8 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang


Pengecatan adalah trik termudah untuk memperoleh tampilan cantik tanpa perlu mengeluarkan biaya mehong. Ruangan akan terkesan berantakan dan tidak terlihat estetik bila tembok tidak diberi cat atau aksesoris apa pun. Tak hanya alasan keindahan ruangan, kehadiran cat tembok, terutama cat waterproof, membantu untuk menghindari kelapukan atau jamur pada tembok. Maka dari itu, dinding di dalam sebuah ruangan perlu dilindungi cat. Warna yang dipakai pun kudu menyesuaikan gaya interior kamar. 8 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
 8 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Tak cuma menghasilkan polesan warna polos di dinding, ternyata banyak teknik mengecat dinding lain yang dapat sobat terapkan untuk hasil yang menarik. Teknik pengecatan tembok ini dapat dikerjakan sendiri atau bersama teman-temanmu. Nah, di bawah ini adalah beberapa trik mengecat dinding yang beda yang bisa kamu aplikasikan. Pokoknya, hasilnya akan amazing!


Pakai roller cat tembok yang dilengkapi motif


Ruangan dengan warna cat rumah monoton bisa kamu transformasi menjadi bercorak, lho. Teknik pengecatan tembok ini dengan memakai roller cat yang sudah ada motifnya. Tentukan tempat tembok yang ingin sobat cat. Cek terlebih dahulu bahwa lantai dan peralatan sekitar tembok telah kamu tutupi memakai kain atau koran.
 8 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Harus diperhatikan, teknik mengecat dinding seperti ini berbeda dari cara pada umumnya. Jika kamu seringnya mengecat dinding dengan arah yang acak acakan dari awal hingga akhir, sobat perlu mengecat dengan arah yang searah dari permulaan hingga akhir.

Cara Pemasangan Kerikil Sikat Pada Garasi

Mulailah untuk pengecatan secara simetris. Kalau anda mengawali trik mengecat tembok dari arah atas ke bawah, kerjakan teknik itu hingga selesai. Hal ini dikerjakan agar corak pada tembok memiliki nilai estetik.


Sapu jerami untuk beri garis


Nggak hanya bermotif indah nan lucu, teman bisa menciptakan tembok yang memiliki motif tanpa harus mengecatnya lagi. Untuk melakukan cara mengecat dinding ini, kamu cuma membutuhkan sapu jerami. Mulailah teknik pengecatan tembok menggunakan cat polos sebagai dasar menggunakan warna yang kamu pilih sampai beberapa lapis. Pada lapis paling akhir, diamkan sejenak dan jangan terlalu lama supaya cat tidak kering.
 8 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Dilanjutkan, gunakan ujung sapu jerami dan pegang sampai menjadi pipih. Tempelkan ujung bawah sapu jerami ke dinding yang bercat basah. Seret jerami dari atas ke bawah sampai timbul bekas garis lurus.
Lakukan teknik pengecatan tembok itu hingga selesai. Garis yang terukir nggak kudu lurus. Trik mengecat dinding memakai sapu jerami ini akan membuat tembok yang nampak seperti wallpaper dinding tembok.


Gunakan Spons untuk membuat ilusi batu bata ekspos


Kamu dapat berkreasi dengan batu bata ekspos pada tembok tanpa kudu merusak tembok dan membangunnya ulang. Perangkat yang dibutuhkan untuk mengecat tembok ini adalah spons berbentuk persegi. Ukur lebar dan panjang spons, lalu buatlah sesuai dengan luas tembok yang akan dicat.
 8 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Pilih warna cat tembok yang mirip warna batu bata. Masukkan salah satu sisi spons ke cat dan lakukan seperti kamu menempelkan stempel ke tembok. Kerjakan dengan intuisi|teliti} dan artistik agar corak batu bata eksposnya terlihat batu bata sungguhan. Dengan memilih cara mengecat tembok ini, tamu yang baru pertama kali melihat ke dinding ruangan akan menyangka kalau tembokmu benar-benar menggunakan batu bata ekspos.


Motif bintang memakai kertas


Cara mengecat tembok satu ini bisa dibilang paling murah meriah. Tak cuma memakai cat, sobat cuma memerlukan kertas dan kuas mini. Mulailah teknik mengecat tembok ini dengan membuat corak bintang yang teman tentukan di kertas. Potong kertas bagian dalam sehingga terbentuk cetakan bintang misalnya.
 8 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Tempel kertas cetakan memakai perekat yang bisa dipindah pada dinding. Pengecatan dinding di bagian kertas yang berlubang dengan hati hati. Agar teknik mengecat tembok ini menghasilkan motif yang tidak bosan dilihat, bikin corak bintang itu dengan perkiraan yang kurang lebih sama satu sama lainnya.


Mozaik warna ombre menggunakan selotip


Berbagai teknik mengecat tembok memang bermacam macam. Diantaranya dengan memakai selotip. Pemakaian selotip bisa memudahkan sobat mendapatkan motif mozaik yang indah pada dinding. Untuk mengawali teknik mengecat tembok ini, sediakan selotip dan beberapa cat tembok berwarna selaras. Lekatkan selotip menjadi pola mozaik yang teman ingin buat. Lantas, cat bagian-bagian dinding yang sudah dibuat dengan selotip.
 8 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Tunggu cat sampai mengering. Setelah itu, lepas selotip dengan hati hati. Jreng jreng jreng..! Jadilah tembok mozaik ombre karya sendiri. Kamu dapat berkreasi mengerjakan teknik mengecat dinding ini dengan pemilihan warna atau mozaik yang kamu ingin. Hati hati Jangan sampai kamu mengecat sampai keluar dari area tembok, ya.

Desain Rumah Sederhana Type 56

Cara pengecatan dinding dua warna dalam 6 langkah mudah
Kamu akan membutuhkan:
Seluruh alat yang Sobat butuhkan untuk pengecatan dinding dua warna
• Cat untuk masing masing warna
• Rol cat busa
• Nampan cat
• Meteran
• Pensil
• Gulungan tali
• Kapur
• Pita penutup
• Kuas cat
• Gunting


Pertama: Lakukan pengukuran


Tandai titik di mana Kamu ingin dinding dua warna Teman bertemu
Pertama, Teman wajib menentukan di mana titik bertemu yang Kawan maksud untuk dua warna yang Kamu pilih di tembok Teman. Dengan meteran dan pensil, tandai tingginya dengan jarak yang selaras di seluruh dinding.


Kedua: Pakailah warna yang lebih terang


Gunakan warna yang lebih terang ke tembok terlebih dahulu. Pakailah rol cat Kamu, cat warna yang lebih muda di setengah dinding yang Kawan inginkan, dan cat agak lebih ke arah titik temu yang Kawan inginkan. Tunggu cat sampai kering.


Langkah 3: Tandai memakai kapur


Tandai ulang garis pada dua warna Anda akan dibagi dengan kapur dan tali. Pakai kapur untuk menutupi seluruh sisi tali. Tarik tali sepanjang tembok, hubungkan titik-titik yang telah Sobat tandai menggunakan pensil. Lekatkan dengan ujung tali menggunakan pita penutup. Cek apakah talinya sudah  lurus, kemudian sentak talinya sehingga meninggalkan garis kapur di sepanjang tembok.


Keempat: Tutup memakai Selotip


Tempelkan pita penutup di sepanjang garis kapur saat cat sudah  kering. Pastikan cat dengan warna pertama telah  benar-benar kering. Lalu tempelkan pita penutup sepanjang garis kapur.


Langkah 5: Aplikasikan warna yang lebih gelap


Gunakan rol cat Anda, cat warna yang lebih gelap di setengah bagian dinding kedua. Gunakan kuas cat untuk memastikan Anda mengecat di bagian ujung-ujung pita penutup.


Langkah 6: Buka Selotip penutup


Lepaskan pita penutup untuk menampilkan hasil akhir tembok dua warna Kamu
Saat cat masih basah, copot pita penutup untuk melihat hasil akhir desain tembok dua warna Kamu.

Nah itulah 8 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang. Semoga bisa memotivasi anda untuk mengecat rumah teman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel