Mengelola Tata Letak Ruang di Rumah untuk Mengurangi Rasa Panas

Jam Dinding
Pengelolaan letak ruang di rumah mampu mengurangi rasa panas yang masuk menembus dinding. Dalam hal ini kita perlu memerhatikan orientasi arah mata angin.

Sisi rumah yang menghadap ke arah barat tentu akan mendapat paparan sinar matahari lebih banyak dari pada sisi rumah yang berada pada bab timur atau selatan.

Oleh karena itu, tidaklah mengherankan bahwa ruang yang berada di sisi barat tersebut akan terasa lebih panas ketimbang ruang-ruang yang lainnya.

Sisi timur akan menerima cahaya matahari lebih banyak dari pada ruang yang lainnya dikala pagi hari. Namun, paparan sinar matahari akan menyinari rumah sisi barat ketika memasuki pukul 12 ke atas.

Karena berada di area bayangan matahari, sisi ruang yang menghadap timur menjadi sejuk secara perlahan-lahan. Sementara, sisi bab barat rumah akan terasa panas pada malam hari. Hal ini akan membuat kesan panas yang menjadikan gerah dikala pulang beraktivitas di luar rumah.

Jika kita dapat mengelola ulang tata ruang, maka duduk perkara tersebut dapat dihindari. Hindari meletakkan ruang yang sering didiami pada malam hari di sisi bara rumah kalau memungkinkan. 

Contoh, sebaiknya kamar tidur diletakkan di sisi timur alasannya lebih banyak dipakai pada malam hari. Sementara, ruang bermain anak yang kerap digunakan pada pagi hari dan gudang diletakkan di sisi barat rumah.

Pengelolaan ulang ruang ini mampu mengurangi rasa panas yang masuk menembus dinding rumah. Namun, perlu diingat juga bahwa cara ini dapat dilakukan kalau memungkinkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel