Belajar 3-D Tngkat 2

                                                           Menggambar Isometrik

Menggunakan perintah isometrik merupakan salah satu cara yang paling sederhana untuk menawarkan representasi 3-D selama kita menggambar menggunakan 2-D . Hal ini merupakan cara yang sering di lakukan sebelum kita benar-benar menggunakan 3-D.Sering kali sebuah gambar isometrik di gunakan untuk menawarkan isu lebih lanjut mengenai detail sebuah sebuah gambar dengan 3 sudut pandang ortografi . Untuk lebih terang lihat pola di bawah ini :




Dapat anda lihat bahwa gambar di atas ialah gambar yang sangat sederhana Itu ialah dasar dari gambar isometrik pada satu objek yang menawarkan sudut pandang yang baik .Jika anda merasa semua itu sudah cukup baik menurut anda maka anda cukup menggambar dengan secara isometrik . Namun sayangnya bila anda ingin merubah , ibarat tinggi blok maka anda harus menggambar ulang keempat gambar tersebut .

Dalam Auto Cad ada sebuah perintah yang akan membantu anda menarik sudut 30 derajat dengan mudah dalam menggambar isometrik , yaitu dengan perintah isoplane . Anda dapat beralih di antara tiga 'isoplanes' (atas, kanan, kiri) dengan menggunakan perintah isoplane atau dengan menekan tombol F5.

Command   :   Isoplane ( ENTER )
Current Isoplane   :    Right ( kanan )
Enter Isometric Plane Setting ( Left , Top , Right ) <Left> T Enter
Current Isoplane   :  Top

Dengan menngunakan perintah ini , Sekarang Auto Cad sudah siap untuk menggambar pada isoplane atas. Pilihan lain anda ialah Kiri atau Kanan. Latihan pertama anda akan menggambar obyek yang ditunjukkan di atas menggunakan metode isometrik.

Contoh Gambar Isometrik 

- Mulai sebuah gambar gres dengan template Acad . dwt .
- Buat sebuah layer yang kemudian di sebut objek dan berikan warna hijau sebagai lapisan lapisan anda ketika ini .
-Ketik DDRMODES untuk membuka kotak dialog Drawing Aids . Kemudian buat pengaturan ibarat pola di bawah ini ( Aktifkan Isometric Snap ) .


Tekan OK dan anda akan melihat bahwa grid di atur untuk menggambar isometrik pada isoplane kiri dalam 1/2 tahap . Sekarang Crosshair anda miring untuk menunjukkan pada anda bahwa isoplane dan grid anda di letakkan secara berbeda .

Mulailah dengan menggambar sisi kiri kotak (ditampilkan di bab atas pelajaran) menggunakan perintah baris. Abaikan lubang pada ketika ini. Anda aka menggunakan Entry System Direct Distance untuk latihan ini dan pastikan bahwa anda telah mengaktifkan Ortho (F8) dan Osnaps (F3) .

- Sekarang beralih ke isoplane kanan (f5) yang merupakan isoplane utama anda dengan menarik sisi kanan atas .
- Buat garis sudut yang akan menambahkan permukaan miring
- Beralih kembali ke isoplane kiri untuk memulai perintah ELLISPE .

Pada prompt perintah, tekan I untuk isocircle. Ini akan memungkinkan anda untuk membuat sebuah elips di sudut yang sempurna berdasarkan jari-jari bulat dalam gambar ortografi. Gunakan Osnap untuk memilih titik sentra yang benar.

Simpan gambar anda dalam file CAD anda .

Untuk dimensi sebuah gambar isometrik, Anda harus melaksanakan beberapa hal :

- Menciptakan gaya teks yang disebut Kiri, dan menawarkan 30derajat sudut obliquing .
- Kemudian buat lain yang disebut dengan sudut obliquing a-30derajat.
- Kemudian membuat gaya dimensi gres yang memiliki teks sejajar dengan garis dimensi.
- Setelah anda telah menempatkan dimensi, gunakan perintah DIMEDIT untuk mengubah sudut obliquing dari dimensi + atau - 30 derajat. Anda juga mungkin perlu untuk menggunakan properti untuk mengubah teks dalam dimensi ke kiri atau kanan tergantung pada orientasi dimensi.

Perlu diingat bahwa ini masih hanya 2D. Ingat bahwa dalam beberapa kasus, mungkin lebih cepat dan lebih mudah untuk menggunakan metode ini daripada metode 3-D yang lebih kompleks anda akan mencar ilmu dalam pembahasan berikut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel