5 Cara Efektif Mengusir Tikus Agar Kapok Berkeliaran Di Rumah

Kehadiran hewan pengerat yang satu ini memang sering membuat penghuni rumah jengkel, bagaimana tidak? selain membuat rumah kotor, tikus juga selalu merusak barang-barang yang ada di dalam rumah. 

Pastinya banyak sekali cara telah mereka lakukan untuk mencegah binatang carnivora ini supaya tidak berkeliaran di rumah, mulai dari memasang perangkap hingga menunjukkan makanan yang ditaburi racun supaya tikus tersebut mati. Mungkin Anda juga sudah bosan dan merasa putus asa dalam mengusir tikus dari rumah alasannya yaitu pada kenyataannya hewan tersebut masih saja kembali masuk ke dalam rumah Anda. 

5 Cara Efektif Mengusir Tikus Agar Kapok Berkeliaran Di Rumah

Namun bukan berarti kita harus kalah sama binatang pengerat ini, masih banyak cara efektif yang mampu menghalau kehadiran tikus di rumah. Nah, kali ini kami akan membagikan 5 cara efektif mengusir tikus supaya kapok berkeliaran di rumah Anda, eksklusif saja kita simak tips-nya di bawah ini :

1. Kenali eksistensi tikus

Pastikan anda mengetahui eksistensi tikus di sekitar rumah. Lubang atau liang yang mengarah ke dalam tanah yaitu tanda eksistensi tikus, oleh alasannya yaitu itu periksa dengan teliti area sekitar rumah Anda apakah terdapat lubang yang mencurigakan, bila ada maka mampu jadi lubang tersebut yaitu lubang tikus. 

Segera tutup lubang tersebut hingga hewan tersebut tidak mampu masuk kembali ke sarangnya. Selain itu kotoran dan amis tidak sedap juga mampu jadi tanda eksistensi tikus, perhatikan juga jejak kaki dan lemak tikus yang sering tercecer di lantai untuk mengetahui kawasan persembunyian hewan tersebut.

2. Kelola sampah dengan baik

Tikus sangat suka mencari makanannya di kawasan yang kotor, oleh alasannya yaitu itu jangan biarkan sampah berceceran di area rumah. Pastikan kawasan sampah yang Anda miliki masih dalam kondisi layak pakai dan tertutup dengan sangat baik, bahkan jikalau sudah terlalu kotor, Anda harus membersihkannya secara berkala.

Selanjutnya jadwal pembuangan sampah juga harus sempurna waktu, jangan hingga sampah menumpuk terlalu lama di dalam rumah. 

3. Bersihkan area rumah

Nah, tips mengusir tikus yang paling penting yaitu menjaga rumah selalu dalam keadaan bersih. Rumah harus benar-benar bersih jikalau ingin terbebas dari tikus, bersihkan lantai secara rutin dengan cara disapu dan dipel, terutama di sekitar area dapur yang sering sekali terlupakan. 

Oleh alasannya yaitu itu mulai sekarang pastikan lantai dapur selalu bersih, selain itu jangan lupa juga untuk selalu membersihkan peralatan bekas memasak dan membuang sisa makanan sehabis masak. Jika ada yang materi makanan yang masih terpakai, kemas dalam wadah tertutup dan simpan di kawasan yang aman dari tikus.

4. Tutup celah atau jalan masuk tikus

Perlu diketahui bahwa hewan pengerat yang memakan segala jenis makan ini mampu masuk melalui celah dengan ukuran 1,2 cm sekalipun, alasannya yaitu mempunyai tulang belakang yang fleksibel.

Seringkali tanpa kita sadari banyak jalan atau celah yang mampu menjadi terusan bagi tikus untuk masuk ke dalam rumah. Seperti misalnya melalui rongga di bawah pintu yang tidak rapat dengan lantai, celah kabel pada dinding, jendela dan lubang ventilasi, maupun melalui celah yang ada pada pipa paralon.

Jadi, segera tutup celah yang sekiranya mampu berpotensi jadi jalan tikus yang terdapat di sekeliling rumah Anda.

5. Rapikan barang-barang

Cara efektif mengusir tikus yang terakhir yaitu dengan membereskan barang-barang yang ada di dalam rumah. Kondisi barang-barang yang awut-awutan di dalam sebuah ruangan menyerupai gudang biasanya akan memancing kedatangan tikus. 

Oleh alasannya yaitu itu rapikan dan susunlah penyimpanan barang-barang secara sistematis, caranya Anda mampu memasukkan barang-barang sejenis yang sudah tidak digunakan ke dalam sebuah wadah penyimpanan. Tumpukan barang di dalam ruangan pun jangan hingga menempel dengan dinding, hal ini untuk meminimalisir ruang gerak tikus serta memantau pergerakannya.

Itulah 5 cara ampuh mengusir tikus supaya tidak lagi berkeliaran di rumah anda, terima kasih dan selamat mencoba tipsnya ;)


*sumber : Kompas.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel