Cara Mengatasi Genting Rumah yang Melorot

Cara Mengatasi Genting Rumah yang MelorotGenting melorot merupakan salah satu hal yang mampu menjadi sumber kebocoran ketika animo hujan. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan genting rumah melorot. Sebab yang pertama ialah terlalu miringnya kemiringan atap yaitu di atas 40°. Hal ini mampu menyebabkan genting terlepas dari dudukan reng.

Hal ke-dua yang mampu menyebabkan genting melorot ialah pemasangan genting yang dikerjakan secara sembarangan atau asal-asalan. Ketika terjadi hujan deras atau angin kencang, biasanya akan mengakibatkan getaran. Nah, getaran ini dapat menyebabkan genting melorot dari dudukan reng.

Penyebab ke-tiga dari melorotnya genting ini ialah rangka atap yang telah berusia bau tanah atau dimakan oleh rayap. Hal ini juga mampu menyebabkan reng lokasi dudukan genting menjadi patah. Untuk mengatasi dilema genting melorot ini, kita mampu melaksanakan pencegahan, serta solusi darurat dan solusi idealnya.

PENCEGAHAN

Menjelang awal animo hujan, lakukan pemeriksaan genting secara terencana untuk pencegahan genting melorot ini. Pemeriksaan ini mampu berupa pengecekan terhadap semua hal yang berada di atap. Selain itu, kondisi struktur atap juga harus dicek secara rutin. Hal ini penting sekali untuk rumah yang sudah bangun di atas 3 tahun.

Waktu yang ideal untuk melaksanakan pencegahan genting melorot ini ialah sesaat sesudah selesainya pemasangan genting. Hal ini memiliki kegunaan untuk memastikan bahwa seluruh genting telah terpasang dengan tepat di dudukan. Kalau sudah begini, maka kemungkinan genting akan melorot menjadi kecil.

SOLUSI DARURAT

Genting yang melorot tentu menyebabkan kebocoran ketika hujan turun. Bila banyaknya air yang masuk ke dalam rumah terbilang besar, maka atap harus segera ditutup dengan terpal supaya air tidak dapat mengalir masuk ke dalam rumah. Jika cara ini tidak mampu dilakukan, maka segera jebol plafon searah titik jatuhnya air supaya air eksklusif turun ke dalam ruangan. Setelah itu, tadahi air dengan ember.

Penjebolan plafon ini memang merusak sebagian area plafon, namun hal ini merupakan langkah yang terbaik untuk mencegah air merembes ke adegan palfon lainnya.

Sementara kalau volume air yang masuk terbilang masih kecil, maka hal ini dapat diperbaiki sesudah hujan berhenti turun. Hal yang tidak boleh dilupakan ialah mengelap adegan atas plafon supaya tidak ada genangan air di plafon yang mampu membuat plafon rusak.

SOLUSI IDEAL

Selain solusi darurat, ada solusi ideal untuk mengatasi dilema genting melorot ini. Apakah itu? Jika konstruksi atap yang dimiliki tidak ideal, maka hal mampu ditata ulang kemiringan atapnya atau dengan kata lain membongkar total sehingga kemiringan atap ideal sesuai dengan jenis penutup atap atau genting yang digunakan.

Bila rancangan arsitektural rumah mewajibkan kemiringan atap dibuat lebih dari 40°, maka pilihlah genting yang sudah dilengkapi dengan lubang paku untuk mengunci kedudukan genting biar tidak melorot.

Itulah beberapa hal yang mampu dilakukan dalam mengatasi dilema kebocoran yang disebakan oleh genting yang melorot. Semoga gosip ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel