Tips Membersihkan Sofa untuk Menghilangkan Tungau dan Debu

Tips Membersihkan Sofa untuk Menghilangkan Tungau dan DebuKebersihan sofa kadang terabaikan oleh penghuni rumah dikala sedang bersantai di sofa untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Apakah Anda merasa yakin bahwa sofa yang diduduki itu bersih tanpa adanya tungau dan debu?

Kemungkinan besar kotoran atau debu di dalam sofa telah amat tebal walaupun sofa tersebut nampak bersih-bersih saja. Kenyataannya yaitu sofa termasuk furnitur yang rentan sekali kotor oleh debu atau noda. Bahkan, tungau juga dapat masuk ke dalam serat materi pelapis jok sofa tanpa disadari.

Nah, jagalah kebersihan sofa di rumah untuk menghilangkan tungau dan debu. Ada beberapa macam materi pelapis sofa, di antaranya yaitu katun, linen, polyester, atau kulit. Oleh karena itu, membersihkan sofa mempunyai trik tersendiri bergantung pada materi pelapis tersebut.

Masukkan materi pelapis sofa ke dalam mesin basuh atau di-dry clean. Jangan lupa juga untuk memerhatikan isyarat pada label materi pelapis biar tidak merusak materi pelapis sofa tersebut. Jika pelapis sofa tidak dapat dilepas, maka Anda mampu mencoba tips membersihkan sofa berikut ini.

Bersihkan Pelapis Sofa
Gunakan sikat berbulu untuk membersihkan pelapis sofa dari kotoran yang melekat. Dahulukan untuk membersihkan area sofa yang paling rentan terkena kotoran, yakni sandaran kepala dan sandaran lengan.

Pakai Vacuum Cleaner
Pakai vacuum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran sebanyak mungkin yang menyelinap lewat sela-sela pelapis.

Jangan Pakai Air Terlalu Banyak
Jangan memakai air terlalu banyak dalam mencuci pelapis sofa karena mampu merusak materi tersebut.

Angin-anginkan Pelapis Sofa
Untuk mengeringkan pelapis sofa, caranya yaitu cukup dengan mengangin-anginkan di dalam ruangan dengan membuka jendela rumah.

Tips Membersihkan Pelapis Sofa Berbahan Kulit

Cara membersihkan pelapis sofa berbahan kulit tidak sama dengan pelapis sofa dengan material lainnya. Hindari pemakaian air untuk pelapis sofa jenis ini lantaran dapat merusak materialnya. Cara yang terbaik yaitu dengan uap atau steam cleaning, dibantu dengan cairan pembersih khusus, menyerupai saddle soap (sabun khusus untuk materi kulit). Hal ini memiliki kegunaan untuk melembapkan kulit pelapis sofa dan mencegah kulit pelapis menjadi pecah-pecah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel