Mengenal Konsep Rumah Islami di Indonesia

Mengenal Konsep Rumah Islami di IndonesiaFoto: Rengga Sancaya
Jakarta - Maraknya pembangunan properti lantas membuat para developer mulai 'putar otak' menciptakan hunian yang berbeda. Konsep islami ialah salah satu wujudnya. Hunian yang melandaskan prinsip dan aturan Islam semakin ramai diciptakan bagi masyarakat, terutama di kota-kota besar menyerupai Jabodetabek.

Konsep rumah Islami memang memiliki pangsa pasar tersendiri. Masyarakat yang boleh tinggal di hunian ini diajarkan untuk menanamkan nilai-nilai Islam dan mengamalkan apa yang diajarkan agama Islam. Hal ini terlihat dari sisi arsitektur ataupun kegiatan lingkungan di dalamnya.

Bangunan yang diciptakan pun mengusung dan menonjolkan nilai-nilai Islam. Terlihat dari bentuk bangunan, transaksi jual beli rumah dan sebagainya. Hal positif yang akan tampak eksklusif dari hunian Islami ialah penggunaan kaligrafi pada dinding, peletakan musala di rumah serta tersedianya keran khusus untuk wudhu. Posisi dan tata letak ruangan serta furnitur yang mengikuti aturan agama juga menjadi ciri khas rumah Islami.

Pemilik rumah dengan konsep Islami biasanya membuat ruangan dan bentuk rumah yang mampu menjaga aurat setiap penghuni di dalamnya. Adapun penempatan kloset kamar mandi tidak dibuat mengarah ke kiblat ataupun membelakanginya. Furnitur yang digunakan pun tidak berlebihan dan sederhana.

Selain itu, dalam lingkungan perumahan, hal yang terlihat ialah adanya Taman Pendidikan Al-Quran (TPA), musala atau masjid meski didukung oleh akomodasi lainnya menyerupai bak renang atau arena olahraga. Jika pun ada penempatan akomodasi bak renang, biasanya akan ada pembatas antara bak renang untuk pria dan wanita ataupun penggantian waktu penggunaan kolam.

Lingkungan perumahan Islami biasanya menerapkan sistem salat berjamaah dan melaksanakan beberapa kegiatan keagamaan lainnya menyerupai pengajian. Biasanya juga, perumahan dengan konsep ini melarang penghuninya untuk merokok di area perumahan.

(sumber: Rumahku.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel