Cara Membersihkan Akuarium Polos

Pada artikel yang sebelumnya telah dibahas mengenai cara membersihkan akuarium dekoratif. Pada kesempatan kali ini akan dibahas cara pembersihan mingguan pada jenis akuarium lainnya yaitu akuarium polos. Sedangkan untuk pengurasan air total, umumnya dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Akuarium polos merupakan kebalikan dari akuarium dekoratif. Akuarium polos yaitu akuarium yang tidak terdapat hiasan di dalamnya. Misalnya, pada akuarium ikan arwana.

Nah, berikut ini yaitu cara membersihkan akuarium polos.

  1. Pembersihan diawali dengan mengelap beling bab dalam akuarium menggunakan spons atau dakron. Penggunaan materi ini untuk menghindari tergoresnya beling akuarium dan dapat membersihkan kotoran di sisi dalam akuarium secara total. Pengelapan dilakukan pada keseluruhan sisi dalam akuarium.
  2. Buang 50% air akuarium dengan menggunakan selang air yang disedot secara manual. Pembuangan air akuarium tidak boleh terlalu banyak alasannya yaitu akan menyulitkan ikan mengikuti keadaan di lingkungan baru. Ikan dapat mabuk jikalau ditempatkan pada kondisi yang jauh berbeda dari sebelumnya. Pembuangan air di akuarium polos dilakukan sambil mengarahkan selang pada kotoran yang terlihat di dasar akuarium.
  3. Isi kembali akuarium sampai penuh. Air yang digunakan sebaiknya air tanah bukan air ledeng, alasannya yaitu mengandung kaporit yang tidak baik bagi kesehatan ikan.

Selain itu, bersihkan filter 3 hari sekali menggunakan air mengalir. Filter yang dicuci secara rutin mampu memperlambat laju kotornya air akuarium.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel