6 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang


Pengecatan yaitu trik paling gampang untuk mendapatkan tampilan cantik tanpa kudu merogoh cost mehong. Ruangan akan terkesan tidak bagus dan kurang nyaman dimata kalau tembok tidak diwarnai atau hiasan yang memperindah. Bukan cuma alasan estetika ruangan, kehadiran cat tembok, terlebih cat waterproof, menambah kekuatan untuk mencegah kelapukan atau jamur pada tembok. Oleh karena itu, dinding di dalam sebuah ruangan kudu dilindungi cat. Warna yang dipakai pun wajib menyesuaikan gaya interior kamar. 6 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
 6 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Tidak cuma menggoreskan polesan warna monoton di dinding, ternyata banyak teknik mewarnai dinding lain yang dapat teman pilih agar mendapatkan hasil yang ciamik. Trik pengecatan dinding ini dapat dilakukan sendiri atau bersama teman-temanmu. Nah, berikut ini adalah beberapa teknik pengecatan dinding yang unik yang bisa teman pakai. Dijamin, hasilnya bakal bikin kamu terkagum kagum!


Pakai roller cat tembok yang sudah ada motif


Tembok dengan warna cat rumah polos dapat teman rombak menjadi bercorak, lho. Teknik pewarnaan tembok ini dengan menggunakan roller cat bermotif. Tentukan tempat tembok yang ingin anda cat. Pastikan kalau lantai dan peralatan di samping tembok sudah sobat tutupi dengan kain atau koran.
 6 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Penting, trik mengecat tembok jenis ini tidak sama dengan teknik biasanya. Jika kamu biasa melakukan pengecatan tembok dengan arah yang asal-asalan dari awal hingga selesai, anda wajib mengecat dengan arah yang searah dari awal sampai akhir.

Cara Pemasangan Kerikil Sikat Pada Garasi

Awali dengan mengecatnya secara simetris. Kalau sobat mengawali cara pengecatan tembok dari arah atas ke bawah, kerjakan trik itu sampai akhir. Alasannya adalah supaya corak di tembok tidak berantakan.


Sapu jerami untuk beri garis


Selain menggunakan corak indah nan lucu, kamu bisa membuat tembok yang memiliki corak tanpa harus mengecatnya lagi. Untuk melakukan cara mengecat dinding ini, sobat hanya memerlukan sapu jerami. Awali dengan trik mengecat dinding menggunakan cat polos sebagai dasar menggunakan warna yang kamu pilih hingga beberapa lapis. Pada lapis paling akhir, diamkan beberapa saat dan hindari terlalu lama supaya cat tidak kering.
 6 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Sentuhan akhir, pakailah ujung sapu jerami dan tekan sampai menjadi tipis. Tekan pucuk bawah sapu jerami ke dinding yang masih agak basah. Tarik jerami dari atas ke bawah hingga timbul bekas garis lurus.
Ulangi trik pengecatan dinding itu hingga selesai. Garis yang terukir nggak kudu lurus. Trik mengecat dinding memakai sapu jerami ini akan membuat dinding yang nampak layaknya wallpaper dinding tembok.


Pakai Spons untuk membuat ilusi batu bata ekspos


Sobat dapat berkreasi dengan batu bata ekspos pada dinding tanpa harus menjebol dinding dan membangunnya ulang. Alat yang dibutuhkan pada cara pengecatan dinding ini yaitu spons berbentuk persegi. Ukur lebar dan panjang spons, kemudian sesuaikan dengan luas dinding yang akan diberi motif.
 6 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Pilih warna cat tembok yang menyerupai warna batu bata. Celupkan salah satu sisi spons ke dalam cat dan tempelkan di dinding. Kerjakan dengan intuisi|teliti} dan artistik agar motif batu bata eksposnya terlihat realistis. Dengan teknik pengecatan dinding ini, orang yang berkunjung ke rumahmu akan menyangka kalau dinding ruangan benar-benar menggunakan batu bata ekspos.


Motif bintang memakai kertas


Cara mengecat dinding satu ini bisa dibilang paling hemat. Tak hanya menggunakan cat, kamu cuma memerlukan kertas dan kuas mini. Diawali dengan cara pengecatan dinding ini dengan membuat corak bintang yang sobat tentukan di kertas. Potong kertas bagian dalam sehingga membentuk cetakan bintang umpamanya.
 6 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Tempel kertas cetakan menggunakan perekat yang bisa dipindah di dinding. Cat tembok pada bagian kertas yang berlubang dengan rapi. Agar cara mengecat dinding ini menghasilkan corak yang selaras, bikin motif bintang tersebut dengan perkiraan yang kurang lebih sama satu sama lainnya.


Mozaik warna ombre memakai selotip


Ragam teknik mengecat tembok memang banyak caranya. Diantaranya dengan memanfaatkan selotip. Penggunaan selotip dapat membantu sobat mendapatkan motif mozaik yang indah pada dinding. Untuk mengawali teknik mengecat dinding ini, siapkan selotip dan beberapa cat tembok berwarna selaras. Tempelkan selotip menjadi pola mozaik yang kamu buat. Lantas, cat bagian-bagian dinding yang sudah dibuat dengan selotip.
 6 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Tunggu cat hingga kering. Setelah itu, lepas selotip dengan hati hati. Jreng jreng jreng..! Jadilah tembok mozaik ombre karya sendiri. Kamu dapat berkreasi mengerjakan cara mengecat tembok ini dengan memilih warna atau mozaik yang kamu ingin. Hati hati Jangan sampai sobat mengecat hingga keluar dari area tembok, ya.

Desain Rumah Sederhana Type 56

Cara pengecatan dinding dua warna dalam 6 langkah mudah
Anda akan membutuhkan:
Semua perlengkapan yang Sobat butuhkan untuk pengecatan dinding dua warna
• Cat untuk masing masing warna
• Rol cat busa
• Nampan cat
• Meteran
• Pensil
• Gulungan tali
• Kapur
• Pita penutup
• Kuas cat
• Gunting


Pertama: Mulai dengan pengukuran


Tandai titik pada posisi Anda pengin dinding dua warna Kawan ketemu
Pertama, Teman perlu menandai pada titik pertemuan yang Sobat inginkan untuk dua warna yang Kamu pilih di tembok Teman. Memakai meteran dan pensil, tandai tingginya dengan jarak yang serasi di seluruh dinding.


Kedua: Dasari warna yang lebih terang


Aplikasikan warna yang lebih muda ke dinding terlebih dahulu. Pakailah rol cat Sobat, cat warna yang lebih hidup di setengah tembok yang Sobat mau, dan cat agak lebih ke arah titik temu yang Sobat inginkan. Tunggu cat hingga kering.


Ketiga: Tandai menggunakan kapur


Tandai ulang garis di mana dua warna Kawan akan dipisah memakai kapur dan tali. Gunakan kapur untuk menutupi semua sisi tali. Tarik tali sepanjang tembok, hubungkan titik-titik yang telah Anda tandai menggunakan pensil. Lekatkan dengan ujung tali memakai pita penutup. Cek apakah talinya telah  lurus, kemudian sentak talinya sehingga meninggalkan garis kapur di sepanjang tembok.


Keempat: Tutup memakai Selotip


Tempelkan pita penutup di sepanjang garis kapur ketika cat telah  kering. Pastikan cat dengan warna pertama sudah  benar-benar kering. Lalu tempelkan pita penutup sepanjang garis kapur.


Kelima: Aplikasikan warna yang lebih tua


Pakai rol cat Kamu, cat warna yang lebih gelap di setengah bagian tembok kedua. Pakai kuas cat untuk memastikan Kawan pengecatan di bagian ujung-ujung pita penutup.


Langkah 6: Buka Selotip penutup


Lepaskan pita penutup untuk menampakkan hasil akhir dinding dua warna Teman
Ketika cat masih basah, lepas pita penutup untuk melihat hasil akhir desain dinding dua warna Kawan.

Nah itulah 6 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang. Semoga bisa menginspirasi teman untuk mengecat rumah kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel