Tips Cara Menjaga Baterai HP agar Tahan Lama, Tidak cepat Habis

Baterai yang bisa dilepas sebenarnya menawarkan kepraktisan. Jika tejadi kendala atau kapasitas baterai kendor, pengguna dapat langsung mencari pengganti baterai atau mengganti sendiri .

<br/>Tips Cara Menjaga Baterai HP agar Tahan Lama, Tidak cepat Habis

Namun berjalan dengan teknologi dan kepraktisan, sekarang smartphone rilis terbaru, disertai memakai baterai tanam. Memang baterai tanam (Non Removable) membuat body telepon genggam menjadi slim jadi look lebih menarik. Agar Non Removable tetap awet serta ponsel tahan lama, berikut poin penting yang perlu diperhatikan.

Inilah poin penting cara merawat baterai hp canggih non removable supaya lebih tahan lama.

Selalu memakai charger asli atau orisinal

Saat terkait dengan charger maka hal yang wajib diperhatikan adalah tegangan listrik yang harus tetap dan cocok dengan voltase, pakailah charger original setiap waktu ngecas baterai. Charger asli telah disinkronkan oleh pembuat agar dapat mengecas baterai dengan efektif. Kalau terpaksa memakai charger yang bukan buatan pabrik, pastikan tegangan yang diterima oleh smartphone sesuai dengan tegangan yang diminta oleh baterai.

Lihat suhu baterai gadget
Suhu yang diperlukan hp adalah temperatur kamar, atau sekitar 18-35 derajat celcius. Kalau terlalu dingin, baterai {terkena efek|akan kena penurunan kapasitas. Sebaliknya, baterai yang menjadi panas bisa merusak bagian yang menempel di gadget.Untuk itu, pastikan untuk merawat dan menggunakan hp di lokasi yang sejuk. Hindari menaruhnya di tempat-tempat bersuhu tinggi misalnya di atas mesin mesin yang menyala agar temperaturnya tidak meninggi. Beri waktu istirahat hp dan hindari sampai memakainya terus menerus hingga panas.

Hindari pengisian daya berlebihan
Meskipun gadget jaman sekarang memiliki fitur untuk menghentikan daya kalau telah mencapai 100%, namun disarankan jangan terlalu lama membiarkan ponsel dalam keadaan dicolokkan ke arus listrik melebihi waktu umum. Selain karena bisa menyebabkan baterai melebar, untuk beberapa kejadian, baterai dapat melukai pengguna.

Hindari memakai ponsel saat mengisi baterai
Tak hanya itu untuk melindungi baterai non removable perlu dilakukan bila ponsel dalam keadaan dicas, hindari gunakan apalagi bermain game, memutar musik, menerima telepon atau menggunakannya untuk kegiatan lainnya. Sebaiknya untuk melakukan custom hp pintar dalam posisi airplane mode atau sebaiknya dinonaktifkan saja. Jadi, baterai menjadi tahan lama.

Gunakan WiFi dan GPS Seperlunya
Kalau sedang tidak memakai internet, usahakan matikan WiFi atau data selular pada ponsel. Tidak peduli WiFi atau data selular tetap aktif, bisa membuat gadget aktif secara terus-menerus dan memengaruhi kemampuan baterai. Penggunaan GPS sering menyebabkan baterai hp cepat habis. Terlebih jika membiarkan GPS aktif berjam-jam tanpa dipakai. Memang baiknya GPS hidup, saat sedang diperlukan saja.

Kurangi bermain game
Kalau Anda termasuk orang yang suka bermain Mobile Game, disarankan untuk mengurangi durasi waktu permainan maksimal 2 jam sehari. Operasi mobile game menggunakan hampir seluruh kemampuan hp pintar Anda. Oleh karena itu, saat bermain game baterai akan lebih cepat panas. Dengan memberikan jeda saat main game atau membatasi durasinya, temperatur hp pintar Anda akan lebih stabil.

Biasakan Untuk Mengisi Full
Biasakan untuk membuat penuh baterai dan mematikannya. Karena kondisi mendesak seringnya pengguna hp kerap mencabut pengisian disaat baterai belum full, ini membuat baterai cepat rusak.

Matikan telepon genggam beberapa jam setiap hari
Banyak orang tidak peduli gadgetnya menyala, bahkan saat malam hari dalam keadaan tidur. Jangan biarkan kebiasaan ini berlangsung, karena menjadikan akan cepat aus. Harusnya matikan telepon genggam ketika akan pergi tidur, supaya baterainya lebih awet.

Isi full baterai jika tidak dipakai dalam waktu lama
Kalau hp tidak digunakan dalam waktu lama, sebaiknya untuk mengisi full baterai dan dalam kondisi dimatikan. Dengan begitu, baterai gadget akan ready digunakan dan lebih tahan lama jika suatu saat dibutuhkan. Lakukan pengisian daya minimal setiap 2 sampai 3 minggu sekali, dengan begitu baterai hp pintar tidak akan cepat aus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel