Cara Merawat Karpet di Rumah

Ada beberapa persoalan yang dapat hadir saat kita menggunakan karpet di rumah. Salah satu permasalahan yang acap kali timbul pada karpet ialah persoalan debu yang menumpuk. Debu dan kutu biasa bersembunyi pada bulu-bulu karpet.

Karpet harus sering dibersihkan biar permasalahan tersebut tidak terjadi. Perawatan ringan pada karpet dilakukan minimal seminggu sekali. Sementara jikalau lingkungan banyak terdapat debu, maka pembersihan karpet dapat dilakukan minimal seminggu dua kali. Sedangkan untuk perawatan berat mampu dilakukan enam bulan sekali.

Nah, berikut ini merupakan cara atau langkah-langkah dalam melaksanakan perawatan ringan terhadap karpet.

1. Bersihkan Karpet

Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet. Isap debu uyang berada pada seluruh permukaan dan dasar karpet. Debu pada karpet yang mempunyai materi polyprophylene tidak menempel pada permukaan karpet sebab mempunyai fitur antistatis.

2. Pukul-pukul Karpet

Pukul-pukul permukaan karpet dengan menggunakan sapu lidi sembari menyedot debu untuk membantu mengeluarkan debu yang tersembunyi.

3. Keringkan Karpet

Bersihkan karpet dengan memakai sabun atau deterjen dan spons berair jikalau terdapat noda kotoran atau makanan yang menempel. Setelah itu, keringkan karpet.

Karpet Warna Coklat Motif Panda
KRISTINA TARIGAN / gambargambargratis.com

Untuk melaksanakan perawatan berat pada karpet, mampu disimak langkah-langkahnya di bawah ini.
  1. Karpet diangkat dan digantung di daerah jemuran. Lalu, pukul-pukul karpet dengan sapu lidi untuk merontokkan debu. Pengisap debu dengan memakai vacuum cleaner.
  2. Karpet diangkat dan dilakukan proses pengeringan (dry clean). Gunakan sabun khusus karpet, selanjutnya sikat seluruh permukaan karpet hingga kotoran yang ada di dasar terangkat ke permukaan.
  3. Jemur karpet hingga kering. Kemudian, lakukan pengisapan debu dengan vacuum cleaner.
  4. Karpet dijemur kembali sebelum menyimpan atau menata karpet lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel