Mahir Auto Cad 10

                                                         Gaya Dimensi Dalam Auto Cad

Sebuah gambar harus berisi gosip tertentu . Kebanyakan dari sebuah gambar akan membuktikan pada anda gosip wacana objek tersebut tak terkecuali wacana dimensi gambar tersebut . Anda akan melihat betapa pentingnya bahwa gambar yang di gunakan untuk memberikan gosip memiliki gosip dan juga dimensi ukuran secara akurat .

Pada pembahasan sebelumnya pada Belajar Auto Cad 8 anda telah mengetahui wacana dimensi . Untuk lebih menguasai hal tersebut anda harus memiliki konsep yang baik untuk hal tersebut .

Ada banyak cara untuk dimensioning pada gambar , semuanya memiliki penyususnan yang disiplin sesuai dengan aturan . Misalnya ; sebuah gambar roda gigi / gear akan menggunakan gaya yang berbeda dari dimensi dan subdivisi . Di sini kita akan menggunakan penyusunan mekanik sebagai background . Kaprikornus anda akan menggunakannya sebagai pola bagaimana anda bekerja dengan pengaturan dimensi pada gambar anda .

Contoh di bawah merupakan gambar yang dapat di dimensioning ;


Seperti yang anda lihat , pada gambar sederhana tersebut hanya 8 dimensi yang di perlukan untuk memberikan semua gosip wacana ukuran dan bentuk objek .  Dengan sedikit info lebih , anda dapat memiliki semua yang di  butuhkan untuk membuatnya . Ini juga merupakan gaya default pada template Auto Cad anda .

Di bawah ini merupakan gambar yang sama , namun dengan toleransi perhiasan dan keterangan dari objek tersebut .


Perubahan dimensi di atas di lakukan dengan cukup mudah dengan perintah DDIM . Perintah tersebut akan membuka kotak dialog untuk mengubah parameter dimensi anda . Gaya teks juga berubah pada pola di atas .

Hal yang membuat Auto Cad sangat ahli ialah jadwal yang serbaguna . Dalam hal wacana dimensi , anda dapat memodifikasi komponen yang merupakan bab dari hal tersebut . Berikut ialah nama - nama bab dari dimensi :


Anda juga mengubah teks pada dimensi secara dramatis menyerupai pola di bawah :


Pengaturan Gaya Dimensi

Sekarang anda sudah tahu apa yang dapat di lakukan dengan Dimensi , Bagaimana hal tersebut di lakukan ? Semua ada dalam kotak dialog DDIM ( Dimension Style Manager ) . 
 

Pada sebelah kiri ialah gaya anda ketika bekerja dengan Auto Cad .

Di sini anda akan mencoba membuat gaya dimensi gres lalu menggunakannya dalam gambar . Anda harus mencoba aneka macam gaya yang berbeda untuk lebih menguasai hal tersebut . Mungkin banyak orang yang menggunakan pengaturan gaya dimensi secara standar , namun dengan ini anda menjadi lebih profesional .

Mulai dengan perintah DDIM lalu tekan New untuk membuka kotak dialog kecil untuk gaya gres yang akan anda ciptakan . Pada pola ini akan menggunakan " DIMSTYLE 1 " .

Pastikan anda memulai dengan perintah standar untuk settingan awal . Lalu tekan continue kalau pengaruran telah sesuai dengan impian anda . Hal itu akan membuka kotak dialog untuk satu pengaturan , tekan ok untuk menutupnya kalau anda telah selesai .

Kembali pada kotak dialog " Dimension Style Manager " , maka anda akan melihat gaya gres anda telah tercipta . Untuk mengubahnya , tekan nama kemudian tekan tombol modifikasi . Sebuah kotak dialog akan terbuka lalu klik pada tab kedua ( Symbols dan Arrows ) .


Sebagai pengaturan umum , sebaiknya anda tidak banyak melaksanakan perubahan terutama ketika anda masih tahap berguru . Secara default , dimensi memiliki pengaturan secara proporsioanal . Jika anda melaksanakan pengaturan pada satu parameter , dimensi anda dapat terlihat tidak seimbang . Sebagai pola , anda dapat menciptakan arrow ( panah ) besar dan teks kecil .

Pada pembahasan di sini , satu - satunya hal yang akan berubah ialah Arrowhead ( ujung panah ) . Pilih sesuatu yang berbeda dan lebih dari standar , anda juga dapat mengatur warna namun akan terlihat menyerupai objek biasa . Yang terbaik ialah lakukan per layer . Kaprikornus pastikan anda memiliki layer / lapisan terpisah untuk semua dimensi .

Sekarang saatnya untuk tab ke tiga , mulai dengan membuka kotak dialog " text style " dengan menekan tombol di samping goresan pena text . Buat text style gres menggunakan model Romans dengan lebar 0,8 lalu beri nama Dimtext .

Hal yang menarik dari kotak dialog ini ialah bahwa hal ini membuktikan preview dari apa yang anda lakukan pada perubahan dimensi yang terlihat pada jendela kanan atas . Pada kanan bawah pilih Iso Standar untuk keselarasan text . Cobalah lakukan beberapa perubahan lalu lihat alhasil dengan klik preview , lalu tutup dengan pengaturan menyerupai pola di bawah :


Sejauh ini anda tidak melaksanakan banyak perbahan , namun anda telah melihat dua tab pilihan tersedia . Klik next tab untuk melanjtkan ,

Pada unit primer , anda melihat parameter yang lebih umum untuk di rubah . Ingat bahwa presisi sangat penting di sini . Pertama anda tidak perlu membuktikan 4 penggalan desimal , kalau anda menggunakan 4 penggalan desimal lalu mengirimkan gambar anda ke komputer , maka anda akan memintanya untuk membuat bab menjadi 1/10000 unit . Dan hal tersebut akan menimbulkan kesalahan yang sangat fatal . Biasanya 3 penggalan desimal sudah sangat cukup . 


Buat perubahan menyerupai yang anda lakukan di atas dan lihat tampilan setiap kali selesai melaksanakan perubahan . Pada tab ini anda juga dapat mengatur skala secara keseluruhan pada dimensi anda . Hal ini juga dapat di lakukan dengan perintah DimScale .

Berikut pengaturan Dimscale 

Jika anda memilik ukuran dimensi yang terlalu besar atau terlalu kecil pada gambar anda , maka lakukan perintah Dimscale . Jika ukuran dimscale anda ketika ini ialah 1 , maka anda dapat memasukan angka yang lebih besar untuk membuat dimensi yang lebih besar . Begitu juga sebaliknya . Hal ini tidak akan merubah nilai dimensi , namun hanya ukuran dimensi . 

Untuk membuat ukuran dimensi anda menjadi lebih kecil , anda juga dapat memasukan penggalan atau angka desimal . Angka - angka tersebut di dasarkan dari ukuran standar yang di tetapkan dalam kotak dialog DDIM anda . Misal kalau anda memasukan angka 12 untuk membuat dimensi lebih besar , maka kalau anda memasukan 1/2 tidak akan membuat nya jadi lebih kecil menjadi 6 . Karena setelah anda mengubah DIMSCALE , semua dimensi gres akan menggunakan skala tersebut . 

Dengan menggunakan DIMSCALE maka akan mempermudah seseorang mambaca gambar anda . Seting DIMSCALE anda sebelum memasukan semua dimensi anda . Setelah mengubah skala , anda tidak akan melihat perubahan . Namun anda perlu memperbarui dimensi anda . Lihat langkah di bawah ini :

Perintah : DIMSCALE
Enter New Value for Dimscale ( 1.0000) : 12
Perintah : DIM
Dim : Update
Select Object : All ( 2 di temukan ) 
Select Object : enter
Tekan ( esc ) dua kali untuk keluar dari promp tersebut .

Untuk tab berikutnya di gunakan kalau anda ingin menampilkan dua unit yang berbeda dalam satu dimensi .Sebagai pola anda akan membuat gambar dalam ukuran inchi , maka dimensi dengan inci akan menjadi dimensi utama anda dan unit alternatif di belakangnya . Lewati dulu langkah ini dan pribadi menuju ke tab terakhir ( toleransi ) .

Dalam pola ini anda akan mengatur toleransi +/- 0,5 unit dan menampilkan nya sebesar 80% dari unit utama . Terdengah mudah bukan ? Lihat gambar di bawah untuk lebih terperinci :
   

Sekali lagi , lakukan pratinjau yang akan membuktikan hasil dari perubahan yang anda lakukan , tekan OK untuk menutup kotak dialog . Di awal " Dimension Style Manager " tekan nama gaya gres anda dengan klik tombol " make current " . Setelah itu tutup kotak dialog untuk kembali ke gambar kerja anda .

Gambar satu bentuk potongan dengan menggunakan dimensi gaya gres anda menyerupai di bawah :


Sekarang anda telah memiliki pemahaman dasar wacana bagaimana dimensi bekerja , anda juga dapat bereksperimen dan membuat gaya anda sendiri .

Berikut ialah beberapa aturan umum wacana dimensi :
  • Jauhkan dari layer / lapisan yang terpisah .
  • Lakukan dimensioning menjelang final gambar anda , atau pindahkan mereka ketika anda menambahkan lebih banyak objek .
  • Gunakan Osnaps anda dan pastikan anda menggunakanya .
  • Gunakan warna yang unik pada gambar anda , ingat beri warna berbeda untuk membuatnya lebih mudah untuk di fahami . 
  • Setelah anda membut dimensi pertama anda , Auto Cad akan menciptakan layer gres yang di sebut " Defpoint " yang di gunakan untuk melihat yang berada di garis final ekstensi .Ingat jangan membuat gambar di layer tersebut alasannya tidak akan tercetak .
  • Jaga jarak anatar dimensi dan garis objek menggunakan DDE ketika menempatkan Dims . 
  • Jangan melebihi garis pembatas ( baik dimensi atau objek ) .
  • Gunakan dimensi secara menyeluruh pada semua pengukuran yang ada .
  • Coba untuk menjaga dimensi di luar objek yang di dimensioning . 
  • Jika anda ingin mengubah dimensi , lakukan dalam properti ( klik kanan > properties ) 
Dimensi Pada Layout

Jika anda telah erat dengan Layout ( Paper Space ) menyerupai yang di bahas pada Auto Cad Lanjutan 7 , maka di sini ialah lanjutanya yang membahas Layout pada dimensi .

Gunakan gambar potongan menyerupai di atas , hapus semua dimensi kemudian beri skala 24 x . Pergi ke tata letak ( layout ) dengan menggunakan zoom dari 1/12 xp untuk viewport anda .

Setelah itu mulai lakukan dimensioning gres anda . Auto Cad akan melaksanakan dimensioning pada layout anda . Hal ini akan mengenali skala viewport dan menemukan ukuran yang benar dari objek yang anda dimensioning .

Lebih baik anda melaksanakan dimensioning pada layout anda . Hal ini di karenakan untuk objek 3-D sistim ini jauh lebih mudah .Selain itu anda hanya perlu satu ukuran dimensi untuk tampilan secara mendetail . Anda juga dapat menambahkan judul blok , catatan , dan dimensi pada satu area .

Semoga pembahasan pada halaman ini membuat anda menjadi lebih profesional menggunakan dimensi secara akurat . Contoh penggunaan dimensi secara sederhana dapat anda lihat pada gambar di bawah .
  


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel