Material-material Pembentuk Pagar

Material-material Pembentuk Pagar

Pada artikel sebelumnya yang berbicara perihal pagar, telah dijelaskan mengenai  3 jenis pagar adalah swing, sliding, dan kombinasi keduanya. Nah, pada entri kali ini akan dibahas perihal material-material atau bahan-bahan pembentuk pagar. Ada 3 jenis materi atau material yang digunakan untuk membentuk suatu pagar adalah besi hollow, besi tempa, dan kayu.

Besi Hollow

Pada umumnya, besi hollow disusun secara vertikal atau dikombinasikan antara vertikal dan horizontal. Material ini biasanya diaplikasikan pada rumah-rumah bergaya minimalis.

Besi Tempa atau Wrough Iron

Bila pengaplikasiannya tepat, besi tempa dapat mempunyai kesan yang berkelas. Material ini menambah kesan mewah pada rumah-rumah bergaya kolonialis yang  megah.

Kayu

Material ini dapat memberi kesan yang ringan pada suatu rumah tinggal. Material kayu juga memberi kesan chic dan elegan kalau penggunaannya tepat.

Material-material pagar tersebut biasanya diaplikasikan hanya pada area di aman penghuni dan kendaraan keluar masuk. Sisanya dipagari degan mengombinasikan material-material dinding menyerupai watu alam, watu candi, plester kamprot dan lain sebagainya.

Agar berkesan lebih dinamis dan asri, ada juga penghuni rumah yang memilih tanaman menyerupai tanaman rambat, jenis sulur, pandan-pandanan, perdu, dan lain-lain.

Harga pagar biasanya dihitung berdasarkan harga satuan per m2 dan diubahsuaikan dengan jenis material-material yang ingin digunakan. Biasanya, untuk besi hollow, harganya sekitar Rp 300 ribu sampai Rp 350 ribuan per m2. Sedangkan besi tempa harganya sekitar Rp 400 - Rp 450 ribuan per m2 tergantung kebutuhan atau desainnya menyerupai ada dan lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel