20 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri

20 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Perampokan selalu jadi momok yang menakutkan untuk pemilik rumah. Tetapi cara paling mudah seperti apa untuk membuat rumah sobat tetap terlindungi? Paling gampang kamu telah memasang alarm system (jika ngga, bergegaslah), dan mungkin kamu mempunyai anjing penjaga mempatroli rumah anda juga. Poling membuktikan bahwa banyak pencuri masuk rumah memakai pintu depan ataupun belakang. So mempunyai pintu itu harusnya terkunci dan aman. Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat digunakanApakah Anda Mempunyai Pintu yang Tepat?
 20 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri
Buatlah pintu yang tepat. Jika pintu depan dan belakang anda tidak aman, kamu kudu menggantinya kalau ditinggal libur panjang. Seperti apa Caranya kamu tahu kalau pintu kamu tidak kokoh? Cukup mengetuknya saja. Pintu tidak aman hanyalah lapisan kayu tipis dengan kardus di bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar memeng terlihat solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan asli
Bagian dalam kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: cek terlebih dahulu pintu besi didukung bagian as-nya, dan mempunyai suatu yang dikenal dengan lock block mudahnya (beton bata kokoh). Jika tak, pencuri dapat membelokkan dengan gampang kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Kalau mengganti pintu dan kerangka baru, tentukan untuk menggunakan pintu kaca berserat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk menyerap pukulan palu dari orang-orang yang masuk secara paksa.

Rombak semua pintu luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa kaca. Untuk tambahan keamanan maksimum, seluruh pintu kudu ngga berjendela, dan anda tak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi pencuri bisa merusak jendela dan membongkar pintu dari dalam.

Jika kamu memiliki pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, lapisi kacanya dengan besi pengaman pada bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang tak dapat dibongkar yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Sering ditemukan sebagian besar pencurian ketika liburan, pencuri memasuki rumah target melintasi pintu yang tidak dikunci dengan benar. Gembok yang paling keras di dunia pun akan menjadi tidak berguna kalau anda ngga menggunakannya. Kunci seluruh pintu bagian luar setiap waktu anda pergi berlibur – bahkan jika anda hanya pergi beberapa menit.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar wajib memiliki kunci deadbolt ditambah memakai kunci yang ada di gagang pintu. Kunci deadbolt perlu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh yang tidak memakai sekrup yang dapat dilihat dari luar), jangan lupa menggunakan kunci gerendel paling ngga memiliki panjang 2,5cm. Kuncinya wajib terpasang dengan kokoh. Kebanyakan rumah mempunyai kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu perlu diperkuat
 20 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri
Terapkan deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan memberikan keamanan tambahan saat kamu ada di rumah. Deadlock, seringnya dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ yaitu deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin bisa terlihat dengan terang pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini tak dapat didobrak tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tidak akan membantumu secara instan saat kamu tidak di rumah, kunci ini sangat mudah dilihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk mencoba membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah terbaik mengamankan pintu geser yaitu dengan menginstal kunci pintu yang mempunyai kunci di bagian atas dan bawahnya. Anda juga bisa membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya supaya ngga pindah posisi. Paling tidak, taruh sebuah tongkat (kayu untuk menahan, contohnya) di bagian bawah pintu agar ngga bisa terbuka. Langkah apapun yang anda pakai, cobalah untuk memperkuat kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan pada langkah di atas.

Memperketat Jalan Masuk Anda

Aplikasikan pengaman dari silinder pada samping kunci silinder (sisi dimana anda memasukkan kunci teman) Orang tidak bertanggungjawab terkadang dapat menghancurkan atau mempreteli kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dicongkel menggunakan linggis dsb. Lindungi kuncinya memakai besi pengaman kunci atau cincin pelindung pada kedua sisi pada pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup supaya ngga gampang dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan mencegah penggunaan pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci sudah menjadi aman dengan tips ini, namun kalau punya anda belum ada, anda dapat membelinya.
 20 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri

Ganti srike plate yang sudah renta. Strike plate merupakan batang besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar perlu mempunyai pengaman besi strike plate yang kuat yang terpasang dengan 4 baut yang memiliki panjang 7,6 cm. Sudah sering rumah didirikan dengan strike plate dengan mutu rendah atau palang besi yang dipasang memakai baut pendek.
 20 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri
Lindungi engsel yang ngga terlindungi. Engsel harus ada pada bagian dalam pintu. Kalau milik teman ngga di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tidak dapat dilepas. Kamu dapat mengerjakannya dengan langkah mencopot paling tak 2 baut di tengah engsel (di setiap sisi) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang ngga bisa dilepas (kamu dapat membelinya di toko bangunan) atau baut panjang yang mempunyai kepala dua. Engsel yang tidak terlihat juga wajib diperkuat di kusen pintu memakai batu 7 cm.
 20 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu anda kuat dan berkualitas tinggi, terpampang kunci yang keras, seorang pencuri masih dapat memasuki rumah dengan merusak atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang keras dapat dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya wajib mengenai dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat gampang untuk dimasuki, jadi perlakukan langkah yang sama pada pintu diantara garasi teman dan rumah kamu layaknya pintu depan kamu. Kunci juga pintu teman saat dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah di mobil anda atau di garasi kamu

Pintu dan furniture lainnya membutuhkan perawatan setiap waktu, dan pintu yang ngga dijaga dengan baik akan menciptakan kemungkinan lebih gampang memasuki rumah teman. Khususnya, cek bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi terawat dan pintunya tetap dalam jalur.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Selihai apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan bertemu kunci anda. Simpan kunci anda tersendiri. Kalau teman wajib meninggalkan kuncinya di luar, letakkan pada tempat kunci berkualitas yang dipasang dengan tepat dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah teman layaknya kerajaan. Pemadam kebakaran menggunakan alat manual untuk menolong masuk rumah saat ada panggilan darurat. Mereka memang ahli dalam bidang mereka, namun mereka harus mempunyai jalur lain layaknya jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak dapat diselamatkan karena rumah terlalu sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci kamu pada kerabat, atau minta tolong untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci terbaik akan menjadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya anda mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga kamu, dan harta benda anda, tetapi jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, anda masih bisa jadi korban pada suatu ketika, dan kamu mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan membuat anda ngga dapat menikmati hidup anda.

Membuka gembok itu gampang kalau kamu tahu cara melakukannya, bahkan pada deadbolt. Namun, setidaknya kamu sudah mencoba untuk mempersulit peluang untuk pencuri mengambil barang dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca 20 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri, semoga berfaedah. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel