Cara Membuat Sendiri Batu Candi

Sensasi yang berbeda bisa didatangkan dengan menempelkan kerikil alam pada dinding luar rumah. Kesan hambar yang kerap muncul pada rumah moderen bisa dilunakkan dengan adanya kerikil alam ini. Sementara pada rumah yang bergaya tropis, kerikil alam bisa memperkuat kesan alami dan tropis.

Salah satu kerikil alam yang banyak digemari orang yaitu kerikil candi. Batu alam jenis ini mempunyai beberapa kelebihan, di antaranya yaitu tahan terhadap cuaca. Selain itu, teksturnya yang netral dan warnanya yang cenderung gelap, cocok diaplikasikan pada rumah bergaya moderen sekalipun.

Nah, semoga tak perlu merogoh kantong dalam-dalam serta kelihatan berbeda dengan yang lain, kita dapat membuat sendiri kerikil candi ini. Untuk membuat sendiri kerikil candi, silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buat adukan plesteran. Tambahkan pasir yang telah diayak pada adonan plesteran supaya plesteran bisa menghasilkan permukaan yang bergairah menyerupai pada kerikil alam.
  2. Lapisi dinding dengan adonan menyerupai dikala membuat plesteran biasa. Buat tebal plesteran minimal 3 cm supaya menyerupai dengan kerikil alam.
  3. Setelah plesteran setengah kering, amplas permukaannya. Sebagian plesteran akan terkelupas dan membentuk tekstur bergairah menyerupai batu.
  4. Gunakan kayu untuk mengaris-garis plesteran dikala plesteran masih basah. Buat kotak-kotak dengan ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan selera. Langkah nomor 3 da 4 bisa dikerjakan dengan urutan terbalik (3 lebih dulu atau 4 lebih dulu).
  5. Cat dengan menggunakan cat dinding. Gunakan 2 atau 3 cat warna sama tetapi dengan tone (tingkat warna) yang berbeda semoga tampak alami. Contohnya, cat abu-abu pekat dengan cat abu-abu yang lebih muda. Padu-padankan kedua jenis cat tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel