Arsitektur Model Rumah Tropis

Dalam mengonsep sebuah rumah, bukan hanya segi dekorasi atau konsep interior dan eksteriornya saja yang harus diperhatikan. Segi iklim juga wajib menerima perhatian. Indonesia mempunyai curah hujan sepanjang tahun dengan rahmat sinar matahari yang melimpah ruah yang sanggup dirasakan.

 Dengan iklim tropis, keadaan bangunan dan rumah yang didesain juga harus disesuaikan. Arsitek mempunyai cara tersendiri untuk mendesain rumah di tempat beriklim tropis. Trik–trik Arsitektur Tipe Rumah Tropis tentunya diadaptasi dengan keadaan iklim tropis yang ada di negara kita. Berikut ini trik – trik mendesain rumah tropis di iklim yang tropis :
 bukan hanya segi dekorasi atau konsep interior dan eksteriornya saja yang harus diperhati Arsitektur Model Rumah Tropis
Sumber gambar: http://desainrumahminimalismu.com
  1. Pada iklim tropis yang curah hujannya sanggup dikatakan cukup tinggi dan dibarengi dengan matahari yang begitu terik, sanggup mengakibatkan kelembaban udara yang tinggi pula. Nah, bila kelembaban udara tinggi, maka penyakit gampang hinggap pada rumah yang tidak didesain menyesuaikan dengan keadaan iklim yang ada. Tipe arsitektur bagi rumah di iklim yang tropis, cocok memakai desain dengan bukaan yang lebar, pintu yang cukup dan ventilasi udara yang memadai pula. Dengan stengkaurisasi bukaan yang lebar ini sanggup mempermudah sirkulasi udara serta menjaga kelembaban dalam ruangan.
  2. Struktur atap harus sesuai. Pada lingkungan daerah tropis, atap yang didesain pada sebuah rumah pastikan tingkat kemiringan atap yang sesuai contohnya sekitar 30 atau 40 derajad. Hal ini alasannya yaitu di daerah iklim tropis mempunyai curah hujan yang tinggi, dengan tingkat kemiringan yang ideal tentu air sanggup mengalir dengan gampang dikala demam isu hujan tiba sehingga tidak menggenang dibagian atap rumah.
  3. Sesuaikan rumah dengan arah angin biar rumah sanggup sejuk. Dan engkau sanggup menciptakan taman dengan tumbuhan yang tinggi untuk membelokkan angin bila rumah engkau terlanjur mempunyai bukaan yang tidak sesuai dengan arah dimana angin datang.
Pastikan membangun rumah dengan Arsitektur Tipe Rumah Tropis bila engkau hidup di sebuah daerah yang beriklim tropis, khususnya Indonesia. Atur tingkat kelembaban dalam ruangan biar ruangan terhindar dari jamur dan kesehatan dalam ruangan terkontrol.

Sumber http://www.desainrumahmini.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel