Cara Membersihkan Akuarium Dekoratif

Keindahan dunia air mampu ditampilkan secara mini melalui akuarium. Bagi sebagian orang, akuarium dapat dijadikan hiburan untuk menghilangkan rasa penat. Keberadaan akuarium di rumah mampu membuat rumah menjadi lebih hidup dan ceria.

Dibutuhkan perawatan kebersihan yang maksimal supaya keindahan akuarium dapat terus dinikmati. Untuk itu dibutuhkan pembersihan akuarium seminggu sekali dan diubahsuaikan dengan kondisi air.

Pembersihan mingguan ini hanya menguras separuh air akuarium. Sedangkan penggunaan air total, umumnya dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Pembersihan akuarium dibagi menjadi 2 cara, tergantung dari jenis akuariumnya yaitu pembersihan pada akuarium dekoratif dan pembersihan pada akuarium polos.

Akuarium dekoratif merupakan akuarium yang dipenuhi dengan hiasan-hiasan untuk mempercantik tampilan akuarium. Misalnya, bebatuan, mainan ikan, dan beragam tanaman air.

Berikut ialah alangkah-langkah membersihkan akuarium dekoratif.

  1. Biarkan semua hiasan tetap berada di dalam akuarium. Tahap awal membersihkan akuarium ini ialah dengan mengelap beling bab dalam akuarium menggunakan spons atau dakron.
  2. Dengan menggunakan selang manual, buang 50% air akuarium. Pembuangan air di akuarium dekoratif tidak perlu mengarahkan selang alasannya kotoran tertutup oleh bebatuan yang ada di dasar akuarium. Setelah itu, isi kembali akuarium sampai penuh dengan air tanah.

Jangan lupa untuk membersihkan filter 3 hari sekali dengan menggunakan air yang mengalir. Filter yang dicuci secara rutin mampu memperlambat laju kotornya air akuarium.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel