9 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri


Pewarnaan menggunakan cat yaitu cara termudah untuk mendapatkan view indah tanpa kudu mengeluarkan biaya selangit. Ruangan akan tampak berantakan dan tidak terlihat indah jika tembok tidak diberi cat atau hiasan apa pun. Tak cuma alasan keindahan ruangan, kehadiran cat tembok, terlebih cat waterproof, membantu untuk mencegah kelapukan atau jamur pada dinding. Alasan itulah, dinding di dalam sebuah ruangan perlu dilapisi cat. Warna yang digunakan pun perlu menyesuaikan gaya interior kamar. 9 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri
 9 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri
Tidak cuma menghasilkan polesan warna polos di dinding, ternyata banyak trik mengecat tembok lain yang dapat kamu pilih agar memperoleh hasil yang berbeda. Teknik mengecat dinding ini dapat dilakukan sendiri atau bareng bareng teman-temanmu. Nah, di bawah ini adalah beberapa trik pengecatan tembok yang beda yang bisa teman terapkan. Dijamin, hasilnya bakal amazing!


Gunakan roller cat tembok yang dilengkapi motif


Tembok dengan warna cat rumah monoton dapat teman rombak menjadi bercorak, lho. Cara pengecatan tembok ini dengan menggunakan roller cat yang telah ada motifnya. Tentukan area tembok yang ingin teman cat. Cek terlebih dahulu bahwa lantai dan perabotan sekitar tembok telah sobat tutupi memakai kain atau koran.
 9 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri
Penting, teknik mengecat tembok jenis ini berbeda dari teknik pada umumnya. Kalau anda biasa melakukan pengecatan dinding dengan arah yang acak acakan dari awal sampai akhir, sobat harus mengecat dengan arah yang searah dari awal sampai akhir.

Cara Pemasangan Kerikil Sikat Pada Garasi

Awali dengan pengecatan secara simetris. Kalau kamu memulai cara mengecat dinding dari arah atas ke bawah, kerjakan trik itu sampai akhir. Alasannya adalah agar corak di tembok memiliki nilai estetik.


Sapu jerami untuk beri garis


Selain menggunakan corak indah nan lucu, kamu dapat menciptakan tembok yang memiliki corak tanpa kudu mengecatnya lagi. Untuk mengerjakan trik pengecatan tembok ini, teman cuma membutuhkan sapu jerami. Mulailah trik mengecat tembok dengan cat polos sebagai dasar menggunakan warna yang anda pilih hingga beberapa lapis. Pada lapis terakhir, diamkan sejenak dan jangan terlalu lama agar cat masih basah.
 9 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri
Sentuhan akhir, pakailah ujung sapu jerami dan pegang dengan kedua tanganmu hingga pipih. Tekan ujung bawah sapu jerami ke dinding yang bercat basah. Seret jerami dari atas ke bawah sampai timbul bekas garis lurus.
Lakukan langkah mengecat dinding tersebut hingga selesai. Garis yang terukir nggak perlu lurus. Trik pengecatan tembok memakai sapu jerami ini akan mengesankan tembok yang terlihat seperti wallpaper dinding tembok.


Spons untuk membuat ilusi batu bata ekspos


Anda dapat berkreasi dengan batu bata ekspos pada dinding tanpa harus menjebol tembok dan membangunnya ulang. Perangkat yang dipakai pada cara pengecatan dinding ini adalah spons berbentuk persegi. Tentukan lebar dan panjang spons, kemudian sesuaikan dengan luas tembok yang akan diberi motif.
 9 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri
Pilih warna cat tembok yang mirip warna batu bata. Celupkan salah satu sisi spons ke dalam cat dan kerjakan seperti kamu menempelkan stempel ke tembok. Lakukan dengan intuisi|teliti} dan tenang agar corak batu bata eksposnya terlihat batu bata sungguhan. Dengan teknik pengecatan tembok ini, orang yang baru pertama kali melihat ke rumahmu akan menyangka kalau dinding ruangan benar-benar memakai batu bata ekspos.


Motif bintang menggunakan kertas


Cara mengecat dinding satu ini terbilang paling murah. Selain menggunakan cat, teman cuma memerlukan kertas dan kuas kecil. Mulailah trik pengecatan dinding ini dengan membuat motif bintang yang kamu pilih di kertas. Potong kertas bagian dalam sehingga terbentuk cetakan bintang umpamanya.
 9 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri
Tempel kertas cetakan menggunakan perekat yang dapat dilepas di tembok. Pengecatan tembok pada bagian kertas yang berlubang dengan hati hati. Agar cara pengecatan tembok ini mendapatkan motif yang selaras, buat motif bintang itu dengan jarak yang selaras satu sama lainnya.


Mozaik warna ombre menggunakan selotip


Berbagai trik pengecatan dinding memang banyak caranya. Diantaranya dengan menggunakan selotip. Pemakaian selotip bisa memudahkan anda mendapatkan motif mozaik yang cantik pada dinding. Dimulai dengan cara pengecatan tembok ini, siapkan selotip dan beberapa cat tembok memiliki warna senada. Tempelkan selotip menjadi pola mozaik yang teman inginkan. Lalu, aplikasikan bagian-bagian dinding yang telah dipisahkan dengan selotip.
 9 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri
Tunggu cat hingga kering. Sesudah itu, kupas selotip perlahan. Jreng jreng jreng..! Sobat pasti terpesona memandang tembok mozaik ombre karya sendiri. Kamu bisa menciptakan ide mengerjakan teknik pengecatan tembok ini dengan pemilihan warna atau mozaik yang lain. Hati hati Jangan sampai teman mengecat hingga keluar dari area yang sudah ditentukan, ya.

Desain Rumah Sederhana Type 56

Trik pengecatan dinding dua warna dalam 6 langkah mudah
Teman akan memerlukan:
Seluruh kesiapan yang Kamu perlukan untuk pengecatan dinding berbagai warna
• Cat untuk masing masing warna
• Rol cat busa
• Nampan cat
• Meteran
• Pensil
• Gulungan tali
• Kapur
• Pita penutup
• Kuas cat
• Gunting


Langkah 1: Mulai dengan pengukuran


Tandai titik pada posisi Sobat pengin dinding dua warna Anda bertemu
Pertama, Anda perlu menentukan pada titik temu yang Kawan inginkan untuk dua warna yang Kamu tentukan di dinding Kamu. Dengan meteran dan pensil, tandai tingginya dengan jarak yang selaras di seluruh dinding.


Langkah 2: Gunakan warna yang lebih terang


Aplikasikan warna yang lebih hidup ke tembok terlebih dahulu. Pakailah rol cat Kamu, cat warna yang lebih terang di setengah dinding yang Kamu inginkan, dan cat agak lebih ke arah titik kumpul yang Kamu mau. Tunggu cat hingga kering.


Ketiga: Tandai dengan kapur


Tandai ulang garis di mana dua warna Kamu akan dibagi menggunakan kapur dan tali. Gunakan kapur untuk menutupi seluruh sisi tali. Tarik tali sepanjang dinding, gabungkan titik-titik yang sudah Kawan tandai menggunakan pensil. Lekatkan dengan ujung tali memakai pita penutup. Cek apakah talinya telah  lurus, kemudian sentak talinya sehingga meninggalkan garis kapur di sepanjang tembok.


Keempat: Tutup memakai Selotip


Tempelkan pita penutup di sepanjang garis kapur saat cat telah  kering. Pastikan cat dengan warna pertama sudah  benar-benar kering. Kemudian tempelkan pita penutup sepanjang garis kapur.


Langkah 5: Aplikasikan warna yang lebih gelap


Gunakan rol cat Anda, cat warna yang lebih gelap di setengah bagian tembok kedua. Gunakan kuas cat untuk memastikan Sobat pengecatan pada bagian ujung-ujung pita penutup.


Langkah 6: Buka Selotip penutup


Buka pita penutup untuk menampilkan hasil akhir tembok dua warna Kawan
Ketika cat masih basah, kelupas pita penutup untuk melihat hasil akhir desain dinding dua warna Sobat.

Nah itulah 9 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri . Semoga bisa memotivasi kamu untuk mengecat rumah kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel