Tips Menggunakan AC semoga Hemat Energi

Tips Menggunakan AC semoga Hemat EnergiPenggunaan yang salah pada AC yang berlabel hemat energi dapat menimbulkan AC tetap menghabiskan banyak energi. Lalu, bagaimana cara menggunakan AC semoga hemat energi? Berikut cara penggunaan AC yang disarankan.

1. Pilih AC yang sesuai dengan luar ruangan Anda. Kapasitas AC yang tak sesuai dengan ruangan bisa menyebabkan AC tidak bekerja secara efisien dan meningkatkan tagihan listrik Anda.

2. Aturlah suhu pada 25°C atau yang senyaman mungkin untuk Anda. Semakin rendah suhu yang diatur, maka akan semakin besar energi listrik yang diperlukan.

3. Pakai timer dan pertimbangkanlah untuk mematikan AC 1 sampai 1,5 jam sebelum Anda berdiri di pagi hari. Tujuannya ialah untuk mencegah Anda merasa kedinginan saat berdiri tidur.

4. Bersihkan saringan udara secara teratur dan lakukan servis terencana setiap 3 atau 4 bulan sekali.

CARA MENGHITUNG KEBUTUHAN AC
AC mempunyai kapasitas atau daya pendingin yang berlainan yang kerap kali dikenal dengan istilah PK. Berikut ini jenis-jenis besaran PK AC sesuai dengan luas ruangan yang bisa dijangkaunya.
  • AC 0,5 PK bisa menjangkau ruangan dengan luas 6 - 10 m2.
  • AC 0,75 PK bisa menjangkau ruangan dengan luas 9 - 14 m2.
  • AC 1 PK bisa menjangkau ruangan dengan luas 11 - 18 m2.
  • AC 1,5 PK bisa menjangkau ruangan dengan luas 15 - 24m2.
  • AC 2 PK bisa menjangkau ruangan dengan luas 22 - 36 m2.
  • AC 2,5 PK bisa menjangkau ruangan dengan luas 20 - 48 m2.
Kapasitas pendingin tersebut masing-masing bisa menjangkau luas ruangan yang berbeda-beda. Hal lain yang perlu juga untuk diperhatikan ialah apakah dinding ruangan tersebut terkena sinar matahari atau tidak. Dinding ruangan yang terkena sinar matahari secara pribadi (umumnya ruangan yang menghadap ke arah barat) memerlukan PK yang lebih besar.

TIPS MENGGUNAKAN AC
Meskipun telah mempunyai AC rendah watt dan inverter, namun untuk bisa mencicipi manfaatnya, AC mesti dipakai sesuai dengan luas ruangannya. Bila ruangan terlampau luas, maka AC tersebut akan bekerja di luar kemampuannya dan pada alhasil daya yang dikonsumsi akan sama dengan AC tipe standar. Akan lebih baik jikalau ruangan lebih kecil ketimbang kapasitas AC-nya. Dengan demikian, unit AC akan bekerja tetap optimal namun daya yang dipakai akan minimal sekali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel