Cara Membuat Rumah Bernafas Agar Terasa Sejuk

Atap Rumah
Masalah panas dan pengap merupakan salah satu perkara yang kerap kali menghinggapi rumah-rumah mungil. Apalagi rumah yang berada di daerah beriklim tropis menyerupai di Indonesia ini, masalah cuaca panas bukanlah merupakan hal yang baru.

Kesalahan desain dalam membangun rumah mungil ialah terletak pada dilema sirkulasi udara. Nah, salah satu cara untuk menciptakan rumah sejuk dan nyaman ialah dengan membiarkan rumah tetap "bernafas".

Rumah juga memerlukan untuk bernafas menyerupai halnya manusia. Rumah perlu mengeluarkan udara panas yang ada di dalam ruangan ke area luar untuk selanjutnya mengganti udara tersebut dengan udara yang baru. Sistem menyerupai ini ialah menyerupai insan dikala bernafas.

Udara itu mempunyai sifat bergerak dari tempat yang lebih cuek menuju tempat yang lebih panas. Hal ini berarti bahwa dikala udara memasuki rumah lewat jendela atau pintu, maka ia akan mencari tempat yang bersuhu panas, yaitu plafon.

Nah, ketika udara panas ini berkumpul di area plafon, maka udara ini memerlukan media untuk keluar ruangan. Oleh alasannya itu, solusi aktif untuk membuang udara tersebut ialah dengan menunjukkan lubang udara di area atap.

Menciptakan kesan sejuk di rumah bahwasanya sudah dapat dilakukan hanya dengan mengandalkan sifat udara saja. Celah atau lubang di area atap yang dibuat bertujuan supaya udara yang mengumpul di langit-langit mampu keluar dengan leluasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel