Cara Memilih Ubin dengan Tepat

Ubin Keramik
Memilih ubin itu tidak mampu sembarangan. Pasalnya, bila terlanjur salah, maka akan memerlukan waktu dan biaya untuk mengggantinya. Nah, agar tidak salah, Anda mampu mengikuti langkah-langkah dalam memilih ubin berikut ini.

Tentukan Jenis Ubin
Ubin terdiri dari dua jenis yaitu ubin keramik (ceramic tile) dan ubin granit (granite tile). Ubin keramik ialah ubin yang mempunyai dua jenis lapisan, yaitu porselen dan glasur (lapisan warna). Sedangkan ubin granit atau dikenal juga dengan nama homogeneous tile ialah jenis ubin yang cuma terdiri dari satu lapis sehingga pewarnaannya lebih merata dari bawah hingga akhir.

Pilih jenis ubin yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Ubin granit mempunyai kekuatan dan keawetan yang lebih baik dibanding ubin keramik, warnanya lebih alami, tetapi harganya relatif lebih mahal dan motifnya tidak terlalu banyak. Pori-pori ubin granit lebih besar sehingga lebih mudah terkena noda.

Ubin keramik berkebalikan dengan ubin granit yaitu memiliki motif yang lebih beragam, harganya relatif lebih murah. Ubin keramik lebih mudah pecah dibanding ubin granit.

Tentukan Kebutuhan
Anda tidak perlu menghitung kebutuhan ubin Anda sendiri. Anda cukup membawa bagan ruangan yang akan dipasang ubin, lengkap dengan ukurannya. Selanjutnya, petugas toko akan membantu menghitung jumlah ubin yang dibutuhkan. 

Nah, disarankan untuk membeli ubin lebih banyak 10 persen dari jumlah yang bekerjsama diperlukan untuk berjaga-jaga bila ada ubin yang pecah.

Tentukan Gaya Ruangan
Pemilihan motif ubin dipengaruhi oleh gara ruangan. Agar tidak terlalu pusing dikala dihadapkan pada banyaknya pilihan, sebaiknya dari rumah Anda sudah mengetahui gaya apa yang hendak Anda aplikasikan.

Sebaiknya Anda pergi ke toko bangunan besar yang mempunyai banyak pilihan motif sehingga lebih mudah memilih. Toko bangunan besar biasanya juga mempunyai jasa desain sehingga akan membantu Anda dalam memilih ubin yang tetap sekaligus menghitung kebutuhan ubin Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel