Cara Mengatasi Genting Pecah di Rumah

Cara Mengatasi Genting PecahSalah satu faktor penyebab adanya kebocoran di rumah ketika ekspresi dominan hujan yakni genting pecah. Ada beberapa faktor yang menimbulkan terjadinya genting pecah ini. Namun, genting pecah ini paling banyak dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekitar.

Genting pecah mampu disebabkan karena kejatuhan buah-buahan yang berukuran besar dan bobotnya cukup berat. Kejatuhan batang pohon juga dapat menimbulkan genting pecah. Di samping itu, peluang terjadinya genting pecah juga dapat dipengaruhi faktor umur genting yang sudah bau tanah dan kekuatan genting itu sendiri.

PENCEGAHAN

Nah, untuk mencegah terjadinya genting pecah ini, ada beberapa hal yang mampu kita lakukan. Bila kita mempunyai pohon buah atau pohon kayu besar yang ada di sekitar rumah, sebaiknya kita memeriksa keadaan pohon kayu dan buah tersebut. Segera potong batang yang nampak sudah meranggas dan singkirkan dari pohon tersebut.

Selain itu, kita juga mampu mengurangi batang pohon yang tumbuh sempurna di atas genting untuk mengurangi risiko batang pohon yang ada kemungkinan tumbang dan menimpa atap rumah kita.

Memang ada beberapa jenis pohon buah yang gotong royong masih aman-aman saja jikalau berada di atas atap rumah. Namun, untuk pohon yang mempunyai buah bervolume besar, menyerupai nangka, durian, mangga, atau pepaya, sebaiknya pangkas batang yang mengarah ke atas atap rumah.

SOLUSI DARURAT

Untuk mengatasi persoalan genting pecah ini secara darurat, penanganannya yakni sama dengan genting melorot. Baca: Cara Mengatasi Genting Rumah yang Melorot.

SOLUSI IDEAL

Genting yang pecah sudah barang tentu harus diganti dengan genting gres sesaat sesudah hujan berhenti turun. Namun, jangan mengganti genting jikalau atap rumah masih berair karena kondisinya yang masih licin sehingga mampu membahayakan diri.

Untuk genting yang mengalami retak saja, ada beberapa penanganan yang mampu kita lakukan. Bila retak yang ada pada genting tidak terlalu besar, maka hal ini dapat diatasi dengan melapisi waterproofing. Pakai waterproofing dengan serat fiber. Serat fiber ini dipotong sesuai ukuran pada bidang genting, kemudian olesi dengan larutan waterproofing.

Lakukan hal di atas sesudah genting mengering atau dengan kata lain sudah tidak ada lagi air hujan yang tersisa di genting. Sobat wajib menutup area ini dengan terpal biar tambalannya tidak terlepas.

Sedangkan seandainya keretakan genting cukup besar, maka solusi untuk mengatasi persoalan menyerupai ini yakni sebaiknya mengganti genting yang retak tersebut dengan genting yang baru.

Solusi lainnya yakni dengan memberi lembaran pelapis antibocor dari plastik atau sejenisnya pada adegan bawah genting. Lapisan plastik ini berkhasiat untuk menahan air dan mengalirkannya ke bawah menuju talang air.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel