Jenis-jenis Lampu untuk Pencahayaan Ruang

Pencahayaan merupakan episode dari interior rumah yang berkhasiat untuk memperindah hunian. Penataan cahaya mampu membuat fungsi ruangan menjadi kuat, menambah kenyamanan, dan menyebabkan kesan dramatis. Faktor ini saling memengaruhi harmonisasi interior yang diwujudkan bersama dekorasi dan perabot pilihan.

Supaya dapat mengombinasikan interior dengan fungsi ruangan, cobalah untuk mengenali jenis-jenis lampu terlebih dahulu. Beragam jenis lampu dengan aneka varian tersedia di pasaran. Namun, pada dasarnya lampu terbagi menjadi lima bagian, di antaranya ialah sebagai berikut:
  1. Lampu langit-langit (ceiling lamp).
  2. Lampu gantung (pendant fixtures).
  3. Lampu dinding (wall lamps).
  4. Lampu lantai (floor lamps).
  5. Lampu meja (desk lamps).

Lampu Unik
ndangnopie / www.gambargratis.com

1. Lampu Langit-langit (Ceiling Lamp)

Jenis lampu yang satu ini paling jamak dijumpai di pasaran. Lampu ini banyak digunakan di perkantoran atau pelbagai ruang hunian dan berfungsi sebagai penerang ruangan dan reflektor. Anda mampu berkreasi dengan memilih rumah lampu yang berbentuk unik kalau ingin menambah aksen hunian.

2. Lampu Gantung (Pendant Fixtures)

Biasanya, lampu ini ditempatkan di langit-langit rumah yang tinggi, menyerupai di void, area tangga, foyer, atau ruang keluarga. Lampu gantung mempunyai varian yang memikat sehingga Anda cukup menyesuaikannya dengan konsep interior rumah untuk menjadi focal point ruangan.

3. Lampu Dinding (Wall Lamps)

Kalau lampu yang ini digunakan untuk hiasan dinding, sebagai aksesori untuk keindahan meja console di area foyer atau untuk menambah kenyamanan di pojok ruang. Saat malam datang, lampu dinding mampu menunjukkan kesan hangat dari pancaran remang cahayanya. Lampu ini mampu digunakan sebagai sumber cahaya ketika malam semakin larut sedangkan lampu lainnya dimatikan.

4. Lampu Lantai (Floor Lamps)

Lampu jenis ini akan memancarkan cahaya dari bawah ke atas yang dipasang di tepi bawah dinding. Lampu ini berkhasiat untuk menyinari ke arah episode tertentu, menyerupai dinding beraksen dan bermotif unik atau mempercantik tampilan karya seni menyerupai lukisan.

5. Lampu Meja (Desk Lamps)

Jenis lampu yang terakhir ialah lampu meja. Lampu ini bermanfaat untuk membantu acara membaca atau sekadar menambah dramatisasi ruangan. Biasanya, lampu meja mampu diatur kuantitas cahayanya sesuai dengan kebutuhan ruang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel