5 Cara Efektif Mengusir Tikus Supaya Kapok Berkeliaran Di Rumah

Kehadiran binatang pengerat yang satu ini memang sering menciptakan penghuni rumah jengkel, bagaimana tidak? selain menciptakan rumah kotor, tikus juga selalu merusak barang-barang yang ada di dalam rumah. 

Pastinya aneka macam cara telah mereka lkitakan untuk mencegah binatang carnivora ini biar tidak berkeliaran di rumah, mulai dari memasang perangkap hingga memperlihatkan kuliner yang ditaburi racun biar tikus tersebut mati. Mungkin Anda juga sudah bosan dan merasa frustasi dalam mengusir tikus dari rumah alasannya pada kenyataannya binatang tersebut masih saja kembali masuk ke dalam rumah Anda. 

Kehadiran binatang pengerat yang satu ini memang sering menciptakan penghuni rumah jengkel 5 Cara Efektif Mengusir Tikus Agar Kapok Berkeliaran Di Rumah

Namun bukan berarti kita harus kalah sama binatang pengerat ini, masih banyak cara efektif yang sanggup menghalau kehadiran tikus di rumah. Nah, kali ini kami akan membagikan 5 cara efektif mengusir tikus biar kapok berkeliaran di rumah Anda, pribadi saja kita simak tips-nya di bawah ini :

1. Kenali keberadaan tikus

Pastikan engkau mengetahui keberadaan tikus di sekitar rumah. Lubang atau liang yang mengarah ke dalam tanah yakni tengkau keberadaan tikus, oleh alasannya itu periksa dengan teliti area sekitar rumah Anda apakah terdapat lubang yang mencurigakan, bila ada maka sanggup jadi lubang tersebut yakni lubang tikus. 

Segera tutup lubang tersebut hingga binatang tersebut tidak sanggup masuk kembali ke sarangnya. Selain itu kotoran dan wangi tidak sedap juga sanggup jadi tengkau keberadaan tikus, perhatikan juga jejak kaki dan lemak tikus yang sering tercecer di lantai untuk mengetahui daerah persembunyian binatang tersebut.

2. Kelola sampah dengan baik

Tikus sangat suka mencari makanannya di daerah yang kotor, oleh alasannya itu jangan biarkan sampah berceceran di area rumah. Pastikan daerah sampah yang Anda miliki masih dalam kondisi layak pakai dan tertutup dengan sangat baik, bahkan kalau sudah terlalu kotor, Anda harus membersihkannya secara berkala.

Selanjutnya agenda pembuangan sampah juga harus sempurna waktu, jangan hingga sampah menumpuk terlalu usang di dalam rumah. 

3. Bersihkan area rumah

Nah, tips mengusir tikus yang paling penting yakni menjaga rumah selalu dalam keadaan bersih. Rumah harus benar-benar higienis kalau ingin terbebas dari tikus, bersihkan lantai secara rutin dengan cara disapu dan dipel, terutama di sekitar area dapur yang sering sekali terlupakan. 

Oleh alasannya itu mulai kini pastikan lantai dapur selalu bersih, selain itu jangan lupa juga untuk selalu membersihkan peralatan bekas memasak dan membuang sisa kuliner setelah masak. Jika ada yang materi kuliner yang masih terpakai, kemas dalam wadah tertutup dan simpan di daerah yang kondusif dari tikus.

4. Tutup celah atau jalan masuk tikus

Perlu diketahui bahwa binatang pengerat yang memakan segala jenis makan ini sanggup masuk melalui celah dengan ukuran 1,2 cm sekalipun, alasannya memiliki tulang belakang yang fleksibel.

Seringkali tanpa kita sadari banyak jalan atau celah yang sanggup menjadi jalan masuk bagi tikus untuk masuk ke dalam rumah. Seperti contohnya melalui rongga di bawah pintu yang tidak rapat dengan lantai, celah kabel pada dinding, jendela dan lubang ventilasi, maupun melalui celah yang ada pada pipa paralon.

Jadi, segera tutup celah yang sekiranya sanggup berpotensi jadi jalan tikus yang terdapat di sekeliling rumah Anda.

5. Rapikan barang-barang

Cara efektif mengusir tikus yang terakhir yakni dengan membereskan barang-barang yang ada di dalam rumah. Kondisi barang-barang yang berserakan di dalam sebuah ruangan menyerupai gudang biasanya akan memancing kedatangan tikus. 

Oleh alasannya itu rapikan dan susunlah penyimpanan barang-barang secara sistematis, caranya Anda sanggup memasukkan barang-barang homogen yang sudah tidak dipakai ke dalam sebuah wadah penyimpanan. Tumpukan barang di dalam ruangan pun jangan hingga melekat dengan dinding, hal ini untuk meminimalisir ruang gerak tikus serta memantau pergerakannya.

Itulah 5 cara ampuh mengusir tikus biar tidak lagi berkeliaran di rumah engkau, terima kasih dan selamat mencoba tipsnya ;)


*sumber : Kompas.com

Sumber http://ide-rumahku.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel