Desain Rumah Sehat Untuk Hunian Modern

Rumah sehat yaitu rumah yang memberi efek positif terhadap penghuni dan fisik bangunan itu sendiri. Semua elemen dan infrastruktur yang berkaitan sudah memenuhi kebutuhan penghuni dan menawarkan efek kesehatan bagi yang berada dilingkungan rumah tersebut. Apakah rumah anda sudah termasuk kedalam rumah sehat?


Desain rumah sehat tidak selalu luas dan lega namun lebih kepada nilai estetika , kenyamanan dan pengaruhnya terhadap lingkungan. Indikasi rumah sehat tersebut bergotong-royong bukan suatu hal yang gres , dari petunjuk dasar desain bangunan juga sudah disinggung problem amdal yang mengatur setiap bangunan harus berdampak baik terhadap lingkungan atau tidak mengganggu keseimbangan tempat sekitar. Saat ini lebih dari itu , "amdal" tidak hanya untuk lingkungan namun juga ditujukan pada kenyamanan dan kesehatan penghuni. Bagaimana sebuah rumah menjadi adegan penting untuk kesehatan insan dengan demikian goalnya yaitu keluarga yang sehat dan berfikir positif. lalu bagaiman bangunan bisa menawarkan peranya ibarat itu? Semuanya didapat dari desain dan penempatan elemen yang baik. Berikut ini yang bisa dilakukan.

1. Sirkulasi Udara Yang Baik
Rumah dengan sirkulasi udara yang baik  menjadi faktor utama dalam menjaga kesehatan , untuk itu perlu perencanaan ventilasi dan bukaan yang benar. Untuk bukaan anda bisa membuat bukaan setengah dari tunggi bangunan. Sedengan kan untuk ventilasi dapat dibuat ventilasi silang dimana sisi berseberangan terdapat ventilasi dibawah dan diatas. 

2. Pencahayaan Yang Cukup
Cahaya dapat menjaga stabilitas kelembaban fisik bangunan , fisik bangunan yang lembab juga berdampak pada penguninya. Untuk itu cara menerima pencahayaan yang baik yaitu dengan perencanaan bangunan yang mengarah ke utara tau selatan. Arah tersebut bisa memaksimalkan cahaya matahari menyinari semua bagaian bangunan.

3. Instalasi Limbah Buangan
Pada kenyataanya limbah menjadi tidak penting dikelola jikalau sudah melewati batas tanah sendiri. Ternyata dampak jawaban limbah yang tidak dikelola juga dirasakan terhadap kesehatan rumah meski sudah berada diluar batas tanah kita. perlu administrasi limbah yang baik dan drainase yang benar supaya lingkungan sekitar jadi bersih dan sehat.

4. Daerah Resapan
Terutama untuk rumah didaerah perkotaan yang rapat dan sedikit ruang terbuka. kehadiran tempat resapan sangat penting untuk menjaga supaya tidak terjadi genangan air atau bahkan banjir. Hindari kondisi tersebut dengan membuat halaman anda menjadi tempat resapan air dengan memasang Gloss block misalnya.

5. Fasilitas Penampung Air Hujan.
Ini mungkin sedikit kita temua pada rumah-rumah , pada hal dengan adanya penampungan air hujan anda bisa lebih hemat air tanah dan lebih efisien.





Dari lima poin penting diatas maka anda dapat dengan mudah membangun rumah tanpa menerima dampak negatif dikemudian harinya paling tidak meminimalisirnya. begitulah seharusnya mendesain sebuah rumah sehat yang baik untuk semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel