Fungsi Denah Rumah Sederhana yang Mumpuni

Denah rumah sederhana biasanya hadir sebagai aksesori brosur rumah yang disediakan bab pemasaran pengembang atau pelaku bisnis properti. Denah rumah sederhana ini biasanya berbentuk coretan gambar grafis tanpa warna.

Sketsa sketsa rumah sederhana

Denah rumah sederhana diharapkan oleh mereka yang hendak membangun atau membeli  rumah sederhana. Denah berkhasiat sebagai patokan pembangunan rumah atau sebagai bab dari perencanaan anggaran biaya pembangunan. Dengan membaca denah, bisa diperkirakan seberapa banyak material yang dibutuhkan untuk membangun rumah.

Pada sketsa rumah sederhana juga akan tampak seberapa sederhana kondisi sebuah rumah, bagaimana desain bangunannya, dan materi apa saja yang digunakan. Denah rumah sederhana akan digambar sedemikain rupa, sehingga tampak seakan-akan dilihat dari bab atas, tanpa atap.
Pada sketsa akan tampak posisi jendela, posisi pintu, ruangan-ruangan, berikut ukurannya. Denah rumah sederhana juga akan menampilkan luas ruangan atau luas bangunan, sehingga orang yang membutuhkan gosip akan bangunan rumah sederhana yang tergambar pada sketsa akan terpuaskan.   

Denah rumah sederhana tampak depan

Keterangan Denah

Denah rumah sederhana akan menampilkan beberapa keterangan ibarat skala untuk menawarkan laus bangunan/tanah, bahan-bahan yang digunakan, juga luas ruangan. Pada sketsa rumah sederhana akan tampak bahwa bangunan tidak terlalu luas, biasanya hanya terdiri dari dua kamar agak besar atau tiga kamar berukuran kecil. Fasilitas ruangan pun bisanya standar saja, terdiri dari ruang tamu, ruang tengah atau ruang keluarga, kamar, dapur, dan kamar mandi.

Pada sketsa rumah sederhana akan tampak bahwa kelebihan luas tanahnya tidak begitu banyak. Selain itu, walaupun tidak dijelaskan dalam denah, namun rumah sederhana biasanya menggunakan materi produk dalam negeri berkualitas baik.

Desain Eksterior yang Mumpuni

Banyak orang menduga bahwa rumah sederhana itu jelek. Padahal tidak demikian, alasannya yaitu rumah sederhana pun bisa saja didesain dalam model mutakhir dan modern, sehingga tidak kehilangan unsur artistiknya.  Rumah sederhana juga bisa diberi taman yang atraktif ibarat halnya rumah mewah. Hanya, yang membedakan yaitu luas taman dan bahan-bahan yang digunakan. Taman pada rumah sederhana biasanya tidak banyak menggunakan bebatuan hias yang mahal, namun dengan keahlian desain eksterior yang mumpuni, di lahan terbatas pun bisa saja tercipta taman yang bernilai seni. Hal paling penting yaitu kemampuan desainer eksterior dalam menjaga proporsi taman dalam banyak sekali aspek.  
 
Contoh sketsa rumah sederhana dan rumah yang sudah jadi

Denah rumah sederhana pun biasanya menampilkan taman, jikalau memang ada. Dalam denah, walaupun hanya gambar kecil berupa coretan grafis, segala gosip telah termuat di dalamnya.

Rencana Membangun Rumah

Jika Anda berniat membangun rumah sederhana, biasanya pelaksana projek akan membuat sketsa rumah sederhana terlebih dahulu. Dalam hal ini, sketsa berfungsi sebagai rancangan bangunan yang bisa dikoreksi, diperbaiki, atau dilengkapi sesuai kebutuhan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel