6 Tips Membeli Rumah

Mencari rumah itu memang gampang-gampang susah. Jika asal-asalan, mampu jadi nanti malah menyesal di kemudian hari. Untuk mencari rumah, jangan terburu-buru mengambil keputusan. Banyak hal yang mesti diperhitungkan atau dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum membelinya.

Nah, bagi Anda yang gres pertama kali membeli rumah, berikut ada 6 tips yang boleh diikuti biar jauh terhindar dari permasalahan yang akan muncul.

1. Tentukan Lokasi Rumah yang Diinginkan

Pastikan lokasi rumah ialah lokasi yang mudah dijangkau dari tempat Anda bekeja atau tempat Anda banyak menghabiskan waktu sehari-hari. Apabila memungkinkan, surveilah lokasi rumah tersebut pada ketika jam berangkat dan pulang bekerja biar dapat membayangkan waktu tempuh ketika telah tinggal di sana.

2. Lihat Kebutuhan dan Fasilitas Pendukung

Fasiltas menyerupai PAM, listrik, jalan umum, pasar, sekolah, rumah sakit, kanal angkutan umum, dapur, jumlah kamar, dan lain sebagainya mampu Anda tanyakan keberadaannya ketika berkonsultasi dengan pihak penjual.

3. Tentukan Dana yang Tersedia untuk Membeli Rumah

Tentukan jumlah uang muka yang Anda miliki dan carilah perumahan dengan uang muka yang sesuai dengan kantong Anda. Pastikan cicilan yang diajukan pengembang maksimal ⅓ dari total pemasukan Anda (ditambah dengan pasangan). Hal ini sebagai patokan supaya Anda tetap mampu hidup dengan nyaman ketika sedang mencicil rumah.

4. Tentukan Minimal 3 Calon Perumahan dan Kenali Pengembangnya

Hal tersebut mampu membuat Anda memilih dengan leluasa dan menentukan perumahan mana yang terbaik dari segi akomodasi dan lain sebagainya. Kenali developer dan track record-nya dalam membangun rumah sebagai pertimbangan Anda ketika memilih.

5. Persiapkan Dana Tunai untuk Administrasi

Biaya manajemen terdiri dari uang tanda jadi, uang muka, akte jual-beli, biaya balik nama sertifikat, biaya notaris, dan biaya lainnya yang jumlahnya mampu mencapai belasan juta rupiah.

6. Cari Informasi wacana Perumahan

Informasi mengenai perumahan jangan hanya didapat dari pihak pengembang, tapi tanyakan pula kepada warga yang telah tinggal lebih dahulu di tempat sana, apa yang mereka rasakan ketika tinggal di tempat tersebut. Hal ini mampu dijadikan pertimbangan apakan Anda akan betah bila tinggal di sana.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel