Belajar 3-D Tingkat 10
Satu Bentuk Sederhana
Kali ini kita akan membahas ihwal Box | Sphere | Cylinder | Cone | Wedge | Torus | Pyramid | Polysolid . Mulai sekarang anda akan beralih ke ruang kerja permodelan 3-D , Lihat ikon pada kanan bawah layar Auto Cad anda :
Apa yang di maksud dengan bentuk sederhana yakni ' blok bangunan ' yang dapat anda gunakan untuk bekerja pada 3-D . Di samping extruded dan revolved Auto Cad memiliki beberapa bentuk dasar perintah 3-D yang dapat anda gunakan . Dari sebuah bentuk yang sederhana anda dapat membangun model 3-D anda . Dalam banyak kasus, Anda menerima hasil yang sama dari menggambar bundar dan persegi panjang dan kemudian ekstrusi mereka, tetapi melakukannya satu perintah umumnya lebih cepat. Menggunakan ini dengan operasi Boolean dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk menarik dalam 3D. Ada delapan bentuk sederhana yang berbeda yang dapat anda pilih dari dan berada di Home> Modeling Tool Panel ( dikala di ruang kerja 3D ).
Bentuk : Kotak
Perintah : Box
Icon :
Keterangan : Membuat sebuah kotak padat setelah anda memperlihatkan 2 sudut dan ketinggian yang berlawanan .
Bentuk : Bola
Perintah : Sphere / SPH
Icon :
Keterangan : Menciptakan sebuah bola dengan titik sentra dan jari - jari .
Bentuk : Silinder / Tabung
Perintah : Cylinder / CYL
Icon :
Keterangan : Membuat silinder yang tinggi dengan titik sentra dan jari - jari .
Bentuk : Kerucut
Perintah : Cone
Icon :
Keterangan : Membuat sebuah kerucut yang runcing .
Bentuk : Segi Tiga
Perintah : Wedge / WED
Icon :
Keterangan : Membuat irisan segitiga dari dua poin yang berlawanan .
Bentuk : Donat
Perintah : Torus / TOR
Icon :
Keterangan : Membuat bentuk donat berdasarkan titik tengah dan jari - jari .
Bentuk : Piramida
Perintah : Pyramid / PYR
Icon :
Keterangan : Membuat bentuk piramida .
Bentuk : Polysolid
Perintah : PSOLID
Icon :
Keterangan : Menggambar benda padat mirip anda menarik garis dengan polyline .
Anda dapat menggunakan primitive / bentuk sederhana baik mulai membangun model, atau bahkan bisa menjadi objek sendiri. Banyak dari perintah ini mirip dengan perintah 2D, kecuali dengan komplemen koordinat di sumbu Z. Berikut yakni ringkasan dari pekerjaan dengan perintah ini .
Pikirkan sebuah kotak sebagai persegi panjang yang diekstrusi. Memiliki lebar, tinggi dan kedalaman . Hal ini dibuat dengan membentuk sudut awal dan kemudian membangun tikungan kedua dengan memperlihatkan koordinat relatif . Lihat teladan di bawah :
Perintah : BOX
Specify Corner of Box or ( Center ) : 2,3,4
Specify Corner or ( Cube / Length ) : @ 5,7,10
Perintah di atas akan membuat sebuah kotak dengan lebar sumbu X :5 , Panjang sumbu Y : 7 , Serta kedalaman pada sumbu Z ; 10 dengan salah satu sudut yang terletak di 2,3,4 .
Berikut yakni cara lain menggambar kotak yang sama :
Perintah : BOX
Specify Corner of Box or ( center ) : 2,3,4 .
Specify Corner or ( Cube / Length ) : 5,7 .
Specify Height ; 10 .
Dengan menggunakan metode ini, Anda membangun tikungan pertama mirip sebelumnya, tetapi hanya memasukkan X dan Y koordinat sudut yang berlawanan. AutoCAD kemudian akan meminta untuk ketinggian .
Berikut cara lain untuk menggambar kotak dengan menetapkan titik sentra kotak :
Perintah : BOX
Specify Corner of Box ( center ) : 0 , 0 , 0 : C
Center of Box : 0,0,0 : ( enter ) or ( Pilih Titik / Point )
Specify Corner or ( Cube / Length ) : @ 2,3,4 .
Cara di atas akan membuat sebuah kotak 4 x 6 x 8 pada titik sentra 0,0,0 . Cara lain untuk membuat kotak yakni :
Perintah : BOX
Specify Corner of Box or ( center ) 0,0,0 : Pilih Point .
Specify Corner or ( Cube / Length ) : C
Length : 4
Hala ini menarik sebuah kubus dengan semua pihak sama dengan 4 unit berbasis off pada titik di ambil . Cara terakhir menggambar kubus memungkinkan anda untuk memasukkan Panjang, Lebar dan Tinggi sebagai jarak yang terpisah, dan tidak didasarkan pada titik koordinat .
Perintah : BOX
Center / Corner of Box :0,0,0 ; Cube , Length , Other Corner : L
Length : 5 pada sumbu X
Width : 4 pada sumbu Y
Height : 6 pada sumbu Y
Tentu saja anda juga dapat menggambar kotak dengan memilih dua sudut yang berlawanan dengan mouse anda. Hal ini memiliki kegunaan untuk mengisi di tempat dan bisa sangat cepat. Pastikan untuk menggunakan Osnaps Anda .
SPHERE
Sphere yakni satu bentuk yang mirip sebuah lingkup ( bola- bola ) . Hal ini sangat mirip dengan menggambar bundar , namun anda memiliki radius untuk hal tersebut . Berikut dua metode untuk menggambar sphere ;
Perintah : Sphere
Specify Center Point or ( 3p / 2p / Ttr ) : <Pick Point>
Specify Radius or (Diameter ) <2.3756> : 6 (enter )
Perintah : Sphere
Specify Center Point or ( 3p / 2p / Ttr ) : <Pick Point>
Specify Raduis of Sphere or ( Diameter ) : D
Specify Diameter : 12
Kedua metode di atas akan memperlihatkan hasil yang sama . Anda juga memiliki pilihan untuk memilih 3 poin , 2 poin , atau menggunakan garis singgung dan radius ( Ttr ) .
CYLINDER
Cylinder terlihat mirip sebuah bundar yang di ektrusi . Untuk membuatnya sangat mirip dengan menciptakan bundar , namun ada perbedaan yang terlihat adanya kedalaman . Kedua teladan berikut akan membuat silinder yang sama .
Perintah : Cylinder
Current Wire Frame Density : Isoline = 4
Specify Center Point for base or cylinder or ( Elliptical ) <0,0,0> : Pick Point
Diameter / <Radius > : 2.5
Center of other end / < Height > : 1.2
Perintah : Cylinder
Current Wire frame Density : Isoline = 4
Specify Center Point for base or cylinder or ( Elliptical ) < 0,0,0 > : Pick Point
Specify Radius for Base of cylinder or ( Diameter ) : D
Diameter : 5
Specify Height of cylinder or ( center of other end ) : 1.2
CONE / KERUCUT
Menggambar Kerucut mirip dengan membuat silinder . Kecuali kalau objek mengecil kebawah ( kebalikan dari gambar di atas ) .
Perintah : Cone
Current wire frame density: isolines = 4
Specify center point for base of cone or [Elliptical] <0,0,0>:
Specify radius for base of cone or [Diameter]: 4
Specify height of cone or [Apex]: 8
Perintah : Cone
Current wire frame density: isolines = 4
Specify center point for base of cone or [Elliptical] <0,0,0>:
Specify radius for base of cone or [Diameter]: D
Specify diameter for base of cone: 8
Apex / <Height>: 8
Cara lain untuk menggambar sebuah kerucut yakni memasukkan di titik pusat, jari-jari (atau diameter) dan kemudian membangun di mana anda ingin puncak (titik kerucut) . Anda dapat mengetik di titik koordinat atau memilih titik dengan kursor anda .
Perintah : Cone
Current wire frame density: isolines = 4
Specify center point for base of cone or [Elliptical] <0,0,0>: <PICK>
Specify radius for base of cone or [Diameter]: 5
Specify height of cone or [Apex]: A
Specify apex point: @ 5,5,6
WEDGE / BAJI
Salah satu bentuk sederhana yang cukup rumit yakni wedge ( Baji / Irisan ) .Anda harus berhati - hati dalam mengkoordinasi , Anda bisa menempatkan wedge pada tempat yang anda inginkan , kalau tidak sesuai , anda bisa memutar untuk merubah objek tersebut .
Perintah : Wedge
Specify first corner of wedge or [Center] <0,0,0>: <PICK>
Specify corner or [Cube / Length]: @ 5,2,4
TORUS / Bentuk DONAT
Torus.. Satu bentuk yang mirip donat atau ban dalam . Ketika menggambarnya anda harus memasukan titk sentra , radius ke titik sentra tabung dan jari - jari tabung tersebut .
Perintah : Torus
Current wire frame density: isolines = 4
Specify center of torus <0,0,0>:
Specify radius of torus or [Diameter]: 3
Specify radius of tube or [Diameter] :. 25
Diagram di atas menerangkan diameter yang di hasilkan dari masukan di atas . Tanda sentra merupakan tanda yang di ambil dari sentra torus .
PYRAMID
Perintah : PYR ( Piramida 5 sisi )
Specify center point of base or [Edge / Sides]:
Specify base radius or [circumscribed] <4.5655>: C
Specify base radius or [Inscribed] <4.5655>: I
Specify base radius or [circumscribed] <4.5655>: 4
Specify height or [2Point / Axis endpoint / Top radius] <10.0108>: 9
Pada teladan di atas , anda menerangkan bagaimana beralih antara incribed atau circumcribed sebagai pilihan perubahan yang tergantung pada perubahan yang di pilih . Cobalah membuat teladan piramida dengan menggunakan banyak sekali metode .
POLYSOLID
Ini yakni satu perintah dalam Auto Cad yang di rilis pada tahun 2007 . Polysolid yang akan memungkinkan anda untuk menggambar benda padat dengan mendefinisikan tinggi dan lebar. Anda mungkin berpikir perintah ini ditujukan untuk para arsitek, yang akan menikmati kemampuan untuk dengan cepat menarik dinding solid .
Perintah:PSOLID/POLYSOLID Specify start point or [Object / Height / Width / Justify] <Object>: H
Specify height <96.0000>: 96
Specify start point or [Object / Height / Width / Justify] <Object>: W
Specify width <6.0000>: 6
Specify start point or [Object / Height / Width / Justify] <Object>: J
Enter justification [Left / Center / Right] <center>: L
Specify start point or [Object / Height / Width / Justify] <Object>: <Pick 1st point>
REVIEW
Seperti disebutkan dalam pelajaran sebelumnya, Solid biasanya cara untuk pergi dengan 3D CAD. Tergantung pada bidang sesuai dengan pilihan anda, Anda dapat menggunakan 3D Meshes di Drafting Sipil, Isometric di HVAC, padatan dalam mekanik, dll
Kami sarankan membiasakan diri dengan solids kalau anda melaksanakan apapun drafting mekanis atau penyusunan arsitektur kalau anda menggunakan perangkat lunak basis AutoCAD. Bila menggunakan solids , Anda biasanya akan mengambil bentuk dan mengusir itu - kemudian menggunakan perintah boolean dan lain-lain untuk mengeditnya. Berikut ini yakni bangunan dasar yang dengan cepat ditarik menggunakan banyak sekali padatan primitif.
Kali ini kita akan membahas ihwal Box | Sphere | Cylinder | Cone | Wedge | Torus | Pyramid | Polysolid . Mulai sekarang anda akan beralih ke ruang kerja permodelan 3-D , Lihat ikon pada kanan bawah layar Auto Cad anda :
Apa yang di maksud dengan bentuk sederhana yakni ' blok bangunan ' yang dapat anda gunakan untuk bekerja pada 3-D . Di samping extruded dan revolved Auto Cad memiliki beberapa bentuk dasar perintah 3-D yang dapat anda gunakan . Dari sebuah bentuk yang sederhana anda dapat membangun model 3-D anda . Dalam banyak kasus, Anda menerima hasil yang sama dari menggambar bundar dan persegi panjang dan kemudian ekstrusi mereka, tetapi melakukannya satu perintah umumnya lebih cepat. Menggunakan ini dengan operasi Boolean dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk menarik dalam 3D. Ada delapan bentuk sederhana yang berbeda yang dapat anda pilih dari dan berada di Home> Modeling Tool Panel ( dikala di ruang kerja 3D ).
Bentuk : Kotak
Perintah : Box
Icon :
Keterangan : Membuat sebuah kotak padat setelah anda memperlihatkan 2 sudut dan ketinggian yang berlawanan .
Bentuk : Bola
Perintah : Sphere / SPH
Icon :
Keterangan : Menciptakan sebuah bola dengan titik sentra dan jari - jari .
Bentuk : Silinder / Tabung
Perintah : Cylinder / CYL
Icon :
Keterangan : Membuat silinder yang tinggi dengan titik sentra dan jari - jari .
Bentuk : Kerucut
Perintah : Cone
Icon :
Keterangan : Membuat sebuah kerucut yang runcing .
Bentuk : Segi Tiga
Perintah : Wedge / WED
Icon :
Keterangan : Membuat irisan segitiga dari dua poin yang berlawanan .
Bentuk : Donat
Perintah : Torus / TOR
Icon :
Keterangan : Membuat bentuk donat berdasarkan titik tengah dan jari - jari .
Bentuk : Piramida
Perintah : Pyramid / PYR
Icon :
Keterangan : Membuat bentuk piramida .
Bentuk : Polysolid
Perintah : PSOLID
Icon :
Keterangan : Menggambar benda padat mirip anda menarik garis dengan polyline .
Anda dapat menggunakan primitive / bentuk sederhana baik mulai membangun model, atau bahkan bisa menjadi objek sendiri. Banyak dari perintah ini mirip dengan perintah 2D, kecuali dengan komplemen koordinat di sumbu Z. Berikut yakni ringkasan dari pekerjaan dengan perintah ini .
Pikirkan sebuah kotak sebagai persegi panjang yang diekstrusi. Memiliki lebar, tinggi dan kedalaman . Hal ini dibuat dengan membentuk sudut awal dan kemudian membangun tikungan kedua dengan memperlihatkan koordinat relatif . Lihat teladan di bawah :
Perintah : BOX
Specify Corner of Box or ( Center ) : 2,3,4
Specify Corner or ( Cube / Length ) : @ 5,7,10
Perintah di atas akan membuat sebuah kotak dengan lebar sumbu X :5 , Panjang sumbu Y : 7 , Serta kedalaman pada sumbu Z ; 10 dengan salah satu sudut yang terletak di 2,3,4 .
Berikut yakni cara lain menggambar kotak yang sama :
Perintah : BOX
Specify Corner of Box or ( center ) : 2,3,4 .
Specify Corner or ( Cube / Length ) : 5,7 .
Specify Height ; 10 .
Dengan menggunakan metode ini, Anda membangun tikungan pertama mirip sebelumnya, tetapi hanya memasukkan X dan Y koordinat sudut yang berlawanan. AutoCAD kemudian akan meminta untuk ketinggian .
Berikut cara lain untuk menggambar kotak dengan menetapkan titik sentra kotak :
Perintah : BOX
Specify Corner of Box ( center ) : 0 , 0 , 0 : C
Center of Box : 0,0,0 : ( enter ) or ( Pilih Titik / Point )
Specify Corner or ( Cube / Length ) : @ 2,3,4 .
Cara di atas akan membuat sebuah kotak 4 x 6 x 8 pada titik sentra 0,0,0 . Cara lain untuk membuat kotak yakni :
Perintah : BOX
Specify Corner of Box or ( center ) 0,0,0 : Pilih Point .
Specify Corner or ( Cube / Length ) : C
Length : 4
Hala ini menarik sebuah kubus dengan semua pihak sama dengan 4 unit berbasis off pada titik di ambil . Cara terakhir menggambar kubus memungkinkan anda untuk memasukkan Panjang, Lebar dan Tinggi sebagai jarak yang terpisah, dan tidak didasarkan pada titik koordinat .
Perintah : BOX
Center / Corner of Box :0,0,0 ; Cube , Length , Other Corner : L
Length : 5 pada sumbu X
Width : 4 pada sumbu Y
Height : 6 pada sumbu Y
Tentu saja anda juga dapat menggambar kotak dengan memilih dua sudut yang berlawanan dengan mouse anda. Hal ini memiliki kegunaan untuk mengisi di tempat dan bisa sangat cepat. Pastikan untuk menggunakan Osnaps Anda .
SPHERE
Sphere yakni satu bentuk yang mirip sebuah lingkup ( bola- bola ) . Hal ini sangat mirip dengan menggambar bundar , namun anda memiliki radius untuk hal tersebut . Berikut dua metode untuk menggambar sphere ;
Perintah : Sphere
Specify Center Point or ( 3p / 2p / Ttr ) : <Pick Point>
Specify Radius or (Diameter ) <2.3756> : 6 (enter )
Perintah : Sphere
Specify Center Point or ( 3p / 2p / Ttr ) : <Pick Point>
Specify Raduis of Sphere or ( Diameter ) : D
Specify Diameter : 12
Kedua metode di atas akan memperlihatkan hasil yang sama . Anda juga memiliki pilihan untuk memilih 3 poin , 2 poin , atau menggunakan garis singgung dan radius ( Ttr ) .
CYLINDER
Cylinder terlihat mirip sebuah bundar yang di ektrusi . Untuk membuatnya sangat mirip dengan menciptakan bundar , namun ada perbedaan yang terlihat adanya kedalaman . Kedua teladan berikut akan membuat silinder yang sama .
Perintah : Cylinder
Current Wire Frame Density : Isoline = 4
Specify Center Point for base or cylinder or ( Elliptical ) <0,0,0> : Pick Point
Diameter / <Radius > : 2.5
Center of other end / < Height > : 1.2
Perintah : Cylinder
Current Wire frame Density : Isoline = 4
Specify Center Point for base or cylinder or ( Elliptical ) < 0,0,0 > : Pick Point
Specify Radius for Base of cylinder or ( Diameter ) : D
Diameter : 5
Specify Height of cylinder or ( center of other end ) : 1.2
CONE / KERUCUT
Menggambar Kerucut mirip dengan membuat silinder . Kecuali kalau objek mengecil kebawah ( kebalikan dari gambar di atas ) .
Perintah : Cone
Current wire frame density: isolines = 4
Specify center point for base of cone or [Elliptical] <0,0,0>:
Specify radius for base of cone or [Diameter]: 4
Specify height of cone or [Apex]: 8
Perintah : Cone
Current wire frame density: isolines = 4
Specify center point for base of cone or [Elliptical] <0,0,0>:
Specify radius for base of cone or [Diameter]: D
Specify diameter for base of cone: 8
Apex / <Height>: 8
Cara lain untuk menggambar sebuah kerucut yakni memasukkan di titik pusat, jari-jari (atau diameter) dan kemudian membangun di mana anda ingin puncak (titik kerucut) . Anda dapat mengetik di titik koordinat atau memilih titik dengan kursor anda .
Perintah : Cone
Current wire frame density: isolines = 4
Specify center point for base of cone or [Elliptical] <0,0,0>: <PICK>
Specify radius for base of cone or [Diameter]: 5
Specify height of cone or [Apex]: A
Specify apex point: @ 5,5,6
WEDGE / BAJI
Salah satu bentuk sederhana yang cukup rumit yakni wedge ( Baji / Irisan ) .Anda harus berhati - hati dalam mengkoordinasi , Anda bisa menempatkan wedge pada tempat yang anda inginkan , kalau tidak sesuai , anda bisa memutar untuk merubah objek tersebut .
Perintah : Wedge
Specify first corner of wedge or [Center] <0,0,0>: <PICK>
Specify corner or [Cube / Length]: @ 5,2,4
TORUS / Bentuk DONAT
Torus.. Satu bentuk yang mirip donat atau ban dalam . Ketika menggambarnya anda harus memasukan titk sentra , radius ke titik sentra tabung dan jari - jari tabung tersebut .
Perintah : Torus
Current wire frame density: isolines = 4
Specify center of torus <0,0,0>:
Specify radius of torus or [Diameter]: 3
Specify radius of tube or [Diameter] :. 25
Diagram di atas menerangkan diameter yang di hasilkan dari masukan di atas . Tanda sentra merupakan tanda yang di ambil dari sentra torus .
PYRAMID
Perintah : PYR ( Piramida 5 sisi )
Specify center point of base or [Edge / Sides]:
Specify base radius or [circumscribed] <4.5655>: C
Specify base radius or [Inscribed] <4.5655>: I
Specify base radius or [circumscribed] <4.5655>: 4
Specify height or [2Point / Axis endpoint / Top radius] <10.0108>: 9
Pada teladan di atas , anda menerangkan bagaimana beralih antara incribed atau circumcribed sebagai pilihan perubahan yang tergantung pada perubahan yang di pilih . Cobalah membuat teladan piramida dengan menggunakan banyak sekali metode .
POLYSOLID
Ini yakni satu perintah dalam Auto Cad yang di rilis pada tahun 2007 . Polysolid yang akan memungkinkan anda untuk menggambar benda padat dengan mendefinisikan tinggi dan lebar. Anda mungkin berpikir perintah ini ditujukan untuk para arsitek, yang akan menikmati kemampuan untuk dengan cepat menarik dinding solid .
Perintah:PSOLID/POLYSOLID Specify start point or [Object / Height / Width / Justify] <Object>: H
Specify height <96.0000>: 96
Specify start point or [Object / Height / Width / Justify] <Object>: W
Specify width <6.0000>: 6
Specify start point or [Object / Height / Width / Justify] <Object>: J
Enter justification [Left / Center / Right] <center>: L
Specify start point or [Object / Height / Width / Justify] <Object>: <Pick 1st point>
REVIEW
Seperti disebutkan dalam pelajaran sebelumnya, Solid biasanya cara untuk pergi dengan 3D CAD. Tergantung pada bidang sesuai dengan pilihan anda, Anda dapat menggunakan 3D Meshes di Drafting Sipil, Isometric di HVAC, padatan dalam mekanik, dll
Kami sarankan membiasakan diri dengan solids kalau anda melaksanakan apapun drafting mekanis atau penyusunan arsitektur kalau anda menggunakan perangkat lunak basis AutoCAD. Bila menggunakan solids , Anda biasanya akan mengambil bentuk dan mengusir itu - kemudian menggunakan perintah boolean dan lain-lain untuk mengeditnya. Berikut ini yakni bangunan dasar yang dengan cepat ditarik menggunakan banyak sekali padatan primitif.