Membuat Pondasi Rumah Panggung

Masyarakat Indonesia jaman dahulu lebih banyak menciptakan rumah dengan bentuk rumah panggung. Masyarakat jaman dahulu mempercayai bahwa rumah panggung ialah hunian yang paling ideal. Tujuan orang jaman dahulu menciptakan rumah panggung untuk mengantisipasi terjadinya petaka mirip banjir dan keadaan tanah yang berawa. Selain alasan tersebut alasan mereka menciptakan rumah panggung ialah untuk menghindari munculnya binatang yang berbahaya. Pada dasarnya bangunan rumah panggung ialah warisan nenek moyang yang dibangun terus secara turun temurun, dan dengan kekuatan tradisi tersebut rumah panggung masih dipertahankan. Rumah panggung identik dengan kehidupan masyarakat pesisir.

Rumah Panggung mempunyai bentuk bangunan yang sangat unik dengan adanya kolong di bawah rumahnya. Sebenarnya rumah pangung ini tidak jauh beda dengan rumah tradisional pada umumnya, yang membedakan ialah bentuk bangunannya lebih tinggi, dan bagi mereka yang masih sangat kental terhadap tradisi, akan merasa risih kalau rumahnya tidak dibentuk dengan bentuk panggung.
 Masyarakat Indonesia jaman dahulu lebih banyak menciptakan rumah dengan bentuk rumah panggung Membuat Pondasi Rumah Panggung
Sumber gambar: mustangcorps.com
Seperti rumah pada umumnya, rumah panggung juga mempunyai pondasi yang berpengaruh untuk menopang beban bangunannya. Pondasi rumah panggung pada umumnya mempunyai bentuk penampang segitiga yang besar pada kepingan bawahnya, penampang lingkaran, penampang segienam berundak, dan juga penampang belah ketupat berundak dan mempunyai bentuk yang besar pada kepingan bawahnya. Namun yang sering dipakai orang untuk pondasi rumah panggungnya ialah berupa pondasi penampang lingkaran. Bentuk pondasi semacam itu dianggap lebih sederhana, sanggup lebih menghemat biaya, materi yang akan dipakai juga gampang didapatkan, serta cara pengerjaannya juga mudah. Oleh sebab itu tidak heran kalau para pemilik rumah panggung lebih menentukan bentuk pondasi penampang lingkaran.

Seperti rumah pada umumnya pondasi ialah kepingan terpenting dari bangunan rumah panggung. Pondasi rumah panggung biasanya disambungkan dengan struktur beton ke bangunan induk, atau sanggup juga disambungkan dengan kayu atau batang kelapa yang berfungi sebagai tiang atau kolom bangunan rumah panggung. Pembuatan pondasi rumah panggung harus dikerjakan dengan sangat teliti dan hati-hati, sebab kekuatan rumah panggung tergantung dari kondisi pondasinya. Jika pondasinya tidak berpengaruh atau tidak dikerjakan dengan cantik maka akan menganggu keamanan, keselamatan dan juga kenyamanan orang-orang di dalamnya bahkan tidak menutup kemungkinan juga akan membahayakan nyawa sang pemilik rumah.

Pondasi yang dipakai untuk rumah panggung sebagian besar memakai pondasi jenis setapak atau setempat. Pondasi setapak atau setempat tersebut lalu dihubungkan dengan kolom atau pilar. Dengan begitu rumah panggung sanggup berdiri kokoh dan kuat.

Proses pembuatan pondasi rumah panggung juga sama dengan pondasi rumah-rumah tanpa memakai panggung. Justru pondasi rumah panggung harus dibentuk sekuat mungkin sebab bentuk rumah yang menggantung sanggup menambah berat beban bangunan. Pada umumnya rumah panggung terbuat dari meterial materi bangunan kayu, dan bebannya juga tidak kalah berat dengan materi material lainnya.

Saat ini memang sudah sulit sekali kita jumpai tipe rumah panggung yang lebih lebih banyak didominasi mirip rumah tradisional, sebab seiring berjalannya waktu bangunan rumah pnggung terpengaruh oleh bangunan belkamu yang menghilangkan bentuk rumah panggung. Sehingga hanya berupa rumah tradisional yang berdiri di atas tanah tanpa adanya kolong dibawahnya. Padahalsebenarnya rumah panggung pantas untuk tetap dilestarikan sebagai salah satu ragam budaya Indonesia, sebab rumah panggung mempunyai bentuk bangunan yang sangat unik.

Jika kau masih berminat untuk melestarikan rumah panggung sekedar untuk daerah bersantai dihalaman belakang rumah kamu, atau kau ingin menciptakan konsep villa eksklusif milik kau dengan bentuk bangunan rumah panggung kau sanggup menerapkannya dan pastikan kau tentukan dulu lingkungan dan jenis tanah yang akan kau gunakan untuk pondasi awalnya semoga rumah panggung yang kau inginkan sanggup berdiri dengan berpengaruh dan kokoh serta kondusif untuk di huni.

Demikian klarifikasi wacana pondasi rumah panggung. Semoga ulasan tersebut sanggup menambah wawasan kau wacana rumah panggung dan jenis pondasi yang sempurna untuk memikul bentuk bangunan mirip rumah panggung. Setelah kau mengetahui pondasi yang sempurna anyarlah kau merancang pembuatan rumah panggung yang menjadi harapan kamu.

Sumber http://www.desainrumahmini.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel