Cara Membuat Pondasi Rumah Yang Murah dan Kokoh

Cara membuat pondasi rumah yang murah dapat menghemat pembiayaan pendirian rumah. Pondasi yang besar lengan berkuasa dengan biaya rendah gotong royong dapat diwujudkan dengan beberapa langkah yang bersiklus dan terukur. Pembuatan pondasi merupakan hal yang wajib untuk membuat rumah yang kokoh dan tidak mudah rusak, terutama fungsi penting sebagai penopang bangunan rumah supaya tetap pada kondisi yang tetap. Pondasi yang buruk mampu menyebabkan bangunan rumah menjadi tidak seimbang, biasanya mudah dideteksi jika dinding mudah retak dan tegel yang tidak rata atau pecah-pecah.

cara membuat pondasi rumah sederhana

Secara mendasar pondasi mampu dibedakan menjadi dua jenis yaitu pondasi yang dalam dan satunya pondasi dangkal. Untuk pembangunan rumah yang sederhana, toko, pagar, ataupun pos kampling sebaiknya memakai jenis pondasi dangkal, karena tidak terlalu membutuhkan topangan besar lengan berkuasa sebagaimana bangunan kantor bertingkat, ataupun gedung rumah sakit, jembatan, ataupun bangunan industri. Kenali dulu kebutuhan akan pondasi yang cocok dengan desain rumah Anda, dengan begitu dapat dipilih bahan-bahan bangunan yang kualitasnya sesuai yang diperkirakan.

Tips Membuat Pondasi Rumah Yang Murah

Pondasi dangkal sering juga disebut sebagai pondasi memanjang maupun pondasi jalur. Cara membuat pondasi dangkal tidak sesulit membuat pondasi cakar ayam, dan biaya pembuatan pondasi ini relatif murah tergantung pada pilihan kualitas materi bangunan. Untuk menyusun pondasi dangkal caranya dengan menggali tanah sedalam 40-50 cm kemudian menata batuan kali didalamnya beserta adonan semen dicampur pasir, pondasi dibangun hingga 40-50 cm di atas permukaan tanah.

Untuk menghemat pembuatan pondasi rumah sebaiknya mengganti batuan kali dengan batuan putih, jenis batuan putih diambil dari batu-batuan yang terdapat di bukit atau pegunungan. Kekuatannya cukup memadai untuk keperluan pondasi rumah satu lantai. Batuan putih cukup murah dibandingkan batuan kali. Masih kurang murah? Sebagian tukang menyarankan membangun pondasi dengan batako atau susunan bata supaya menghemat biaya, namun pondasi menggunakan watu bata atau batako tidak sesuai untuk tanah yang mudah gerak menyerupai kaplingan bekas sawah atau ladang.
pondasi batako

Langkah awal membuat pondasi rumah yang sederhana yakni penggambaran rancangan pondasi, kemudian diteruskan dengan penggalian alur pondasi sesuai dengan gambar yang dibuat. Siapkan batuan, semen, dan pasir, jika diharapkan persiapkan juga besi lonjoran beserta kawat sebagai bekisting kolom dan sloof (lajur di atas pondasi). Bekisting kolom dan sloof diharapkan sebagai penopang dan kerangka dasar rumah terutama sebagai penguat tembok. Setelah penggalian tamat maka kerangka besi dan kawat ditata terlebih dahulu (disertai papan-papan kayu penopang cor untuk pembentukannya), kemudian ditimbun dengan semen cor lalu diiringi dengan penataan batuan putih dan adonan pasir semen hingga ketinggian mencapai 50-an cm.

Sekian cara membuat pondasi rumah yang kokoh dan murah ini, semoga proyek rumah idaman para pembaca mampu terwujudkan dengan mudah!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel