Belajar 3-D Tingkat 1
Sekilas Tentang 3-D / 3 Dimensi
Mungkin sekarang anda telah tahu kelebihan menggambar dengan Auto Cad di banding kalau kita menggambar secara manual . Jika secara manual anda akan di repotkan wacana menarik garis secara berulang -ulang , maka dengan Auto Cad kita tidak akan di repotkan lagi dengan semua hal tersebut. Satu jadwal khusus dalam Auto Cad tersebut ialah Cad 3-D , dengan Cad 3-D tersebut akan memungkinkan anda menggambar dari sudut pandang manapun baik itu dari dalam atau luar rumah dan juga animasi .
Setelah itu, kalau klien anda membutuhkan sesuatu yang berubah, maka anda dapat membuat perubahan sekali. Jika anda menggambar bab mekanis, Anda dapat menghasilkan prototip virtual atau bahkan membuat prototipe cepat .
Anda akan memiliki kesempatan untuk menggambar objek dengan cara yang berbeda yang sama untuk melihat perbedaan antara banyak sekali metode.
Sebelum memasuki dunia menarik 3-D, Anda harus mencar ilmu lagi CAD terminologi. Tingkat ini menganggap bahwa anda memiliki pemahaman yang baik wacana perintah 2D.
Berikut Terminologi Cad 3-D
1. 2-D
Adalah sebuah konsep yang hanya menampilkan permukaan datar , tinggi , dan lebar . Pada sistim ini hanya menggunakan sumbu X dan Y .
2. 3-D
Sebuah cara praktis yang akan menampilkan objek lebih alami dengan menambahkan kedalaman tinggi dan lebar . Pada sistim ini akan menggunakan sumbu X , Y , dan Z .
3. Boolean Operations
Perintah yang memungkinkan anda untuk menambah, mengurangi atau memotong satu objek pada AutoCAD .
4. Complex Surface
Umumnya untuk menampilkan permukaan melengkung . Contoh : fender kendaraan beroda empat , lanskap dsb .
5. Elevations
Perbedaan antara objek berada di nol pada sumbu Z dan tinggi yang berada di atas nol .
6. Extrude
Perintah yang akan menghilangkan bentuk garis 2D menjadi 3D solid . Misalnya, bulat akan diekstrusi ke silinder .
7. Face
Tampilan 3-D yang paling sederhana .
8. Facet
Tiga atau empat sisi polygon yang mewakili sepotong ( atau bab ) dari permukaan 3 - D .
9. Hidden Line Removal
Sebuah cara untuk menyembunyikan baris yang tidak akan terlihat kalau anda melihat objek yang bekerjsama telah anda ditarik di AutoCAD . ( Perintah : HIDE )
10. Isometric Drawing
Sebuah cara sederhana untuk mencapai '3 - D ' penampilan menggunakan metode menggambar 2 - D .
11. Plan View
Juga dikenal sebagai tampilan atas , tampak atas akan nampak eksklusif dari sumbu WCS Z ke sumbu XY .
12. Primitive
Sebuah dasar dari satu blok bangunan . Contoh akan menjadi kotak , kerucut , silinder dsb .
13. Region
Sebuah wilayah 2 - D yang terdiri dari garis, busur , dll
14. Rendering
Sebuah cara yang kompleks menambahkan kualitas foto - realistis untuk model 3 - D yang telah anda buat .
15. Shading
Sebuah cara cepat untuk menambahkan warna ke objek 3 - D yang telah anda buat . ( Perintah : SHADE )
16. Solid Model
Sebuah model 3 - D yang di ciptakan dengan menggunakan ' blok bangunan ' . Ini ialah cara yang paling akurat mewakili benda di CAD .
17. Surface Model
Sebuah model 3 - D yang didefinisikan oleh permukaan . Permukaan terdiri dari poligon . ( Lihat Facet. )
18. Thickness
Properti garis dan benda-benda lain yang memberi mereka 3 - D menyerupai penampilan .
19. UCS
Pengguna sistem koordinat . Ini didefinisikan oleh orang yang menggambar untuk memiliki susukan lebih mudah untuk bagian-bagian dari model 3 - D .
20. View
Sebuah pandangan tertentu dari objek yang telah Anda buat .
21. Viewport
Sebuah jendela ke dalam gambar anda untuk menyampaikan pandangan tertentu . Anda dapat memiliki beberapa viewports pada layar anda . Berbeda dengan viewports yang digunakan dalam merencanakan .
22.Wire-Frame Model
Sebuah bentuk yang didefinisikan oleh garis dan kurva 3 - D . Sebuah representasi skeletal . Penghapusan garis tersembunyi tidak mungkin dengan model ini .
23. Z-Axis
Sumbu ketiga yang mendefinisikan kedalaman .
Bersiaplah bahwa anda mungkin akan perlu belajar 3D di beberapa /bidang dalam karir anda. Setelah anda merasa nyaman bekerja di 3D, pastinya anda akan jarang bahkan tidak menggunakan 2D lagi. Autodesk (pembuat AutoCAD) membuat produk lain yang dirancang khusus untuk bidang-bidang tertentu - Desktop Arsitektur, Peta, 3D Studio Max dan banyak lagi. Tergantung pada anggaran dan kebutuhan, Anda mungkin perlu untuk melihat ke dalam program-program menyerupai ini. Konsep-konsep yang diajarkan dalam pelajaran ini akan membantu anda saat anda bekerja dalam jadwal 3D.
Klik di sini untuk melihat pola render hasil dari Cad 3-D
Mungkin sekarang anda telah tahu kelebihan menggambar dengan Auto Cad di banding kalau kita menggambar secara manual . Jika secara manual anda akan di repotkan wacana menarik garis secara berulang -ulang , maka dengan Auto Cad kita tidak akan di repotkan lagi dengan semua hal tersebut. Satu jadwal khusus dalam Auto Cad tersebut ialah Cad 3-D , dengan Cad 3-D tersebut akan memungkinkan anda menggambar dari sudut pandang manapun baik itu dari dalam atau luar rumah dan juga animasi .
Setelah itu, kalau klien anda membutuhkan sesuatu yang berubah, maka anda dapat membuat perubahan sekali. Jika anda menggambar bab mekanis, Anda dapat menghasilkan prototip virtual atau bahkan membuat prototipe cepat .
Anda akan memiliki kesempatan untuk menggambar objek dengan cara yang berbeda yang sama untuk melihat perbedaan antara banyak sekali metode.
Sebelum memasuki dunia menarik 3-D, Anda harus mencar ilmu lagi CAD terminologi. Tingkat ini menganggap bahwa anda memiliki pemahaman yang baik wacana perintah 2D.
Berikut Terminologi Cad 3-D
1. 2-D
Adalah sebuah konsep yang hanya menampilkan permukaan datar , tinggi , dan lebar . Pada sistim ini hanya menggunakan sumbu X dan Y .
2. 3-D
Sebuah cara praktis yang akan menampilkan objek lebih alami dengan menambahkan kedalaman tinggi dan lebar . Pada sistim ini akan menggunakan sumbu X , Y , dan Z .
3. Boolean Operations
Perintah yang memungkinkan anda untuk menambah, mengurangi atau memotong satu objek pada AutoCAD .
4. Complex Surface
Umumnya untuk menampilkan permukaan melengkung . Contoh : fender kendaraan beroda empat , lanskap dsb .
5. Elevations
Perbedaan antara objek berada di nol pada sumbu Z dan tinggi yang berada di atas nol .
6. Extrude
Perintah yang akan menghilangkan bentuk garis 2D menjadi 3D solid . Misalnya, bulat akan diekstrusi ke silinder .
7. Face
Tampilan 3-D yang paling sederhana .
8. Facet
Tiga atau empat sisi polygon yang mewakili sepotong ( atau bab ) dari permukaan 3 - D .
9. Hidden Line Removal
Sebuah cara untuk menyembunyikan baris yang tidak akan terlihat kalau anda melihat objek yang bekerjsama telah anda ditarik di AutoCAD . ( Perintah : HIDE )
10. Isometric Drawing
Sebuah cara sederhana untuk mencapai '3 - D ' penampilan menggunakan metode menggambar 2 - D .
11. Plan View
Juga dikenal sebagai tampilan atas , tampak atas akan nampak eksklusif dari sumbu WCS Z ke sumbu XY .
12. Primitive
Sebuah dasar dari satu blok bangunan . Contoh akan menjadi kotak , kerucut , silinder dsb .
13. Region
Sebuah wilayah 2 - D yang terdiri dari garis, busur , dll
14. Rendering
Sebuah cara yang kompleks menambahkan kualitas foto - realistis untuk model 3 - D yang telah anda buat .
15. Shading
Sebuah cara cepat untuk menambahkan warna ke objek 3 - D yang telah anda buat . ( Perintah : SHADE )
16. Solid Model
Sebuah model 3 - D yang di ciptakan dengan menggunakan ' blok bangunan ' . Ini ialah cara yang paling akurat mewakili benda di CAD .
17. Surface Model
Sebuah model 3 - D yang didefinisikan oleh permukaan . Permukaan terdiri dari poligon . ( Lihat Facet. )
18. Thickness
Properti garis dan benda-benda lain yang memberi mereka 3 - D menyerupai penampilan .
19. UCS
Pengguna sistem koordinat . Ini didefinisikan oleh orang yang menggambar untuk memiliki susukan lebih mudah untuk bagian-bagian dari model 3 - D .
20. View
Sebuah pandangan tertentu dari objek yang telah Anda buat .
21. Viewport
Sebuah jendela ke dalam gambar anda untuk menyampaikan pandangan tertentu . Anda dapat memiliki beberapa viewports pada layar anda . Berbeda dengan viewports yang digunakan dalam merencanakan .
22.Wire-Frame Model
Sebuah bentuk yang didefinisikan oleh garis dan kurva 3 - D . Sebuah representasi skeletal . Penghapusan garis tersembunyi tidak mungkin dengan model ini .
23. Z-Axis
Sumbu ketiga yang mendefinisikan kedalaman .
Bersiaplah bahwa anda mungkin akan perlu belajar 3D di beberapa /bidang dalam karir anda. Setelah anda merasa nyaman bekerja di 3D, pastinya anda akan jarang bahkan tidak menggunakan 2D lagi. Autodesk (pembuat AutoCAD) membuat produk lain yang dirancang khusus untuk bidang-bidang tertentu - Desktop Arsitektur, Peta, 3D Studio Max dan banyak lagi. Tergantung pada anggaran dan kebutuhan, Anda mungkin perlu untuk melihat ke dalam program-program menyerupai ini. Konsep-konsep yang diajarkan dalam pelajaran ini akan membantu anda saat anda bekerja dalam jadwal 3D.
Klik di sini untuk melihat pola render hasil dari Cad 3-D