Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream


Pengecatan yaitu cara termudah untuk memperoleh view indah tanpa perlu mengeluarkan cost selangit. Ruangan akan terkesan suram dan tidak terlihat estetik bila tembok tidak diwarnai atau hiasan apa pun. Bukan cuma alasan cantiknya ruangan, kehadiran cat tembok, terlebih cat tahan air, membantu untuk mencegah rusak atau kebocoran pada tembok. Oleh karena itu, dinding di dalam suatu ruangan kudu dilindungi cat. Warna yang digunakan pun wajib beradaptasi dengan gaya interior kamar. Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream
 Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream
Bukan cuma menggoreskan polesan warna monoton di dinding, ada trik mewarnai dinding lain yang dapat kamu pilih untuk hasil yang unik. Trik pengecatan dinding ini dapat dikerjakan sendiri atau bareng bareng teman-temanmu. Nah, di bawah ini adalah beberapa cara pengecatan tembok yang beda yang bisa anda pilih. Dijamin, hasilnya akan amazing!


Gunakan roller cat tembok yang sudah ada motif


Dinding dengan warna cat rumah monoton bisa anda rombak menjadi bercorak, lho. Teknik mengecat tembok ini adalah dengan memakai roller cat bermotif. Pilih area tembok yang ingin anda cat. Pastikan bahwa lantai dan peralatan di samping tembok sudah teman tutupi dengan kain atau koran.
 Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream
Penting, cara mengecat dinding jenis ini tidak sama dari cara pada umumnya. Kalau kamu biasa melakukan pengecatan dinding dengan arah yang asal-asalan dari awal hingga selesai, teman harus mengecat dengan arah yang searah dari permulaan sampai selesai.

Cara Pemasangan Kerikil Sikat Pada Garasi

Awali dengan mengecatnya secara simetris. Jika teman mengawali cara mengecat tembok dari arah atas ke bawah, kerjakan trik itu sampai selesai. Alasannya adalah supaya corak di tembok menjadi cantik.


Sapu jerami untuk beri garis


Selain menggunakan corak indah nan lucu, sobat bisa membuat tembok yang memiliki motif tanpa perlu mengecatnya lagi. Untuk melakukan teknik mengecat tembok ini, kamu cuma membutuhkan sapu jerami. Mulailah teknik pengecatan dinding menggunakan cat polos sebagai dasar memakai warna yang teman pilih sampai beberapa lapis. Pada lapis paling akhir, diamkan beberapa saat dan jangan terlalu lama supaya cat masih basah.
 Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream
Selanjutnya, gunakan bagian bawah sapu jerami dan pegang dengan kedua tanganmu sampai tipis. Tempelkan pucuk bawah sapu jerami ke dinding yang bercat basah. Seret jerami dari atas ke bawah hingga timbul bekas garis lurus.
Ulangi langkah pengecatan tembok itu hingga selesai. Garis yang terukir tidak perlu lurus. Teknik pengecatan tembok memakai sapu jerami ini akan membuat tembok yang terlihat layaknya wallpaper dinding tembok.


Pakai Spons untuk membuat ilusi batu bata ekspos


Kamu bisa membuat batu bata ekspos pada dinding tanpa perlu merusak tembok dan membangunnya ulang. Alat yang dipakai untuk mengecat tembok ini yaitu spons berbentuk persegi. Ukur lebar dan panjang spons, lalu sesuaikan dengan luas tembok yang akan diberi motif.
 Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream
Pilih warna cat tembok yang mirip warna batu bata. Masukkan permukaan spons ke dalam cat dan lakukan seperti sobat menempelkan stempel di dinding. Kerjakan dengan intuisi|teliti} dan artistik agar corak batu bata eksposnya seperti realistis. Dengan memakai cara pengecatan tembok ini, orang yang baru pertama kali melihat ke dinding ruangan akan mengira kalau tembokmu benar-benar memakai batu bata ekspos.


Cetak bintang menggunakan kertas


Teknik mengecat dinding satu ini terbilang paling hemat. Tak cuma menggunakan cat, kamu cuma membutuhkan kertas dan kuas kecil. Diawali dengan cara mengecat dinding ini dengan membuat corak bintang yang anda tentukan di kertas. Potong kertas bagian dalam jadi terbentuk cetakan berbentuk bintang sebagai contoh.
 Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream
Tempel cetakan memakai perekat yang bisa dipindah pada tembok. Cat dinding pada bagian kertas yang berlubang dengan hati hati. Trik supaya teknik pengecatan dinding ini mendapatkan motif yang selaras, bikin motif bintang tersebut dengan jarak yang kurang lebih sama satu sama lainnya.


Mozaik warna ombre menggunakan selotip


Ragam cara mengecat dinding memang beragam. Diantaranya dengan memakai selotip. Pemakaian selotip dapat membantu sobat mendapatkan motif mozaik yang cantik di tembok. Untuk mengawali cara mengecat dinding ini, sediakan selotip dan macam macam cat tembok memiliki warna selaras. Lekatkan selotip menjadi pola mozaik yang kamu rancang. Lalu, aplikasikan bagian-bagian dinding yang sudah dipisahkan dengan selotip.
 Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream
Tunggu cat sampai kering. Setelah itu, lepas selotip perlahan. Tara..! Kawan pasti terkejut melihat tembok mozaik ombre karya sendiri. Sobat dapat berkreasi mengerjakan trik mengecat tembok ini dengan memilih warna atau mozaik lainnya. Hati hati Jangan sampai teman mengecat hingga keluar dari area tembok, ya.

Desain Rumah Sederhana Type 56

Trik mengecat dinding dua warna dalam 6 langkah mudah
Sobat akan membutuhkan:
Semua alat yang Anda butuhkan untuk mengecat dinding berbagai warna
• Cat untuk masing masing warna
• Rol cat busa
• Nampan cat
• Meteran
• Pensil
• Gulungan tali
• Kapur
• Pita penutup
• Kuas cat
• Gunting


Langkah 1: Mulai dengan pengukuran


Gunakan titik di mana Kamu pengin dinding dua warna Kawan bertemu
Awalnya, Kawan perlu menentukan di mana titik pertemuan yang Kamu maksud untuk dua warna yang Sobat tentukan di tembok Kamu. Dengan meteran dan pensil, tandai tingginya dengan jarak yang selaras di seluruh dinding.


Kedua: Dasari warna yang lebih muda


Gunakan warna yang lebih terang ke dinding terlebih dahulu. Pakailah rol cat Anda, cat warna yang lebih muda di setengah dinding yang Teman mau, dan cat sedikit lebih ke arah titik temu yang Kamu mau. Tunggu cat sampai kering.


Ketiga: Tandai menggunakan kapur


Tandai ulang garis pada dua warna Teman akan dibagi memakai kapur dan tali. Pakai kapur untuk menutupi semua sisi tali. Tarik tali sepanjang dinding, hubungkan titik-titik yang sudah Kawan tandai dengan pensil. Lekatkan dengan ujung tali menggunakan pita penutup. Cek apakah talinya telah  lurus, kemudian sentak talinya sehingga meninggalkan garis kapur di sepanjang tembok.


Keempat: Tutup memakai Selotip


Tempelkan pita penutup di sepanjang garis kapur saat cat sudah  kering. Tentukan cat dengan warna pertama telah  benar-benar kering. Kemudian tempelkan pita penutup sepanjang garis kapur.


Langkah 5: Gunakan warna yang lebih gelap


Pakai rol cat Anda, cat warna yang lebih gelap di setengah bagian dinding kedua. Gunakan kuas cat untuk memastikan Kamu pengecatan di bagian ujung-ujung pita penutup.


Langkah 6: Buka Selotip penutup


Lepaskan pita penutup untuk menampakkan hasil akhir dinding dua warna Sobat
Ketika cat masih basah, kelupas pita penutup untuk melihat hasil akhir desain tembok dua warna Kamu.

Nah itulah Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream. Semoga dapat menginspirasi kamu untuk pengecatan rumah teman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel