Desain meja unik berbahan bambu



14 februari 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Meja didefinisikan sebagai sebuah bidang datar dengan kaki kaki dan daun mejanya sendiri, biasanya berpasangan dengan bangku kursi, namun kasus menyerupai ini sangat bergantung dengan fungsi meja itu sendiri. Berbeda dengan bangku yang memiliki fungsi sewenang-wenang untuk di duduki pada kasus meja, meja memiliki fungsi yang lebih beragam. Namun pada pembahasan kita kali ini, kita membahas meja kaitannya dengan ruang ruang pada bangunan, menyerupai meja pada ruang santai, meja pada ruang tamu dan atau meja makan, dan di kaitkan lagi dengan material utamanya yang berbahan bambu.

image courtesy by Ed van Engelen




image courtesy by Elena Goray
Bambu sendiri merujuk kepada sebuah  tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas ruas pada batangnya. Berbeda dengan rumput rumputan lainnya bambu memiliki dimensi dan kekutan yang jauh lebih besar. Lebih umum di gunakan sebagai material bangunan baik bersifat konstruktif maupun artistik. Bambu memiliki dimensi fungsi yang sangat luas tidak terkecuali fungsinya sebagai meja pada pembahasan kita kali ini.

image courtesy by susansilverantiques
Meja bambu biasanya memadukan material bambu dan materi yang sudah umum di gunakan sebagai daun mejanya, meskipun tidak selalu yah. Maksudnya meja bambu biasanya bab top table atau bidang datar mejanya ini menggunakan materi lain yang lebih datar menyerupai kaca, papan kayu maupun multipleks. Maklum saja permukaan meja yang menggunakan bambu saja cenderung tida rata dan bergelombang.

9 Desain bangku unik berbahan bambu
Arsitektur bambu
Desain sentra aktivitas anak anak di kolombia
Prinsip prinsip mendesain bandara oleh Yudhaprana Sugarda
Desain rumah modular berbahan bambu 

image courtesy by californiahomedesign
Dengan teknologi ketika ini memang bambu dapat di pres dan menjadi lembaran papan papan yang sangat rata, namun kanal terhadap teknologi ini belum merata, selain itu bambu dengan teknologi ini cenderung memiliki harga yang jauh lebih mahal. Dengan metode sederhana untuk membuat bidang yang lebih rata dengan tetap menggunakan bambu yaitu dengan mensorti bambu menjadi bilah bilah yang lebih tipis dan kecil, kemudian bilah bilah ini di sulam sampai membentuk lembaran lembaran. Lembaran lembaran ini kemudian di gunakan sebagai ganjal bidang meja.


image courtesy by tikamoon
Pada gambar meja bambu di bawah ini, menandakan bagaimana perpaduan yang kontras antara bambu dan beling menghasilkan sesuatu yang gres dan unik. Dimana bambu di himpun dengan susunan tertentu dan dengan jumlah tertentu untuk menghasilkan keseimbangan dan kekokohan pada meja, beling sendiri menjadi daun meja, atau table top meja. Bersih, modern, gres dan sangat unik.

image courtesy by carlmoreantiques

Sayembara desain arsitektur terbaru 2016
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Perumahan modern minimalis di gowa sulawesi selatan



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel