10 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang


Pemberian warna menggunakan cat adalah trik tergampang untuk mendapatkan view cantik tanpa harus merogoh cost selangit. Ruangan akan tampak tidak bagus dan kurang cantik jika tembok tidak diberi cat atau aksesoris apa pun. Tak cuma karena cantiknya ruangan, kehadiran cat tembok, terlebih cat waterproof, membantu untuk mencegah rusak atau jamur di tembok. Oleh karena itu, dinding di dalam sebuah ruangan kudu dilapisi cat. Warna yang dipakai pun kudu menyesuaikan gaya interior kamar. 10 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
 10 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Tak cuma menghasilkan polesan warna monoton pada tembok, ada trik mewarnai tembok lain yang dapat kamu pilih untuk hasil yang menarik. Teknik pengecatan dinding ini dapat dilakukan sendiri atau bersama teman-temanmu. Nah, berikut ini adalah banyak cara pengecatan dinding anti-mainstream yang dapat sobat pilih. Pokoknya, hasilnya akan bikin kamu terkagum kagum!


Pakai roller cat tembok yang dilengkapi corak


Ruangan dengan warna cat rumah polos dapat anda rubah menjadi cantik, lho. Teknik pewarnaan tembok ini adalah dengan menggunakan roller cat bercorak. Tentukan area tembok yang ingin anda cat. Pastikan bahwa lantai dan perabotan di samping tembok telah teman lindungi dengan kain atau koran.
 10 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Kudu diperhatikan, trik mengecat dinding jenis ini tidak sama dari trik biasanya. Jika sobat seringnya melakukan pengecatan tembok dengan arah yang asal-asalan dari awal sampai selesai, sobat wajib mengecat dengan arah yang searah dari awal hingga akhir.

Cara Pemasangan Kerikil Sikat Pada Garasi

Mulailah untuk pengecatan secara simetris. Kalau teman memulai teknik pengecatan tembok dari arah atas ke bawah, kerjakan teknik itu sampai selesai. Alasannya adalah agar motif di tembok tetap teratur.


Sapu jerami untuk beri garis


Tidak hanya bercorak cantik, sobat bisa membuat tembok yang memiliki motif tanpa kudu melakukan pengecatan lagi. Untuk melakukan teknik pengecatan dinding ini, sobat hanya membutuhkan sapu jerami. Mulailah cara pengecatan dinding dengan cat polos terlebih dahulu memakai warna yang kamu pilih hingga beberapa lapis. Saat lapis terakhir, diamkan sejenak dan hindari terlalu lama supaya cat masih basah.
 10 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Selanjutnya, pakailah bagian bawah sapu jerami dan tekan dengan kedua tanganmu sampai pipih. Tekan ujung bawah sapu jerami ke tembok yang bercat basah. Seret jerami dari atas ke bawah sampai membentuk garis lurus.
Lakukan trik pengecatan dinding tersebut hingga akhir. Garis yang terukir tidak harus lurus. Trik mengecat dinding memakai sapu jerami ini akan membuat tembok yang nampak layaknya wallpaper dinding tembok.


Gunakan Spons untuk ilusi batu bata ekspos


Teman dapat membuat batu bata ekspos pada tembok tanpa perlu menjebol tembok dan menyusunnya ulang. Perangkat yang dipakai pada cara pengecatan tembok ini yaitu spons persegi panjang. Ukur lebar dan panjang spons, kemudian buatlah sesuai dengan luas tembok yang akan dicat.
 10 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Gunakan warna cat tembok yang mirip warna batu bata. Masukkan salah satu sisi spons ke dalam cat dan kerjakan seperti teman menempelkan stempel ke dinding. Lakukan dengan intuisi|teliti} dan artistik agar motif batu bata eksposnya seperti realistis. Dengan teknik pengecatan dinding ini, tamu yang baru pertama kali melihat ke rumahmu akan mengira bahwa dinding ruangan benar-benar menggunakan batu bata ekspos.


Motif bintang menggunakan kertas


Teknik pengecatan tembok satu ini terbilang paling murah. Tak cuma menggunakan cat, sobat cuma membutuhkan kertas dan kuas mini. Mulailah teknik pengecatan dinding ini dengan membuat motif bintang yang sobat tentukan di kertas. Potong kertas bagian dalam sehingga membentuk cetakan berbentuk bintang misalnya.
 10 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Lekatkan kertas cetakan menggunakan perekat yang dapat dipindah pada tembok. Warnai tembok di bagian kertas yang berlubang dengan rapi. Agar teknik mengecat dinding ini menghasilkan motif yang memiliki nilai estetik, kira kirakan corak bintang itu dengan jarak yang kurang lebih sama satu sama lainnya.


Mozaik warna ombre memakai selotip


Berbagai cara pengecatan dinding memang beragam. Salah satunya dengan memakai selotip. Pemakaian selotip dapat memudahkan kamu memperoleh motif mozaik yang cantik pada tembok. Untuk mengawali trik pengecatan tembok ini, siapkan selotip dan macam macam cat dinding memiliki warna sesuai. Tempelkan selotip menjadi pola mozaik yang teman ingin buat. Lalu, aplikasikan bagian-bagian dinding yang telah dipisahkan oleh selotip.
 10 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Tunggu cat hingga kering. Seusai itu, kupas selotip perlahan. Jreng jreng jreng..! Sobat pasti terpana melihat tembok mozaik ombre karya sendiri. Sobat bisa berkreasi melakukan cara pengecatan tembok ini dengan memilih warna atau mozaik lainnya. Hati hati Jangan sampai teman mengecat sampai keluar dari area yang sudah ditentukan, ya.

Desain Rumah Sederhana Type 56

Teknik mengecat dinding dua warna dalam 6 langkah mudah
Sobat akan membutuhkan:
Semua kesiapan yang Kamu butuhkan untuk pengecatan ruangan dua warna
• Cat untuk masing masing warna
• Rol cat busa
• Nampan cat
• Meteran
• Pensil
• Gulungan tali
• Kapur
• Pita penutup
• Kuas cat
• Gunting


Langkah 1: Mulai dengan pengukuran


Gunakan titik di mana Teman ingin dinding dua warna Kawan bertemu
Pertama, Teman kudu menandai pada titik bertemu yang Teman maksud untuk dua warna yang Teman tentukan di dinding Kamu. Dengan meteran dan pensil, beri tanda tingginya dengan jarak yang sama di seluruh dinding.


Langkah 2: Aplikasikan warna yang lebih terang


Dasari warna yang lebih muda ke tembok terlebih dahulu. Gunakan rol cat Anda, cat warna yang lebih hidup di setengah tembok yang Kawan inginkan, dan cat sedikit lebih ke arah titik temu yang Sobat inginkan. Tunggu cat hingga kering.


Ketiga: Tandai menggunakan kapur


Tandai ulang garis di mana dua warna Kamu akan dibagi dengan kapur dan tali. Pakai kapur untuk menutupi seluruh sisi tali. Tarik tali sepanjang tembok, hubungkan titik-titik yang sudah Kamu tandai dengan pensil. Lekatkan dengan ujung tali dengan pita penutup. Cek apakah talinya telah  lurus, kemudian sentak talinya sehingga meninggalkan garis kapur di sepanjang dinding.


Langkah 4: Tutup memakai Selotip


Tempelkan pita penutup di sepanjang garis kapur saat cat sudah  kering. Pastikan cat dengan warna pertama sudah  benar-benar kering. Lalu tempelkan pita penutup sepanjang garis kapur.


Kelima: Gunakan warna yang lebih tua


Pakai rol cat Kamu, cat warna yang lebih gelap di setengah bagian dinding kedua. Gunakan kuas cat untuk memastikan Sobat mengecat pada bagian ujung-ujung pita penutup.


Langkah 6: Buka Selotip penutup


Lepaskan pita penutup untuk menampakkan hasil akhir dinding dua warna Anda
Saat cat masih basah, lepas pita penutup untuk melihat hasil akhir desain dinding dua warna Kamu.

Nah itulah 10 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang. Semoga dapat memotivasi teman untuk pengecatan hunian teman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel