Cara Tepat Membersihkan Kasur dari Tungau

Cara Tepat Membersihkan Kasur dari TungauFungsi dari seprai yaitu untuk menutupi noda-noda yang terdapat pada kasur. Tetapi, mengganti seprai dengan rutin tidaklah cukup untuk menghalau aneka kuman dan basil di kasur. Mengapa demikian? Karena masalahnya terletak pada kasur itu sendiri bukan pada seprainya.

Para tungau mampu bersemayam pada kasur yang tidak pernah dibersihkan. Jika terlalu lama dibiarkan, maka akan mengancam kesehatan Anda dan keluarga. Oleh karena itu, perhatikan kebersihan kasur yang ada di rumah Anda. Kebiasaan menjemur kasur di bawah sinar matahari tidak dianjurkan. Pasalnya, hal ini malah akan menambah jumlah kuman dan basil pada kasur.

Di samping itu, kebiasaan menepuk-nepuk kasur kalau Anda berniat untuk membersihkan kasur dari bubuk juga perlu dihentikan. Hal ini dikarenakan bubuk yang tadinya akan "diusir" justru akan jatuh kembali dan menempel di kasur. Lalu, bagaimana cara yang sempurna untuk membersihkan kasur dari tungau? Simak beberapa tips yang mampu dilakukan di bawah ini.

Mencuci Semua Perlengkapan Tidur
Cuci semua perlengkapan tidur Anda, mulai dari seprai, sarung bantal, sarung guling, hingga boneka. Cuci dengan memakai air panas dan lakukan secara berkala.

Pakai Seprai Berbahan Katun
Jenis seprai ini baik untuk menyerap keringat sehingga kasur tetap bersih. Jangan lupa untuk mengganti seprai setiap 2 ahad sekali. Hindari makan atau minum di atas daerah tidur karena akan melahirkan kuman-kuman pada daerah tidur.

Rendam Bedcover di dalam Air Hangat
Bedcover akan mengandung bubuk dan tungau kalau lama tidak dicuci. Rendam bedcover di dalam air hangat selama 15 hingga 20 menit. Ganti air rendaman dan tambahkan detergen.

Gunakan Vacuum Cleaner
Cara efektif lainnya yaitu dengan memakai penyedot bubuk atau vacuum cleaner. Debu dan kotoran yang menempel di kasur mampu tersedot habis dengan menggunakan peralatan rumah tangga yang satu ini.

Ganti Bantal dan Selimut yang Sudah Lama
Buanglah bantal yang telah berumur 6 bulan hingga 2 tahun. Bantal dan selimut yang sudah lama dipakai menyimpan banyak tungau dan tidak mampu dibersihkan dengan cara mencuci biasa maka mesti diganti dengan yang baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel