Tips Sehat Memelihara Hewan di Rumah

Tips Sehat Memelihara Hewan di Rumah
Ada beberapa persoalan yang muncul saat kita memelihara hewan di rumah. Masalah-masalah tersebut di antaranya yaitu kotoran yang dibuang secara sembarangan, bulu-bulu yang menempel di sofa atau karpet, dan sisa-sisa makanan yang terdapat di sembarang tempat. Dengan masalah-masalah tersebut maka tidak heran kalau hewan peliharaan kerap kali disalahkan sebagai penyebab rumah menjadi tidak sehat.

Hewan mampu saja mendatangkan penyakit merupakan salah satu alasan mengapa tidak sedikit penghuni yang enggan untuk memelihara hewan di rumah. Tetapi, kita tidak perlu merasa cemas. Pasalnya, beragam persoalan tersebut mampu diatasi asalkan kita sanggup untuk menjaga kebersihan hewan peliharaan dan juga kebersihan rumah. Kalau dipelihara dengan baik, maka hewan peliharaan niscaya akan menawarkan manfaat dari segi psikologis atau kesehatan.

Memelihara hewan itu layaknya kita mempunyai anggota keluarga yang baru. Jika kita ingin memeliharanya, maka kita harus siap untuk dibuat repot. Kesehatan hewan akan memengaruhi juga pada kebersihan rumah kita.

Walaupun kita memelihara banyak hewan di rumah, namun kita masih tetap mampu hidup sehat. Silakan simak tips sehat memelihara hewan berikut ini. Selain untuk menjaga kesehatan hewan, tips ini juga bermanfaat untuk membuat rumah tetap bersih dan sehat.

1. Bersihkan Bulu-bulu yang Rontok
Hal yang dilakukan dengan senang hewan peliharaan yaitu berlari dan bermain di banyak sudut rumah kita. Oleh karena itu, tidak heran kalau kotoran dan bulu yang rontok menyebar di mana-mana. Untuk menjaga kesehatan, bersihkanlah rumah secara teratur. Selain itu, ingat juga untuk membersihkan sofa, karpet, dan kasur dengan memakai vacuum cleaner. Tujuannya yaitu untuk menyedot bulu hewan yang rontok.

2. Bersihkan Kandang Hewan
Kita perlu menyediakan sangkar yang berfungsi sebagai "rumah" dari hewan peliharaan tersebut. Kebersihan sangkar hewan tersebut juga perlu dijaga dengan baik. Di samping itu, bersihkan pula daerah makan dan minumnya.

3. Mandikan Hewan
Hewan juga memerlukan mandi menyerupai halnya manusia. Tidak sedikit kotoran yang menempel di badan hewan. Kotoran ini akan menyebar ke seluruh ruangan jikalau dibiarkan. Oleh alasannya itu, sebaiknya mandikan hewan secara teratur.

4. Zona Bebas Hewan Peliharaan
Protein yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada kulit hewan dan hadir dalam air liur mampu menimbulkan reaksi alergi bagi sebagian orang. Nah, bila hewan peliharaan kita ini menimbulkan alergi, maka buat kamar tidur kita menjadi zona bebas hewan peliharaan.

Itulah 4 tips sehat yang mampu dilakukan dalam memelihara hewan di rumah. Semoga isu ini mampu membuat rumah menjadi tetap bersih dan sehat meskipun kita memelihara hewan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel