Ciri-ciri Tata Ruang Rumah Minimalis

Apa saja ciri-ciri tata ruang rumah minimalis? Apakah Anda mempunyai rencana untuk mendirikan rumah dengan desain minimalis? Dua pertanyaan itu sangat pas diajukan, alasannya sekarang ini, rumah dengan desain minimalis sedang populer di banyak sekali potongan dunia. Desain ini menggunakan konsep fungsional, sehingga seluruh bab rumah benar-benar dapat dimanfaatkan, dan tak ada bab bangunan yang tercipta secara sia-sia.


Lengkungan dan Lingkaran

Rumah dengan desain minimalis didominasi garis-garis lurus dan bentuk-bentuk geometris lurus, kotak, dan datar. Walaupun begitu, desain minimalis juga memungkinkan adanya bentuk geometri lain menyerupai lengkungan atau bundar walaupun tidak banyak, dan hanya berfungsi sebagai aksen.

Desain rumah minimalis diperuntukkan bagi penghuni rumah yang memiliki kegiatan tinggi, sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mengubah-ubah tata letak di dalam rumah, mengubah-ubah desain rumah, atau mengotak atik tampilan rumah. Karenanya, desain rumah minimalis lebih difokuskan pada style sederhana, simpel, tidak memiliki banyak ornamen, mudah dibersihkan dan serba ringan. Maka, tak mengherankan jikalau ada yang mengatakan bahwa tata ruang rumah minimalis sangat pas untuk kehidupan metropolis masyarakat perkotaan.


Mood Positif

Tata ruang minimalis juga diupayakan dapat menciptakan suasana yang nyaman, lega, tenang, tanpa meninggalkan kesan artistik. Sehingga ujung-ujugnya, suasana rumah jadi menyenangkan dan nyaman serta selalu bisa menjaga mood kasatmata penghuni rumah yang bersangkutan. Ada perasaan hening pada penghuni saat sedang di rumah, dan ada perasaan rindu pada suasana rumah saat di luar kota pada waktu yang lama.


Dengan keahliannya, arsitek rumah minimalis akan merancang tata ruang minimalis yang diadaptasi dengan luas lahan. Namun seberapapun luas lahan, umumnya ruangan hanya terdiri dari ruangan-ruangan standar dengan fungsi dan peruntukan yang sudah jelas.

Ciri-ciri Tata Ruang Minimalis

Berikut ini ialah ciri-ciri tata ruang minimalis secara detil:

  1. Seluruh kamar tidur dibentuk serba kotak dengan dinding-dinding yang berdiri lurus
  2. Sekat-sekat dalam ruangan dibuat dalam jumlah seminimal mungkin, bahkan jikalau perlu sama sekali tak ada, sehingga ruangan tampak lebih lapang.
  3. Sedapat mungkin, tata ruang minimalis dapat menciptakan suasana nyaman bagi penghuni rumah
  4. Tata ruang rumah minimalis memiliki ventilasi udara yang cukup memadai, sehingga walaupun jumlah pintunya tidak banyak, namun tetap memungkinkan terjadinya sirkulasi udara yang lancar.
  5. Warna yang digunakan pada dinding ruangan minimalis ialah warna-warna netral dan cerah, sehingga dapat menawarkan kesan ruangan yang lebih lapang.
  6. Desain dapur dan kamar mandi dirancang dalam bentuk simpel, lapang, dan fungsional.
  7. Jumlah kamar diadaptasi dengan luas lahan dan kebutuhan calon penghuni rumah. Keluarga besar tentu membutuhkan kamar yang lebih banyak dibandingkan keluarga kecil.

Demikianlah ciri-ciri tata ruang rumah minimalis. Apakah Anda tertarik?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel