Cara Mencegah dan Mengatasi Air Kolam Ikan Meluap

Cara Mencegah dan Mengatasi Air Kolam Ikan MeluapAir kolam ikan meluap dapat menyebabkan terjadinya air menggenang dan becek. Air yang menggenang ini merupakan peristiwa mengesalkan yang sering kali terjadi ketika demam isu hujan tiba. Air yang tergenang dapat menjadikan celaka, mendatangkan penyakit, serta membuat tampilan rumah menjadi kotor sehingga tidak menarik.

Air hujan yang memasuki kolam ikan secara terus-menerus dapat menjadikan kolam tidak sanggup untuk menampung air. Hal ini menjadikan kelebihan air sehingga air tersebut mampu meluap ke luar kolam.

Terjadinya genangan air akhir meluapnya air kolam ikan ini tentu akan merepotkan. Terlebih lagi jikalau area genangan air tersebut merupakan adegan dari susukan utama yang kira lewati ketika akan masuk atau keluar rumah.

Nah, berikut ini ialah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah air kolam ikan meluap.

  • Periksa saluran air semoga tidak tersumbat oleh sampah atau benda-benda yang mampu menyebabkan kolam ikan meluap.
  • Cek juga keadaan filter atau pompa dan usahakan supaya tidak terjadi disfungsi atau ada kerusakan.
  • Supaya masih ada daerah untuk masuknya air hujan, maka isi kolam dengan cuma ½ atau ¾ penuh saja selama demam isu hujan berlangsung.

Kalau air kolam ikan sudah terlanjur meluap, berikut ini cara darurat yang mampu dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

  • Segera menguras kolam untuk menghentikan luapan air.
  • Tambahkan cerukan atau lubang pada bibir kolam sehingga air dapat keluar sebelum sempat meluber. Nah, semoga ikan dan tanaman air tidak ikut terbawa keluar kolam, lapisi cerukan tersebut dengan kain kasa.

Sedangkan untuk solusi ideal dalam rangka mengatasi air kolam ikan meluap, Sobat mampu mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Bibir atau tepian kolam ditinggikan dengan beton. Supaya tidak terkesan menyerupai bak, Sobat mampu mengaplikasikan elemen yang menarik di atasnya atau mampu juga dengan meletakkan pot-pot tanaman di pinggir kolam.
  • Cerukan atau lubang di bibir kolam diperbesar. Tambahkan saluran sederhana berupa paralon yang dipasang di ceruk tersebut. Hal ini bertujuan untuk mendukung pemikiran air menuju ke selokan atau saluran pembuangan secara langsung. Upayakan semoga pipa eksklusif bermuara ke saluran pembuangan. Sobat juga dapat mengganti pipa tersebut dengan bambu yang memiliki tampilan lebih menarik.
  • Lubang kebocoran ditambal dengan lem jenis epoxy yang bisaa diaplikasikan pada permukaan lembap dan terendam oleh air.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel