Cara Menanam Tanaman Rambat untuk Pagar

Cara Menanam Tanaman Rambat untuk Pagar
Tanaman rambat merupakan jenis tumbuhan favorit yang dipakai untuk menghias bab luar rumah. Biasanya, tanaman rambat ini digunakan pada kanopi dan pergola. Kalau untuk pagar, ada beberapa macam tanaman rambat yang dapat dipakai sebagai penutup.

Tanaman rambat yang biasanya menjadi pilihan sebagai penutup pagar yaitu tanaman yang mempunyai bunga cantik. Contoh dari tanaman tersebut yaitu alamanda, air mata pengantin, dan melati belanda. Tanaman rambat ini cocok ditanam pada kawasan panas.

Tanaman rambat memiliki masa berbunga yang berbeda-beda. Beberapa teladan tanaman rambat yang rajin berbunga yaitu alamanda dan air mata pengantin. Seberapa sering bunga muncul ditentukan oleh kondisi cuaca dan iklim. Saat tanaman 'malas' untuk berbunga, disarankan untuk menyiram secara rutin dan menawarkan pupuk jenis NPK pada tanaman supaya berbungan dengan lebih rutin. Pupuk NPK diberikan paling tidak satu bulan sekali.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menanam tanaman rambat sebagai penutup pagar. Bila pagar yang dipunyai berukuran besar, maka disarankan untuk memakai tanaman rambat yang berdaun lebar, ibarat alamanda dan tanaman passiflora. Namun, jikalau pagar berukuran kecil, maka gunakan jenis tanaman rambat dengan daun dan bunga yang kecil, ibarat air mata pengantin dan melati belanda. Tujuan dari hal ini yaitu untuk membuat tampilan menjadi lebih seimbang sehingga pagar terlihat cantik.

Cara Menanam Tanaman Rambat

  1. Berikut ini yaitu langkah-langkah yang mesti dilakukan untuk menanam tanaman rambat.
  2. Tanah yang akan ditanami tanaman rambat harus dibersihkan terlebih dahulu.
  3. Lapisi tanah dengan tanah merah yang sudah dicampur dengan pupuk sangkar bila memang dibutuhkan.
  4. Perhatikan karakteristik tanaman rambat yang akan ditanam sebelum menanam tanaman. Tanaman rambat ibarat daun dolar, akarnya dapat menempel di dinding maka tidak membutuhkan referensi suplemen untuk merambat, Sementara tanaman rambat lain ibarat alamanda dan morning glory mesti dililitkan pada pagar atau kawat supaya tanaman ini akan melilit pagar sesuai dengan cita-cita dikala tumbuh. Diperlukan 2 - 3 polybag tanaman rambat yang ditanam untuk jarak setiap 1 meter.
  5. Jangan lupa menyiram sesudah tanaman simpulan ditanam. Berikutnya, lakukan perawatan yang sempurna supaya tanaman dapat tumbuh dengan maksimal.

Cara Membuat Tanaman Rambat Tumbuh dengan Baik

  • Pilih tanaman sesuai dengan keperluan. Pasalnya, setiap tanaman rambat memiliki huruf tersendiri.
  • Sebaiknya lakukan penanaman bibit pada demam isu hujan bila tanaman rambat ditempatkan pada area yang terbuka.
  • Tanaman rambat amat menyukai sinar matahari penuh. Oleh alasannya itu, letakkan tanaman ini di tempat yang terkena sinar matahari.
  • Buat pengikatan tanaman pada rambatan. Gunanya yaitu untuk mengatur bentuk dan arah tanaman sesuai dengan kemauan.
  • Lakukan pemangkasan secara berkala. Pangkas tanaman rambat dengan teknik pangkas samping, yakni memotong bab samping, bukan pada bab yang utama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel