Hal-hal Penting dalam Mendesain Carport di Rumah

Hal-hal Penting dalam Mendesain Carport di Rumah
Carport sekarang ini menjadi unsur wajib yang mesti ada di dalam rumah. Baik rumah berukuran kecil maupun besar, semuanya memerlukan carport. Keberadaan carport di sebuah rumah sekarang ini bukan lagi menjadi sebuah pilihan.
Nah, jikalau Anda ingin mendesain atau merenovasi carport di rumah, berikut ini ada 5 hal penting yang mesti diperhatikan.

1. Ukuran Ideal Carport
Ukuran carport yang ideal untuk 1 kendaraan beroda empat berjenis city car dan 1 motor ialah 3 m x 5 m. Ukuran ini disebut ideal lantaran jarak kendaraan beroda empat dengan dinding sejauh 30 cm sehingga ketika keluar dari mobil, kita tidak mengalami kesusahan. Di samping itu, posisi kendaraan beroda empat dengan pintu gerbang mempunyai jarak sejauh 50 cm sehingga kita tidak perlu kerepotan ketika membuka bagasi. Selain itu, kendaraan beroda empat dengan motor juga tidak perlu saling tempel.

2. Sesuaikan Carport dengan Fasad Rumah
Tampilan rumah bisa menjadi “rusak” sebab desain carport yang salah. Bila fasad rumah modern, maka desain carport-nya juga mesti modern. Contoh, memakai atap dak beton.

3. Kemiringan Lantai Carport Ideal
Kemiringan lantai yang ideal harus sebesar 1° - 3° dengan posisi kemiringan yang paling tinggi di dinding terluar rumah dan yang paling rendah di area terluar pintu gerbang. Kemiringan ini cukup untuk membuat air mengalir dan tidak menggenang di lantai carport.

4. Struktur Carport
Kita harus tetap memerhatikan struktur carport meskipun hal ini tampak sederhana. Lantai carport harus bisa untuk menahan beban mobil. Ketebalan cor lantai ialah minimal 15 cm. Sedangkan untuk kolom dan penutup atap ialah bervariasi tergantung dari jenis atap carport-nya.

5. Biaya
Sesuaikan dana yang tersedia di kantong kita sesuai dengan keuangan kita. Bila kita merasa biaya terlalu mahal, maka kita mainkan saja jenis materialnya. Yang harus kita ingat ialah jenis materialnya, bukan ukuran atau komposisinya yang dikurangi.

Itulah 5 hal penting yang harus kita perhatikan dalam merancang atau merenovasi carport di rumah. Semoga gosip ini bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel