai banyak keturunan dan mempunyai jenis kelamin yang berbeda maka telah seharusnya tempat tidurnya harus dibedakan.











Ingin Punya Anda Bangun Tiap Pagi?
Bisa!!!
Promo Gratis Ongkir!!!




Jadi, kalau banyak kamar tidur maka desain rumah yang memiliki lebih tempat tidurlah yang kamu butuhkan bukan? Imbasnya kamar yang lain akan semakin sempit.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
Untuk pasangan baru dua ruangan tidur di rumah tentunya aman aman saja. Karena anak masih dapat ditaruh atau ditempatkan pada satu kamar. Namun akan mulai harus dipikirkan saat anak sudah beranjak dewasa dan diperlukan kamar pribadi sendiri. Ditambah kondisi tak tercover seperti kedatangan keluarga dan bertujuan numpang sebentar maka mempunyai 3 buah ruangan untuk tidur jadi pilihan yang cocok untuk hunian.

Membuat 3 kamar tidur tidaklah berarti kamu harus memperkecil tempat tamu atau dapur yang sangat sempit. Kamu hanya memerlukan perencanaan yang pas supaya ruangan bisa ditata dengan apik. Berikut ini adalah beberapa contoh modelnya.

1. Denah rumah minimalis type 36.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
2. Denah rumah 3 kamar ukuran 7×9.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
3. Kamar tidur utama dan 2 kamar tidur anak,
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
4. Denah rumah minimalis bergaya zen,
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
5. Light and fun, denah rumah minimalis ini membawa nuansa yang lembut.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
6. Denah rumah kecil 1 lantai dengan 3 kamar tidur, bisa diakali dengan menggabungkan ruang keluarga, ruang makan, dan dapur pada satu ruang besar.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
7. Denah rumah minimalis dengan perpaduan warna putih dan lime / biru dengan orange,
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
8. Denah rumah minimalis dengan eksterior bata merah,
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
9. Rumah mungil dengan 3 kamar tidur
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
10. Desain rumah keluarga dengan 2 anak.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
11.  Denah rumah lantai pertama, dapat anda pakai kalau anda ingin membangun rumah bersusun nantinya.

12. Denah rumah dengan desain kamar serupa.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
13. Rumah 3 kamar dengan garasi.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
14. Rooftop di atas rumah.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
15. Denah rumah modern minimalis dengan lapisan lantai marmer glossy dan pintu transparan di setiap ruang.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
16. Teras kecil di setiap kamar pasti diimpikan banyak orang.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
17. Denah rumah minimalis dengan 2 teras.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
Ingatlah Ini Saat Mendesain Denah Rumah

Mungkin anda belum meyakinkan pilihan yang pas untuk rumah minimalis di atas. Tak ada salahnya ingatlah hal berikut ini. Karena pengambilan keputusan yang kamu buat akan menentukan karakter yang menjadi cerminan diri anda.

1. Gaya rumah
Menentukan gaya rumah sebagai acuan, karena semua hal diawali dari perencanaan anda. Pekerja hanyalah mengerjakan imajinasi yang kamu inginkan mengikuti dengan petunjuk saja. Namun dapat jadi mereka akan tidak memahami ketika anda tidak tepat dalam penentuannya. Kalau anda menginginkan rumah dengan gaya mediteranian misalnya, maka pilihlah desain yang pas untuk rumah mediteranian. Sebaliknya kalau kamu menginginkan desain rumah minimalis modern maka pilihlah desain yang tepat dan harmoni dengan gaya rumah kamu.

2. Banyaknya kamar tidur
Kamar untuk istirahat adalah sesuatu utama  yang harus diperhatikan. Sebab ruang tidur ini menjadi pusat dari suatu hunian. Sesuaikan berapa banyak yang kamu perlukan, selain untuk anggota keluarga juga untuk tamu misalnya. Tidak jarang jika kerabat diharuskan datang dan menginap di rumah kita. Walaupun tidak setiap hari, tetapi menyediakan tempat untuk kerabat ketika menginap adalah sesuatu yang penting.

3. Satu tingkat atau dua tingkat?
Lebih pusing membangun satu tingkat atau dua tingkat. Kalau membangun rumah dua tingkat mungkin kamu bisa berkreasi sendiri untuk penataan ruang. Namun, kalau yang dibangun adalah rumah satu tingkat ada baiknya melibatkan ahli dalam penataan ruang agar tertata dengan tetap sesuai dengan kebutuhan. Jika membangun 2 tingkat maka kamu bisa memiliki lebih banyak ruang untuk ruang tidur misalnya.

4. Memiliki kamar tidur utama
Hunian yang mempunyai kamar tidur utama mempunyai nilai plus tersendiri. Seolah olah kamar utama akan menjadi tempat yang sangat mewah. Jadi kemungkinan anda bisa memasukkan nilai rumah anda dengan adanya desain floor plan rumah minimalis yang mempunyai kamar tidur utama.

5. Ruangan bonus
Tak hanya tempat tidur utama, guna menambah nilai tambah yaitu ruangan tambahan. Seperti kamar untuk mencuci atau hanya untuk bersantai bareng keluarga. Ruangan ini kudu diperhatikan betul kalau ingin membangunnya apakah memang anda memerlukannya atau hanya untuk hal yang akhirnya tidak kamu sukai. Atau kamu membuat tempat untuk menikmati hidup, tetapi rela menghilangkan ruangan yang primer.

6. Banyaknya kamar mandi
Kamar mandi adalah gambaran dari sebuah rumah. Melihat hitungan jawa, kemewahan dan pribadi pemilik rumah digambarkan dari mbale dan jumbleng (kamar mandi). Maka ngga heran jika orang jawa membuat mbale yang terlihat luas. Sedangkan untuk kamar mandi sendiri anda dapat mengakalinya dengan banyaknya jumlah kamar mandi. Contohnya 2 ruang. Mempunyai 2 kamar mandi maka untuk ketika terdesak anda tidak kudu mengantre di kamar mandi terlalu lama. Lokasi yang strategis juga menjadi kuncinya misalnya di dekat kamar tidur.

7. Fungsionalitas
Situasional ketika merancang ruangan disesuaikan dengan keperluan. Jumlah lokasi extra dan ruangan yang perlu ada juga harus dipertimbangkan. Adalah penting ketika anda menginginkan memiliki ruangan yaitu penempatan ruangan itu haruslah selaras supaya bisa jadi fungsional. Contoh simpelnya seperti meletakkan meja makan dengan dapur. Jika meja makan diletakkan terlalu jauh dengan dapur pastinya hasilnya kurang chic. Begitu juga kalau kamar mandi satu diletakkan di kamar tidur. Sudah dipastikan banyak warga lain yang akan mandi di situ juga.

Ciri Khas Rumah Minimalis Sederhana dan Rumah Minimalis Modern

Walaupun mirip, ternyata konsep rumah minimalis sederhana berbeda tipis dengan konsep rumah minimalis modern.

Ciri Ciri Rumah Minimalis Modern
1. Bentuk dan Fungsi yang Bertemakan Filosofi kenyamanan
Rumah minimalis mempunyai rencana penataan ruangan yang sederhana, mudah ditata, dan sangat sesuai dengan keperluan kita.
Ciri khas denah rumah yang bertemakan minimalis yaitu:

Tampilan yang dibikin sesimple mungkin
Memakai Denah dengan lantai terbuka
Interior dinding yang tertata rapi
Ruang penyimpanan sederhana tertata dengan pas
Mengutamakan pada looking good
Cahaya yang terkesan tidak dibuat buat

Untuk merancang rumah minimalis, desain dibuat dari dalam kemudian tampilan luar menyesuaikan bagian dalam, lantas dibentuk luarnya.

2. View Cladding dan Finishing Dinding yang simple
Cladding dapat menjadi cerminan karakter paling identik untuk bangunan yang bertemakan minimalis. Gaya yang terkesan bisa menjadikan hunian terasa lebih asyik saat dilihat.

Menambah kesan alami dan pemilihan warna yang pas menjadikan Cladding dapat selalu menjadi pilihan saat membangun rumah minimalis modern.

Berbagai macam bahan untuk pembuatan cladding. Pertimbangan utamanya tentu pasti yaitu hunian yang dibuat dengan patokan keluwesan bangunan itu sendiri.

Ada yang mengatakan cladding ini yaitu 'siding’. Pemakaian kata siding ini terkenal untuk wilayah Amerika Selatan, kalau cladding lebih populer untuk wilayah Eropa dan Australia. Untuk beberapa daerah yang menyebutnya dengan sebutan berbeda lagi yaitu weatherboard.

3. Kamar yang Terkesan Lapang, Terbuka, dan Dipenuhi Cahaya
Mengedepankan konsep cahaya natural yang bisa masuk ke kamar. Cahaya matahari merupakan pencahayaan alami dan paling tepat untuk kehidupan manusia. Saat diorganisir dengan tepat maka tergambar suasana indah yang dapat kamu buat. Diawali dari perpaduan warna pelangi di dinding, kamar yang tertata, detail yang terlihat modern dan artistik dan mungkin kamu bisa membuat nuansa baru menggunakan warna.

Sinar mentari yang menerangi bagian dalam akan menciptakan nuansa nyaman yang sangat cocok untuk kesehatan. Bisa menjadikan kamu lebih tenang saat terpapar cahaya matahari dibandingkan memandang cahaya komputer kan?



4. Detailing Sederhana tanpa menggunakan Dekorasi
Rumah minimalis modern mengedepankan hal terkecil yang indah dibandingkan model perabotannya. Misalnya kabinet tanpa gagang pintu, atau perabotan yang lain akan membuat kesan yang lebih "langsam" dirasakan. Barulah saat mencari tahu "ini apa?" barulah Ketemu jawabannya.
Baca :
Desain Rak TV Cocok di semua Bagian Rumah Anda
Misalnya lemari dengan bahan kayu akan membuat kesan natural dan hangat. Atau misalkan untuk tampilan jendela juga bisa memberikan kesan yang fresh.
Untuk tampilan luar, kamu bisa memilih fasad dengan pemandangan jendela yang minimalis ini menciptakan kesan eksterior rumah yang elegan.

5. Memilih bahan sesuai dengan selera dan menggambarkan model rumah minimalis modern
Kamu bisa berkreasi menggabungkan beton yang dibentuk seperti papan kayu. Atau mengkombinasikan bahan yang kamu senangi untuk menggambarkannya. Buatlah ciri khas dari bangunan dengan material simple namun memiliki kesan yang rapi dan viewable.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel