11 Cara Menabung Untuk Membeli Rumah

Ketika membahas ihwal cara menabung untuk membeli rumah dan cara membeli rumah itu sendiri , sebagian orang menganggapnya sesuatu yang cukup besar. 

Harus diakui transaksi jual beli rumah mampu dikatakan merupakan pengalaman finansial yang cukup penting. 

Untuk itu kami coba berikan checklist tips cara menabung untuk membeli rumah.



Tips. Buatlah list apa saja yang mampu Anda lakukan biar dapat menabung. Kemudian fokus kepada 3 atau 5 poin list yang dibuat.


1. Tujuan Menabung

Milikilah tujuan sebelum Anda menabung. Terlebih jikalau Anda belum terbiasa menabung. Dengan adanya tujuan , kita mirip memiliki kompas.

Secara finansial akan lebih terarah. Secara psikologi lebih memudahkan untuk mengatur perencanaan keuangan.

Tulis dan tempelkan pada daerah yang mudah dilihat.

2. Nominal Uang

Tips cara menabung membeli rumahHitunglah income Anda. Lalu perkirakan berapa uang yang mampu dan harus mampu disisihkan. Menabung dengan nominal kecilpun bergotong-royong tidak masalah.

Ketika Anda sudah terbiasa menabung dengan nominal kecil , akan mudah menambah nominal yang lebih besar.

Utamakan tabungan. Jangan menabung dari sisa uang yang ada. Menabunglah terlebih dahulu setiap bulan , barulah sisanya digunakan untuk kepentingan lain.

3. Target

Buatlah target tabungan. Apakah itu target harian , mingguan , atau bulanan. Tergantung kepada kondisi yang paling memungkinkan.

Jika tidak memenuhi target yang seharusnya , hukumlah diri Anda sendiri. Misalnya dengan tidak membelanjakan sesuatu yang biasanya Anda lakukan.

4. Lunasi Hutang

Bila Anda memiliki hutang , sekecil apapun , lunasilah. Hutang dapat membuat jiwa Anda tertekan.

Jika hutang sudah lunas , jangan sekali-kali berhutang lagi. Hal ini dilakukan biar pikiran Anda hanya fokus terhadap tabungan. Bukan yang lain.

5. Menabung Dalam Bentuk Emas

Tidak mirip uang , emas merupakan komiditi yang tidak tergerus inflasi. Kapanpun dimanapun , harga emas mengikuti inflasi , bahkan lebih tinggi dari itu.

Sehingga nilai emas bila diuangkan akan selalu mengalami kenaikan. Carilah isu akurat ihwal bagaimana menabung/investasi emas. Cari tahu juga apa saja kelemahan-kelemahan investasi emas.

6. Untuk Apa Saja Sebenarnya Uang Anda

Perhatikan dengan seksama. Apakah ada pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting? Banyak orang yang seringkali mengalokasikan dana untuk hal-hal yang dianggapnya kecil.

Padahal pengeluaran-pengeluaran kecil itu mampu jadi yang menguras isi dompet. Misalnya pengeluaran untuk makan di luar rumah. Apakah makan di luar benar-benar tidak mampu ditinggalkan?

7. Hemat

Bagaimanapun keadaannya , pasti ada cara untuk berhemat. Penghematan dapat dilakukan dengan mengurangi jumlah konsumsi , menurunkan kelas konsumi , ataupun menghilangkan jenis konsumsi.

Meskipun jumlah uang yang dihemat sangat sedikit , akan sangat berarti bagi tabungan Anda. Hargai uang Anda.

8. The Power of 20

Ini juga merupakan cara menabung untuk membeli rumah yang cukup efektif. Setiap ada lembaran 20.000 , pribadi sisihkan dan tempatkan di daerah tertentu.

Di selesai bulan , uang dengan pecahan 20.000 ini ditabungkan. Anda mampu menentunkan berapa nominal yang harus disisikan untuk menabung. Mungkin 10.000 atau 50.000.

9. Belanja Efektif

Buatlah daftar belanja untuk mingguan atau bulanan. Catat kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi. Cara ini membuat Anda mengetahui seberapa besar pengeluaran untuk konsumsi rumah tangga.

Berbelanja-lah sesuai dengan daftar tersebut. Jangan belanja sebab harapan sesaat.

10. Tabungan Dalam Bentuk Rumah

Sediakan pula tabungan/celengan dalam bentuk rumah. Bayangkan setiap adegan rumah tersebut sedang dibangun setiap kali Anda menaruh uang ke dalamnya.

11. Partisipasi Anggota Keluarga

Jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak , buat mereka untuk berpartisipasi. Ada banyak cara , misalnya dengan menyediakan tabungan/celengan di rumah.

Masing-masing anggota keluarga memiliki satu. Setiap ada recehan ataupun berapapun , ditabungkan ke dalamnya.

Hal ini untuk membangkitkan gairah bahwa Anda semua membutuhkan rumah. Dan itu ialah salah satu bentuk doa kita.

Itulah beberapa cara menabung untuk membeli rumah yang saya kumpulkan dari banyak sekali sumber..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel