Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah Yang Bagus !

Kebanyakan pemilik rumah sering menghadapi kebingungan ketika dihadapkan pada sebuah pilihan dalam menentukan kombinasi warna cat rumah yang bagus untuk daerah tinggalnya. Bahkan bagi sebagian dari mereka ini menjadi hal yang menyulitkan, apalagi ketika ini hampir semua produsen cat memperlihatkan beragam pilihan warna secara lengkap.

Pilihan warna yang beragam tidak lantas menyampaikan solusi terhadap pemilihan warna yang tepat, justru yang sering menjadi dilema yakni bagaimana caranya menciptakan perpaduan/kombinasi warna yang tepat, sehingga akan menghasilkan warna-warna yang mengagumkan baik untuk bab eksterior maupun interior rumah. 

Nah, untuk membantu anda dalam menyampaikan solusi terhadap permasalahan tersebut, pada kesempatan ini kami akan menyebarkan tips dalam membuat paduan warna cat rumah menurut seorang Desainer interior berjulukan Ayu Sawitri Joddy, menyerupai yang dilansir situs Kompas.com (12/07/2015).

Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah Yang Bagus - Wheel Colors

Dikatakan Ayu bahwa untuk menerima perpaduan warna yang tepat, mampu menggunakan sebuah teori yang disebut Complementary Colors. Dimana teori tersebut menggunakan roda warna (colors wheel) sebagai ajaran untuk memilih warna-warna yang akan dipadukan. Di dalam roda warna tersebut terdapat 12 warna yang terdiri dari warna primer, warna sekunder dan warna tersier menyerupai terlihat di gambar atas.

Jika anda hanya ingin membuat perpaduan 2 warna saja, maka anda hanya perlu melihat warna yang bersebrangan, misalnya merah warna di seberangnya yakni hijau, maka warna merah mampu dikombinasikan dengan dengan hijau. Namun ada hal yang perlu diingat, yaitu tingkat kontras antara 2 warna yang dipasangkan. Kontras yang tinggi memang menciptakan tampilan yang dinamis, tapi dengan denah yang harus tetap dikelola dengan baik biar tidak menghasilkan sesuatu yang over. Perpaduan warna mencolok tersebut cocok bagi anda yang bermaksud untuk menonjolkan sebuah bidang atau ruangan tertentu. Selain itu menurut Ayu, syarat untuk menggunakan teori ini yakni anda harus memilih salah satu dari dua warna tersebut sebagai warna dominan, jadi tidak mampu dua-duanya sama-sama dominan. "Misalnya warna kuning dengan biru, kuning sebagai aksen, dosisnya lebih kecil daripada biru," terang Ayu.

Ditambahkan Ayu, untuk menerima warna cat rumah yang bagus, selain dengan teori diatas mampu juga menggunakan teori Analogous, yang menjelaskan mengenai bagaimana caranya mengkombinasikan tiga warna yang berdekatan dalam roda warna tadi. Warna-warna ini biasanya cocok untuk menghasilkan kombinasi warna cat rumah yang damai dan nyaman, alasannya mengambil denah dari alam sehingga suasananya lebih enak dipandang dan harmonis.

Caranya anda mampu memilih satu warna sebagai warna dominan, kemudian warna kedua dipilh sebagai pendukung dan warna ketiga dijadikan sebagai aksennya bersama dengan warna hitam, putih atau abu-abu. Pastikan juga tingkat kontras dalam jumlah yang cukup untuk memilih denah dengan teknik analog ini.

Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah Yang Bagus
Contoh kombinasi warna cat monokromatik kamar anak dengan aksen kayu pada Lantai

Selanjutnya bagi anda yang tidak menyukai warna-warni dalam rumahnya, mampu menerapkan warna monokromatik. Yaitu dengan menggunakan satu warna dasar saja, dan untuk variasinya mampu memakai warna turunan dari warna dasar tersebut. Contohnya untuk warna hijau, warna turunannya yakni pastel green, avocado green, lime green dan hijau daun. Untuk menghilangkan kesan monoton dalam satu ruangan, sebaiknya pilih tiga warna yang berbeda intensitasnya, kemudian padukan dengan unsur warna netral yaitu hitam dan putih, dan untuk menambah kesan natural anda juga mampu memadukan warna monokromatik dengan unsur kayu.

Itulah beberapa tips untuk menerima perpaduan warna cat rumah yang bagus yang mampu dijadikan panduan untuk membuat rumah anda tampak lebih indah. Jika ingin mengetahui warna cat rumah minimalis yang bakal menjadi ekspresi dominan di tahun 2016, anda juga mampu melihatnya di artikel kami yang lainnya, terima kasih semoga bermanfaat ;)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel