Cara Mencegah dan Mengatasi Bubungan Retak

Solusi Mengatasi Bubungan RetakBubungan retak mampu disebabkan oleh banyak hal. Masalah pertama yang dapat mengakibatkan bubungan retak ialah pembuatan karpus atau dudukan nok yang terlalu tinggi. Kondisi ibarat ini membuat permukaan karpusan rentan untuk terjadinya retak. Hal ke-dua penyebab bubungan retak ialah kurang baiknya komposisi adukan semen untuk memasang nok atau wuwungan.

Masalah ke-tiga penyebab retaknya bubungan ialah pemasangan nok atau wuwungan kurang baik. Terakhir yang mampu membuat bubukan retak yaitu nok atau wuwungan (terutama wuwungan genting beton) sudah berumur cukup lama. Hal ini membuat permukaannya mengalami retak dan penipisan.

PENCEGAHAN

Sebagai langkah untuk mencegah bubungan retak, maka idealnya pengecekan bubungan ini dilakukan sebanyak 2 kali dalam setahun, yakni pada final demam isu hujan atau di awal demam isu kemarau dan di final demam isu kemarau atau pada awal demam isu hujan. Pasalnya, pada masa ini perubahan suhu tengah tidak menentu dan mampu membuat wuwungan menjadi gampang retak.

Bila terjadi keretakan pada bubungan, maka area yang retak tersebut segera ditambal dengan memakai waterproofing tipe semen atau tambahkan sealent di antara retakannya.

SOLUSI DARURAT

Meskipun sumber bocor di area bubungan ini cenderung tidak besar dan cuma berupa tetesan saja, namun hal ini jangan disepelekan. Sebaiknya tutup area bubungan dengan segera menggunakan terpal bila kebocoran terjadi di episode rumah yang satu ini. Jika hal ini tidak memungkinkan untuk dilakukan, maka tunggulah sampai hujan berhenti turun, naik ke dalam plafon dan cari titik bocornya untuk mendeteksi sumber.

Area titik bocor ini biasanya terjadi di bubungan tidak lebih dari 50 cm ke arah kanan dan 50 cm ke arah kiri. Di samping itu, Sobat juga harus segera mengelap plafon. Nah, bila hujan sudah reda, Sobat mampu memberi lapisan area retak dengan sealent sebelum dilakukan perbaikan yang ideal.

SOLUSI IDEAL

Waktu yang ideal untuk melaksanakan pekerjaan ini ialah sesudah bubungan kering dari air hujan. Di samping itu, bubungan harus kering dan tidak terkena air selama 24 jam sesudah diperbaiki.

Langkah-langkah untuk melaksanakan perbaikan versi ideal dari bubungan retak ini ialah pertama ciping (ketrek) permukaan karpus yang retak selebar 10 mm dan kedalaman 20 mm. Kemudian, bersihkan dan oleskan cairan additive bonding agent. Ketika masih dalam kondisi basah, isi dengan mortar (campuran semen 1 episode ditambah 3 episode pasir ditambah air secukupnya ditambah waterproofing). Pakailah waterproofing yang memiliki kualitas bagus.

Bila tingkat kebocoran sudah terbilang parah sekali, maka adukan semen harus diganti dengan adukan semen yang lebih baik. Sedangkan kalau bubungan retak, maka ganti dengan yang baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel